Every Life Has a Story

cerita ulang tahun

Kemarin aku berulang tahun, umur udah banyak, tapi ya jiwa masih muda, tentunya lebih bijaksana juga sampai lansia nantinya (I wish).

Entah mulai dari mana dan entah siapa yang memulai, di salah satu WAG yg kuikuti jadi pada bercerita tentang kenangan melahirkan. 

Ada berbagai peristiwa melahirkan yang wow banget. Benar-benar setiap kehidupan ada ceritanya masing-masing. Dan setiap kehidupan mulai dari lahir sampai meninggal nantinya pasti akan membutuhkan orang lain.

Aku mau tuliskan di sini kisah-kisah yang kubaca kemarin tanpa menyebutkan nama-namanya, untuk menjaga privasi dari masing-masing (tapi aku tau, kalau kamu baca ini, bisa jadi salah satu cerita di sini akan mirip dengan ceritamu sendiri).

Cerita kehidupan itu unik

Memang ya cerita kehidupan selalu menarik. Setiap oramg punya cerita unik. Ada yang tidak ingin mengenang karena terlalu menyakitkan, ada yang sengaja menuliskannya untuk menjadi catatan kehidupan.

Lucunya atau mungkin secara tidak sengaja, salah satu topik obrolan ketika teleponan dengan mamaku itu tentang mamaku yg berusaha mengingat jam berapa dia melahirkanku.

Sebenarnya aku sudah pernah diceritakan, tapi ternyata aku pun lupa lagi. Mudah-mudahan kalau mamaku ingat dan menceritakan lagi, aku ingat menuliskannya.

Mamaku bisa mengingat kelahiran 2 kakakku dan adikku. Mungkin dia bahkan ingat makan apa sebelum proses melahirkan kami, tapi entah kenapa ga bisa ingat aku lahir jam berapa. Sebenarnya kalau dia menemukan surat lahirku, pasti dia bisa ingat kembali semua.

Cerita dimulai sejak kita lahir

Cerita proses melahirkan yang kualami sudah pernah kutuliskan. Sebenernya ceritaku nggak wow banget, tapi ya pasti nya buatku wow. Dari sekian banyak cerita teman-temanku yang kubaca kemarin, ada satu kesimpulan yang kuambil: Manusia bisa berencana, Tuhan menentukan.

Emergency Caesarian

Ada cerita seorang teman, yang ingin melahirkan normal, apa daya bayinya ga mau keluar juga, sampai akhirnya harus emergency caesarean (mirip dengan ceritaku sebenarnya).

Bedanya, setelah melahirkan kalau aku ditemani oleh suami dan mamaku sampai dengan sebulan. Temanku ini harus menerima suami ga bisa cuti lama sedangkan mamanya pun ga bisa datang bantu karena masih punya tanggung jawab lain yang tidak bisa ditinggal.

Tiba-tiba VBAC

Ada juga cerita yang sudah siap-siap mau caesarian, tapi si baby memaksa minta lahir vbac (vaginal birth after caesarian). Padahal jarak antara kelahiran tidak sampai 2 tahun, dan kalau secara ilmu kedokteran hal ini tidak disarankan.

Suster yang pegangin sampai ada yang kena korban tendangan karena si bayi ga mau ditahan menunggu jadwal operasi. Manusia berpikir vbac dan segala komplikasi nya, puji Tuhan walau pasca persalinan butuh 3 jam menjahitnya, ibu dan anak sehat sampai sekarang.

Gentle Birth

Ada lagi kisah yang lebih dahsyat. Lagi siap-siap mau berangkat ke rumah sakit, eh si bayi brojol sendiri dengan perlahan. Tentunya ini karena sang ibu sudah mempersiapkan diri bekal ilmu gentle birth.

Ceritanya, sebenarnya memang dari awal sudah ingin melahirkan di rumah saja, tapi tentu saja ada kekhawatiran dari keluarga, karena hal itu bukan hal yang umum dilakukan.

Tapi manusia bisa berencana, Tuhan menentukan kalau akhirnya sang bayi hadir di rumah tanpa intervensi medis. Si ibu yang walau sudah membekali diri, tetap saja merasa takjub dengan proses yang dialami sendiri.

Mendadak Caesarian

Ada lagi kisah yang merencanakan kelahiran normal, lalu mendadak disuruh caesarian karena ada pertimbangan untuk kesehatan si bayi. Sudah datang sejak pagi, eh ternyata masih harus nunggu antrian operasi bersama 7 ibu lainnya.

Ini tuh pasti nano-nano rasanya ya, apalagi karena sudah disuruh puasa sejak malam sebelumnya. Kalau kelamaan, bisa-bisa bayi lahir duluan dan ga jadi operasi (eh tapi. kalau gini malah bagus atau nggak bagus ya).

Kontraksi 72 jam

Ada juga kisah kontraksi yang berlangsung 72jam, dan bersyukur ketemu dokter yang mau sabar menunggu dan nggak memburu-buru operasi saja. Memang ya dokter tidak semua sama, ada yang tidak sabar ada yang super sabar.

Bersyukur teman saya ini melalui 72 jam dan akhirnya berhasil melahirkan normal, padahal ini katanya sudah anak ke-3 loh, setelah sebelumya anak ke-2 lahirnya golosor, alias pas datang ke rumah sakit sudah bukaan 9.

Ini memang tiap kelahiran unik, bahkan dari orang tua yang sama, dari ibu yang sama, proses kelahiran anak tidak ada yang sama.

Gagal ngepush akhirnya operasi

Kisah yang juga bikin merasa sakitnya tuh di sini (tunjuk dada) karena ternyata ada yg harus menjalani kontraksi sampe bukaan 10 dan berakhir di meja operasi karena kehabisan tenaga kesakitan ketika kontraksi, ada juga alasan masalah di panggul ibunya.

Caesarian 4 kali

Kisah yang melahirkan melaui operasi 4 kali juga ada loh ternyata! Padahal amannya melahirkan caesar itu maksimal 3 kali saja katanya. Tapi ya kalau ga berhasil vbac, mau tak mau pasti operasi lagi deh.

Melahirkan di bidan

Kisah yang melahirkan di bidan juga ada, sampai ada yang bilang suka hamil tapi ga suka pas proses lahiran, makanya katanya sekarang masih ragu mau nambah pasukan yang sudah ada 2.

Semua cerita istimewa

Semua kehidupan ada ceritanya masing-masing. Proses kehadiran kita ke dunia pun tak ada yang benar-benar sama. Pengalaman hidup apalagi, pastinya beda-beda.

Dari semua cerita istimewa tentang kelahiran, aku bersyukur dengan hari lahirku. Bersyukur dengan usia baru yang bisa kurayakan dengan keluarga kecilku. Bersyukur untuk doa dan ucapan selamat yang kuterima hari ini dari semuanya yang ingat dengan hari ulang tahunku.

Walaupun mamaku tidak ingat detail jam lahirku, aku mau bersyukur untuk semua yang sudah membantu proses kelahiran ku ke dunia, pastinya para tenaga kesehatan yang membantu mamaku, mulai sejak aku ada dalam kandungan sampai aku lahir ke dunia ini.

Terimakasih Tuhan untuk semua cerita kehidupan yang terjadi atas kami. Biarlah hidup kami bisa menjadi cerita tentang kasihMu melalui karya kami semasa hidup.

p.s. Terimakasih untuk teman-teman yang berbagi cerita kemarin tentang pengalaman melahirkannya, menambah perenungan buatku di hari lahirku.

Satu tanggapan pada “Every Life Has a Story”

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.