Blog Ini 18 Tahun, Ada Tulisan Apa Saja?

Wow, tak terasa ternyata blog ini sudah 18 tahun kami isi bersama. Walaupun sekarang saya agak jarang update blog ini karena mulai lebih sering ngupdate blog risna.info, tapi saya masih tetap akan menulis di sini kok.

Ritme ngeblog selama 18 tahun ini sebenarnya tidak konstan. Ada masa di mana sangat bersemangat untuk menulis sampai memiliki beberapa blog (dan sebagian akhirnya ditinggalkan), dan ada masa saya tidak menulis sama sekali. Tapi, karena pada dasarnya kami merasakan manfaat blog ini buat tempat catatan berbagai hal, maka kami akhirnya fokus kembali ngeblog di tempat ini saja.

Setelah saya bisa rutin mengisi blog ini lagi, akhirnya saya kembali meneruskan blog saya untuk tulisan terkait catatan belajar dan hobi di blog terpisah. Selain menulis di blog ini, dan blog Risna.info, saya juga rutin mengisi blog bersama teman-teman komunitas Drakor Class dan Mamah Gajah Ngeblog.

Tentang Penulis di Blog Ini

Banyak yang sampai ke blog ini tapi tidak menyadari kalau blog ini penulisnya ada 2 orang. Terkadang saya dipanggil pak, dan mungkin ada juga yang heran kenapa tulisan di blog ini gado-gado sekali.

Ya memang begitulah, kami berdua punya terlalu banyak hal yang ingin dituliskan, tapi tidak ingin mengelola terlalu banyak blog, jadi untuk gampangnya memang tulis saja semua di sini.

Di masa saya dan Joe malas menulis di blog masing-masing, kami akhirnya menulis di sini. Kami juga berusaha menuliskan seperti kilas balik di hari ulang tahun blog, ulang tahun kami, ulang tahun pernikahan, ulang tahun anak-anak, natal dan tahun baru, dan atau kalau mudik ataupun liburan untuk mengingat kembali apa sih yang telah dilalui di tahun-tahun sebelumnya.

Ulang tahun itu adalah waktunya untuk mengingat kembali, apa yang telah terjadi dalam masa setahun. Mengingat kembali masa setahun itu supaya lebih menyadari kalau masa setahun yang terasa cepat itu sebenarnya tidak secepat itu dan ada banyak hal yang terjadi.

Hal-hal yang bisa ditemui di blog ini

Kalau ada yang bertanya-tanya, selama 18 tahun ngeblog apa saja yang dituliskan di blog ini? Apa nggak kehabisan ide untuk menuliskannya? Memang ada banyak sekali yang sudah kami tuliskan. Ide menulis tidak akan habis selama kita hidup, karena bahkan menuliskan tentang cuaca hari ini pun bisa berguna. Seperti hal nya tulisan Joe ketika 17 tahun ngeblog bareng yang menceritakan kami ke Night Safari dan hari hujan di pagi harinya, dan ternyata kemarin di tanggal yang sama setahun kemudian cuacanya sama dan walau kemarin nggak memeriksa tanggalan, kami kebetulan pergi ke Night Safari lagi.

Tulisan-tulisan random akan mendominasi blog ini, tapi kami juga berusaha menuliskan apa yang berguna untuk orang lain yang mungkin tidak sengaja mampir ke blog ini karena membutuhkan informasi sesuatu.

Tentang Chiang Mai dan Thailand

Ketika kami tiba di Chiang Mai di tahun 2007, kami tidak menemukan banyak orang Indonesia di sini. Akan tetapi, tulisan-tulisan tentang Chiang Mai di blog ini telah mempertemukan kami dengan banyak orang Indonesia yang berencana tinggal atau bahkan mencari-cari komunitas orang Indonesia di Chiang mai.

Cerita tentang Chiang Mai dan Thailand juga sudah berguna untuk dibagikan ketika ada yang bertanya karena sedang mempertimbangkan tinggal di Chiang Mai atau sekedar ingin berkunjung ke Chiang Mai.

