Loy Kratong dan Musim Dingin 2021 di Chiang Mai

foto dekorasi loy kratong chiang mai 2021

Tahun ini, perayaan Loy Kratong dirayakan di Thailand sejak hari Jumat, 19 November 2021 sampai dengan hari Sabtu 20 November 2021. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kami tidak ikut menghanyutkan kratong ke sungai Ping. Alasannya tentu saja karena masih tingginya kasus Covid di Thailand, khususnya Chiang Mai. Pinggiran sungai Ping di dekat rumah tidak dipersiapkan seperti biasanya, dan kami terlalu malas untuk pergi ke tempat lain.

Loy Kratong 2021 di Chiang Mai

Walaupun di dekat rumah tidak disediakan tempat menghanyutkan kratong, akan tetapi kemarin saya liat ada juga 2 meja yang berjualan kratong. Pastinya lebih sepi kalau dibandingkan Loy Kratong tahun- tahun sebelumnya.

Jualan kratong di sungai dekat rumah

Sebenarnya kalau mau usaha, di beberapa tempat di kota tua Chiang Mai, bisa terlihat hiasan menyambut Loy Kratong dan ada beberapa kratong besar yang akan dilayarkan di sekeliling kota tua.

Kemarin ketika perjalanan ke Zoo, saya sempat melihat beberapa kratong besar sudah disiapkan untuk dihanyutkan. Kalau kata anak-anak, kratongnya cukup besar untuk bisa dinaiki orang di dalamnya.

Kalau melihat berita sih, di daerah Thapae Gate, selain dihias dengan meriah, mereka juga mengadakan acara panggung hiburan. Semoga saja semua tetap dilaksanakan dengan prosedur kesehatan yang benar, karena kami tidak ke sana, saya hanya melihat foto dan beritanya saja.

Sejak hari Jumat malam, kami sudah mendengar suara petasan dan kembang api. Sepertinya tahun ini agak lebih meriah karena sudah dibukanya Chiang Mai dan Thailand untuk turis asing.

Sejak bulan November 2021, pemerintah Thailand memutuskan untuk membuka negaranya untuk menerima turis (tanpa karantina) dari sejumlah besar negara yang kasus Covid nya sudah terkendali, dengan catatan tentunya mereka harus test dulu sebelum terbang dan sudah divaksinasi. Mereka yang datang, bisa menjalani karantina dalam kota tertentu, sebelum bisa berjalan-jalan ke kota-kota lainnya di Thailand.

Walaupun sudah ada turis yang datang, pada umumnya belum terlalu meriah juga perayaannya. Sepertnya yang banyak berkumpul ya orang-orang yang selama ini tinggal di Chiang Mai dan sudah bosan di rumah saja.

Selain menghanyutkan karangan bunga di sungai, kegiatan tahun ini juga termasuk menerbangkan lentera (khomloi) ke langit dan di beberapa tempat tentu saja ada kembang api dan petasan. Semuanya seperti tahun-tahun sebelumnya, diatur hanya diperbolehkan di hari tertentu saja.

Musim Dingin 2021 di Chiang Mai

Biasanya, bulan November sudah terasa dingin di Chiang Mai. Saya ingat, waktu anak pertama lahir di awal November, udaranya sudah cukup dingin. Tapi tahun ini terasa agak berbeda. Memang beberapa tahun belakangan ini, musim dinginnya seperti bergeser-geser mulainya.

Suhu udara tadi pagi

Walaupun sejak tanggal 2 November 2021 Thailand dinyatakan sudah memasuki musim dingin, udara di Chiang Mai masih belum terasa dingin. Baru tadi pagi udaranya terasa cukup sejuk dibandingkan hari-hari sebelumnya. Tapi, ciri khas musim dingin di Chiang Mai sudah terasa sejak beberapa hari terakhir, mataharinya sangat menyengat dan udaranya kering. Kulit sudah mulai terasa kering dan butuh pelembab.

Semoga musim dingin ini udara tetap bersih

Biasanya, musim dingin juga identik dengan musim polusi di Chiang Mai. Tapi hari ini saya periksa kadar polusi udara, masih cukup bagus. Padahal tadi malam baru saja ada banyak yang menyalakan petasan dan kembang api, selain menghanyutkan kratong ke sungai. Harapannya sih udara akan tetap bersih selama mungkin.

Masih akan ada hujan

prakiraan cuaca chiang mai 10 hari ke depan

Kalau melihat dari prakiraan cuaca, bulan ini masih akan ada hujan, walaupun musim dingin di Thailand itu bukan tergantung dari hujan. Ada baiknya sih kalau masih ada hujan, artinya udara tidak akan cepat menjadi kering.

Biasanya, musim dingin yang tanpa hujan ini bisa bertahan cukup lama (beberapa bulan) tanpa hujan. Dan keadaan itu biasanya yang memperparah udara kering, kemungkinan kebakaran hutan, selain pembakaran yang dilakukan pihak yang tidak bertanggung jawab.

Beberapa berita yang saya baca, pernah juga nih musim dingin yang tanpa hujan, disambung dengan musim kemaran menyebabkan ancaman kekurangan air. Makanya saya berharap, sesekali di musim dingin ini ada tetap ada hujan. Harapannya kalau ada hujan, udara di Chiang Mai bisa tetap bersih.

Penutup

Biasanya musim dingin di Thailand itu identik juga dengan musim jalan-jalan. Mudah-mudahan saja pandemi bisa terkendali dan kami bisa jalan-jalan menikmati udara sejuk dan udara bersih selama musim dingin ini. Walaupun ada kemungkinan hari dingin bikin jadi malas bergerak dan pinginnya tarik selimut sepanjang hari.

Di kota kalian ada festival semacam Loy Kratong dan Yi Peng festival tidak sih di bulan November begini? Ceritakan yuk festial yang ada di kota kalian tinggal.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.