Ulang Tahun Joshua ke (2×3)

Hari ini adalah ulang tahun Joshua yang ke-6. Sekarang ini Joshua sedang suka matematika, termasuk memfaktorkan bilangan, itu alasannya judul blognya seperti ini.

Walaupun memiliki banyak kosakata, Joshua sampai saat ini masih memiliki kesulitan dalam berkomunikasi untuk mengekspresikan dirinya. Tapi karena Joshua memiliki banyak kelebihan lain jadi kami tidak terlalu khawatir. Di posting ini, daripada bercerita mengenai detail kepribadiannya, saya ingin bercerita mengenai hal yang baru dia pelajari dan dia sukai saat ini.

Faktor bilangan dan sifat assosiatif perkalian

Jika Joshua tertarik sesuatu, dia akan mengulangi hal tersebut berkali-kali. Contohnya: dia menghapalkan perkalian 1×1 sampai 12×12 sejak beberapa tahun lalu. Dia juga memahami bahwa multiplication adalah penjumlahan berulang. Waktu dia menyadari ini, sering bikin saya bingung, misalnya lagi menikmati kopi, dia tiba-tiba datang dan menanyakan: papa, what is 6+6+6+6+6. Karena sedang santai, kadang tidak langsung menghitung berapa kali dia mengucapkan “six”. Jadi saya harus langsung konsentrasi (atau kadang harus nanya lagi: how many sixes?), terus dia akan bilang: “correct 5 x 6 equals 30”.

Baru-baru ini dia iseng lagi memakai Microsoft Math, dia suka memasukkan bilangan dan mendapatkan faktornya. Seperti ini contohnya:

Meski sudah bisa perkalian dari 1×1 sampai 12×12, dia masih selalu menolak kalau saya ajari algoritma “long multiplication” agar dapat mengalikan bilangan yang lebih besar. Tiap kali saya mulai menjelaskan, langsung dia hapus lagi papan tulisnya. Karena memang belum saatnya dia belajar itu, ya tidak saya paksa.

Tapi suatu hari dia tiba-tiba bilang bahwa: 14×3 = 42 dan 16×3 =48, ini tidak ada di tabel perkalian yang dia hapalkan. Terus dia mulai menyebutkan faktor dari 42 dan 48. Setelah saya amati, ternyata dia memfaktorkan bilangan, lalu menyusun ulang faktornya. Jadi untuk perkalian 16×3, dia memfaktorkan ke yang dia tahu: 8 x 2 x 3 = 8 x 6 = 48.

Ular Tangga

Beberapa hari ini Joshua tiba-tiba suka bermain ular tangga lagi. Walau sekarang dia sering curang, memilih angka dadu yang akan membuat dia menang. Karena punya ingatan yang nyaris fotografik, kadang dia minta main ular tangga imaginer di mobil (seperti blindfold chess). Misalnya saya bilang bahwa saya melempar dadu 4, dia akan ingat bahwa ada tangga ke kotak 14.

Minecraft SkyFactory 4, Portal, dan Baba Is You

Setelah mulai bosan dengan minecraft standard, Jonathan mencari tahu berbagai mod yang ada dan mencoba SkyFactory 4. Ternyata Joshua juga sangat suka ini. Salah satu fitur yang disukai adalah Portal gun. Ini meniru fitur portal gun pada seri game Portal.

Karena saya sudah punya game Portal/Portal 2 di Steam, saya perkenalkan game ini ke anak-anak. Game ini adalah puzzle, dan tidak ada sesuatu yang sangat kejam, jadi saya mencobakan saja ke anak-anak. Ternyata Joshua suka ini, terutama dia suka fitur di Portal 2 di mana dia bisa mendesain Test Chamber-nya sendiri.

Lucunya sekarang Joshua suka meniru gaya bicara GLaDOS dari game Portal dan menyalin juga sebagian kata-katanya. Misalnya: We will stop enhancing the truth in 3, 2, .., atau bilang: “Jonathan, I do not want you to take my food” dengan gaya bicara GlaDOS. Buat yang belum pernah tahu suara GLaDOS, bisa dilihat dari video ini.

Game lain yang saya perkenalkan adalah Baba Is You, sebuah game yang unik karena kita bisa mengubah rule gamenya dengan mengubah susunan kata-kata. Misalnya jika ada “Wall is Stop” dan kita geser kata stop-nya, maka kita bisa menembus dinding. Game ini sebenarnya sangat menarik dan Joshua sangat suka level-level awal, tapi sayangnya tingkat kesulitannya cukup tinggi setelah beberapa level pertama.

Gameplay Baba Is You. Sumber: Wikipedia

Hari Ini

Joshua sudah sangat menanti-nantikan ulang tahun kali ini. Tahun tahun lalu dia bahkan tidak mau meniup lilin di kue-nya sendiri. Sekarang dia sudah paham tanggal (tahu urutan nama hari, nama bulan), dan selama beberapa minggu terakhir ini saya ajari mengupdate kalender fisik. Jadi Joshua sudah lama menantikan hari ini.

Kalender fisik yang perlu diupdate manual tiap hari

Joshua masih suka membicarakan bahwa tahun lalu dia dapat kue di minecraft. Jadi seperti tahun lalu, saya dan Jonathan mempersiapkan juga kue ulang tahun di Minecraft.

Kue ulang tahun Joshua di Minecraft (dengan mod SkyFactory 4)

Kami makan siang di Nic’s

Di sini kami juga makan es krim.

Joshua tidak suka cherry, jadi disuapin ke papanya

Setelah itu Jonathan dan Joshua main-main di Nics. Tapi udara cukup panas, jadi cuma sebentar.

Lalu setelah tidur siang, kami memesan kue ulang tahun. Kue es krim seperti waktu ulang tahun papanya. Joshua kami bangunkan dan saatnya tiup lilin.

Nyanyi lagi happy birthday

Doa dan harapan kami adalah agar Joshua bertumbuh dengan baik, kemampuan komunikasinya meningkat dan bisa jadi anak yang baik.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.