Ulang Tahun Joshua ke-7

Hari ini Joshua berulang tahun ke-7. Mulai dari tahun lalu, Joshua sudah sangat mengerti tentang ulang tahun. Tapi, buat dia ulang tahun itu bukan berarti harus dirayakan mengundang teman, tapi cukup dengan tiup lilin dan ada kue ulang tahunnya (yang biasanya kue ulang tahun dari bahan es krim).

Oh ya, ada sedikit cerita lucu. Jadi tanggal 5 kemarin, ketika bangun tidur, Joshua langsung bilang: I am 7 now. Ternyata dia sudah tidak sabar, sampai salah tanggal. Tapi, ketika kami beritahu kalau masih ada 1 hari lagi, dia mengerti.

Balon dan Microbit

Saat bulan Mei lalu, ketika papanya ulang tahun, kami sedang di Bangkok, dan ada kejutan balon, sepotong kue coklat, dan ucapan selamat dari hotel tempat kami menginap. Padahal, sebelum kembali ke hotel, kami sudah makan es krim dulu sih. Joshua sudah mengerti kalau papanya tidak harus tiup lilin, tapi dengan ekstra kue dan balon, tentu saja rasanya jadi meriah.

balon warna warni biar meriah

Sebenarnya kami terpikir untuk merayakan ulang tahun Joshua dengan staycation di hotel di Chiang Mai. Tapi ketika ditanya, Joshua tidak terlalu antusias untuk menginap di hotel. Memang, sejak tiba dari Bangkok, setiap hari dia lebih suka mrogram, dan dia tahu kalau ke hotel dia ga bisa mrogram.

Selain mrogram Scratch, Joshua juga suka mrogram dengan Microsoft MakeCode yang mirip dengan Scratch. Nah, salah satu hal yang bisa diprogram dengan Microsoft MakeCode ini adalah Microbit. Joshua sudah mengerjakan banyak tutorial dan mulai penasaran bagaimana kalau ada 2 microbit dan dibikin berkomunikasi. Joe jadi terinspirasi menghadiahi Joshua 1 microbit lagi, supaya bisa mencoba mrogram komunikasi antara 2 microbit.

Langsung dicoba

Terinspirasi dari balon di hotel, kami menyiapkan sedikit balon untuk ulang tahun Joshua. Balonnya di letakkan untuk meramaikan kado. Kado Microbitnya tidak dibungkus kok, biar cepat bisa langsung dipakai mrogram.

Benar saja, walaupun dia suka dengan balon yang ada, dia lebih suka dengan Microbitnya dan langsung ke meja komputer untuk mrogram. Kalau sudah asik mrogram, kadang-kadang dia tidak mau mengerjakan pekerjaan homeschoolnya. Karena hari ini hari ulang tahunnya, dan toh dia belajar mrogram, saya membiarkan dia mrogram dan meliburkan pekerjaan homeschoolnya.

Tentu saja tetap ada kue dan lilin bonus mango stickyrice

Karena siang hari papa banyak pekerjaan, kami tidak bisa makan di luar dan memesan kue es krim dari swensens. Kali ini, sengaja pilih kue yang lebih kecil dari tahun sebelumnya, biar nggak berlebihan makan es krim berhari-hari. Ukuran kecil ini pas banget untuk sekali makan ber-4. Masih agak kekenyangan malah, tapi setidaknya ngak perlu mikirin besok masih harus makan es krim yang sama.

Bonus mango sticky rice

Eh ternyata, beberapa jam kemudian, ada office manager datang membawa Mango Sticky Rice buat Joshua. Office manager sebenarnya tidak tahu kalau Joshua ulang tahun hari ini, tapi dia selalu ingat kalau Joshua suka makan mango sticky rice. Jadilah Joshua dapat bonus makan mango sticky rice yang paling enak di pasar nonghoi.

Sore harinya, karena Joe harus ke dokter gigi, kami sekalian mengantar Joe ke dokter gigi dan makan di depan klinik gigi. Kami tidak ke Night Safari, karena hari Minggu kami sudah ke Night Safari.

Perkembangan Joshua

Setahun terakhir ini, Joshua cukup banyak menambah perbendaharaan kata-katanya (walaupun hanya dalam bahasa Inggris). Dia juga sudah lebih fleksible emosinya kalau ada perubahan jadwal dan rutin. Ingatannya juga sudah mulai bertahan lebih lama dan juga dia suka menceritakan kembali banyak hal (bukan cuma satu hal saja). Dia sudah mulai lebih banyak mengekspresikan diri dengan kata-kata.

Misalnya saja, kalau dia melihat foto-foto ketika liburan di Pattaya dan Bangkok kemarin, dia bisa menceritakan itu ada di kota mana, menginap di hotel apa, di lantai berapa dan hal-hal apa yang kami lakukan di Pattaya dan Bangkok.

Hari ini juga, ketika sebelum tidur saya tanyakan apakah dia gembira di hari ulang tahunnya. Dia bilang ya dia gembira. Saya tanya apa hal yang membuat dia gembira? Dia menyebutkan semuanya mulai dari balon, Microbit, kue es krim, tiup lilin, dan pergi makan di luar di sore hari.

Untuk pelajaran homeschool nya, Joshua sudah menyelesaikan semua pelajaran matematikanya, tapi masih belum selesai untuk 2 pelajaran lainnya. Tapi, karena pada dasarnya dia tipe yang suka mencari tahu bagaimana cara sesuatu bekerja, kami tidak merasa khawatir untuk tetap menghomeschoolnya. Selain matematika, Joshua suka mengedit image dan juga masih suka semua game yang dia mainkan ketika dia umur 6 tahun.

Dalam hal komunikasi, Joshua sudah semakin banyak berkomunikasi. Setiap kali bertemu dengan orang saat jalan pagi, dia akan menirukan kalau saya mengucapkan salam. Dia juga sudah bisa mengekspesikan kalau dia mau atau tidak mau sesuatu. Jadi lebih mudah ditanya seleranya apa.

Oh ya, saat ini tinggi badan Joshua sudah hampir menyamai Jonathaan. Sepertinya salah satu faktornya sih Jonathan memang belum bertambah tinggi lagi, sedangkan Joshua terus bertambah tinggi. Ukuran baju Jonathan dan Joshua sudah sama, mungkin sebentar lagi saya harus membeli yang lebih besar untuk Joshua, hehehe.

Harapannya sih, Joshua tetap akur dengan Jonathan, juga semakin lancar berkomunikasi walaupun hanya berbahasa Inggris. Dan juga dalam hal belajar, mau diajari dan bukan hanya menonton tutorial sendiri saja. Oh ya, satu harapan lagi, semoga di umur 7 tahun ini, Joshua mau mulai mencoba untuk makan berbagai variasi jenis makanan dan bukan hanya makanan tertentu saja.

Selamat 7 tahun Joshua, tetaplah rajin belajar dan takut akan Tuhan. Semoga juga jadi anak yang mau patuh pada orangtua dan selalu sayang dengan papa mama dan Jona.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.