Saya ingat, salah satu teman Indonesia di Chiang Mai yang mengenal kami karena membaca tulisan di blog ini pernah mengingatkan saya untuk terus menulis tentang Chiang Mai (pada masa itu saya sedang agak jarang menulis). Dan setiap kali bertemu dengan orang yang merasakan manfaat dari tulisan tentang Chiang Mai dan Thailand, saya senang sekali karena mereka tidak merasakan seperti saya dulu yang tidak punya teman sebangsa setanah air di perantauan.

Tentang Belajar Bahasa Thai

Bertahun-tahun tinggal di Chiang Mai, Thailand, saya belum benar-benar bisa membaca bahasa Thai walaupun sudah bisa berkomunikasi sehari-hari. Saya banyak menuliskan tentang belajar bahasa Thai, bukan saja tentang pengenalan bahasa Thai tapi juga cerita pengalaman belajar bahasa Thai.

Saya menuliskan tentang bahasa Thai, karena dulu ketika kami datang ke sini (dan sampai sekarang) resource untuk belajar bahasa Thai dalam bahasa Indonesia sangat sedikit sekali.

Tulisan Review dan Tutorial

Di blog ini kami juga banyak menuliskan review. Bukan sekedar review drama atau film, tapi juga review buku, aplikasi, mainan anak-anak maupun review tempat.

Tulisan tutorial juga ada, apalagi ketika saya baru belajar Canva dan Kinemaster dan seputar WordPress. Kalau mau mencari tulisan review, langsung saja cari kategori review.

Kegiatan Anak-anak dan Homeschool

Ada masanya saya juga cukup rajin mengupdate cerita tentang kegiatan anak-anak terutama kegiatan homeschool nya. Belakangan ini memang kami agak jarang menuliskan cerita anak-anak. Awalnya sih karena sering ada kontroversi tentang jangan menuliskan detail tentang anak di tempat umum, tapi juga lebih seringnya karena terlalu banyak yang ingin dituliskan dan nggak mulai-mulai ditulis dan keburu malas deh.

Tulisan Kdrama dan Kokoriyaan

Sebelum saya bertemu dengan komunitas Drakor Class, saya juga ada menuliskan beberapa tulisan seputar drama Korea (selain menuliskan review film lainnya). Sekarang tulisan tentang Kokoriyaan biasanya ada di blog bersama komunitas atau di blog saya yang satu lagi.

Joe juga pernah loh nulis di Drakor Class. Joe nggak nonton drakor sebenarnya, tapi kebetulan topik drakornya tentang Machine Learning dan AI, jadi ya sekalian deh.

Eh baru ingat, ada drakor yang ditonton Joe, drakor Phantom/ Ghost. Tapi dia nonton karena banyak cerita teknis hackingnya juga. Nah tentang hacking di drama Phantom/Ghost ini ada banyak tuh tulisan Joe di blog ini.

Tulisan Teknis

Nah tulisan teknis ini bener-bener teknis dari oprekan Joe. Sebenarnya dia punya blog terpisah juga, tapi kadang-kadang dia suka menulis di sini juga. Kalau ada tulisan sangat teknis, bisa dipastikan itu bukan tulisan saya. Sebagian besar pengunjung blog ini sampai ke sini karena tulisan teknis Joe selain tulisan mencari tentang Chiang Mai/Thailand.

Tulisan teknisnya mulai dari seputar pemrograman, reverse engineering, security dan hacking, ngoprek hardware, sampai ngoprek mainan anak-anak. Segala yang teknis-teknis, sudah pasti tulisan Joe.

Masih akan ngeblog terus

Sebenarnya, ketika kami mulai ngeblog bareng, saya tidak pernah terpikir akan menulis di blog ini sekian lama. Apalagi waktu kami memulainya kami masih pacaran, hehehe.

Sekian lama blog ini ada, setelah berpindah hosting berkali-kali dan juga ganti template, judul blog ini tidak pernah berganti “Amazing Grace.” Karena memang, semua yang bisa kami alami di kehidupan ini, hanya karena Kasih Karunia dari Tuhan saja sehingga kami bisa menuliskan dan membagikan ke banyak orang.

Semoga kami bisa terus mengisi blog ini dengan tulisan-tulisan yang merekam berbagai hal yang terjadi dalam kehidupan kami, sambil berbagi hal-hal yang bisa berguna untuk pembaca blog ini.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.