Saturday Night Market Chiang Mai Pasca Pandemi

Setelah sekian lama, hari ini saya berkesempatan melihat Saturday Night Market yang memenuhi jalan Wualai di Chiang Mai. Kalau melihat banyaknya orang yang mulai memenuhi jalan hari ini, sepertinya Chiang Mai mulai benar-benar memasuki masa the real new normal.

Turis mulai berdatangan

Sejak awal Juni 2022, pemerintah Thailand meniadakan karantina untuk turis yang sudah mendapatkan vaksin Covid. Walau di bulan Juni masih ada syarat Thailand Pass dan asuransi, dengan ditiadakannya karantina, tentu saja semakin mempermudah pendatang asing masuk ke negeri ini.

Kemarin, ada pengumuman terbaru kalau mulai 1 Juli 2022 mendatang, Thailand Pass dan asuransi sudah tidak dibutuhkan lagi. Masuk ke Thailand hanya butuh bukti sudah divaksin saja. Untuk yang belum divaksin, tentunya masih dibutuhkan menunjukkan bukti test Covid. Dengan semakin mudahnya syarat masuk ke Thailand, harapannya tentu saja perekonomian semakin membaik.

Saturday Night Market

Ada apa saja di Saturday Night Market, Chiang Mai? Seperti pasar malam di masa sebelum pandemi, di pasar sepanjang jalan Wualai Chiang Mai ini ada banyak orang. Selain orang yang berjualan, ada banyak pembeli juga. Saya juga melihat ada banyak turis asing.

Barang yang dijual tentu saja berupa oleh-oleh khas Thailand, selain berbagai makanan. Yang menarik adalah saya melihat ada lebih dari 3 tempat pijat dan semuanya penuh. Saya senang melihat tempat seperti itu penuh, artinya mereka kembali mendapat penghasilan.

Harga jasa pijat saya perhatikan tidak berbeda dengan sebelum pandemi. Padahal bisa saja mereka menaikkan harganya. Tapi ini salah satu hal yang menarik dari Thailand, walaupun harga bahan bakar atau minyak goreng ikut naik seperti yang terjadi di berbagai tempat di dunia, untuk jasa seperti pijat, mereka tidak serta merta menaikkan harga.

Harga baju oleh-oleh maupun harga makanan yang dijual juga tidak mengalami perubahan yang berarti. Setidaknya saya perhatikan masih sama saja dengan harga sebelum pandemi. Saya berharap dengan semakin banyak turis asing datang ke Thailand, mereka tetap bisa mempertahankan harga tidak naik.

Masker tidak wajib, tapi disarankan

Pandemi belum berlalu 100 persen. Thailand sudah tidak mewajibkan lagi penggunaan masker di luar ruangan, akan tetapi untuk tempat yang ramai dan tidak bisa jaga jarak aman, pemakaian masker masih disarankan. Saya lihat, di pasar malam tadi masih cukup banyak yang tetap menggunakan masker. Ada juga sih beberapa turis yang tidak menggunakan masker, tapi lebih banyak yang menggunakan masker daripada yang tidak.

Saya sendiri masih menggunakan masker, alasannya ya selain karena sudah terbiasa menggunakan masker, tempat seperti pasar malam itu tergolong ramai dan tidak terlalu bisa menjaga jarak. Dengan menggunakan masker, malahan saya merasa lebih terlindungi dari berbagai aroma makanan yang menggoda, hehehe.

Akankah Chiang Mai ramai seperti dahulu? Bisa jadi. Efek pandemi sudah mengakibatkan 2 mall di Chiang Mai tutup, pasar Night Bazaar di awal tahun ini juga tidak terlihat ada yang berjualan. Sepertinya saya perlu mengunjungi beberapa pasar malam lainnya di Chiang Mai untuk melihat apakah pasar malam lainnya juga ramai seperti di Saturday Night market ini.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.