Nongnooch Tropical Garden Pattaya

nongnooch pattaya

Salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi di Pattaya adalah sebuah taman yang luas sekali. Awalnya di tahun 1954 taman ini luasnya hanya 1500 rai (2.4 km persegi), seiring dengan berjalan waktu dan dibuka untuk umum di tahun 1980, taman ini bertambah luas menjadi 1700 rai km persegi (2.73 km persegi). Informasi lengkap mulai dari sejarah sampai lokasi tempat ini tentunya bisa diakses dari situs Nongnooch Tropical Garden Pattaya.

Tanggal 15 Mei 2022 yang lalu, kami berkesempatan mengunjungi tempat ini. Awalnya ketika melihat di website, agak ragu-ragu karena berpikir jauh-jauh ke Pattaya, kok ngeliatnya taman bunga dan patung dinosaurus lagi. Toh di Chiang Mai juga ada Hidden Vilage yang dinosaurusnya malahan bisa bergerak-gerak. Kalau mau melihat bunga, di Chiang Mai juga bisa ke Royal Flora Rajapreuk atau ke Queen Sirikit Botanical Garden. Tapi untung saja kami memutuskan untuk tetap mengunjungi Nongnooch Tropical Garden ini, karena tentu saja tempat ini berbeda dengan semua tempat yang sudah pernah dikunjungi sebelumnya.

Harga Tiket Masuk

Lagi ada promosi beli 1 gratis 1

Dari papan yang tertera, terlihat harga berbeda untuk turis asing dan lokal. Harga turis asing itu dewasa 800 baht, anak-anak 650 baht sedangkan harga lokal dewasa 300 baht dan 150 baht untuk anak-anak. Ketika kami berkunjung, masa itu adalah masa liburan sekolah. Kami beruntung karena ada promosi beli 1 gratis 1 untuk dewasa, dan gratis untuk anak-anak. Dengan bermodalkan bahasa Thailand, saya bisa mendapatkan harga lokal. Kami membayar 300 baht untuk 4 orang dengan promosi beli 1 gratis 1 dan gratis untuk anak usia sekolah.

Setelah membeli tiket, kami bisa langsung masuk. Kami datang sekitar jam 2 siang. Taman ini dibuka dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore setiap harinya. Di dalam ada beberapa pertunjukan, baik itu tarian daerah dan pertunjukkan gajah. Kami pikir, tempatnya bisa dikunjungi dalam waktu sejam selesai, ternyata kami salah karena ada begitu banyak yang bisa dilihat, dan bisa banyak berjalan ataupun naik shuttle.

Ada apa saja di Nongnooch

Salah satu yang membuat tempat ini istimewa adalah karena ada banyak sekali patung dinosaurus yang sepertinya diskalakan sesuai dengan ukuran aslinya. Saya yang tidak mengerti nama-nama dinosaurus jadi bisa belajar deh berbagai jenis dinosaurus. Kebayang kalau punya anak yang sangat suka dinosaurus, pastilah akan bahagia sekali melihat tempat ini.

Pertunjukan tari tradisional
Patung Dinosaurus

Tapi selain patung dinosaurus, di tempat ini juga ada banyak patung-patung binatang lain yang biasanya kita bisa temui di kebun binatang. Katakanlah tempat ini jadi berusaha memperkenalkan berbagai jenis hewan, tanpa benar-benar mempertunjukkan hewan yang dimaksud.

Eh ada sih hewan yang dipertunjukkan di sana: Elephant alias gajah. Pengunjung diberi kesempatan untuk yang ingin memberi makan pisang ke gajah dengan membeli pisang yang disediakan.

Elephant feeding

Selain berbagai patung dan hiasan, pastinya ada berbagai jenis tanaman dan pohon besar dan kecil. Konon menurut yang diceritakan ketika kami naik shuttle, tempat ini dirawat oleh lebih dari 3000 orang yang tinggalnya di sekitar taman ini, dan mereka mulai bekerja jam 5 subuh untuk menyiram semua tanamannya. Kalau pengunjung sudah datang, mereka tentu tidak bisa mengurus tanaman dengan lebih leluasa, maka mereka harus bersiap awal supaya tempat tersebut bisa dibuka jam 9 pagi.

Saking besarnya tempat tersebut, di dalamnya sampai ada minimarket juga loh untuk para pegawai yang tingga di sana. Di dalam ada beberapa lokasi restoran yang bentuknya foodcourt, jadi kita bisa memilih mau makan apa dan harganya juga tidak mahal.

Kami juga melihat ada yang menjual minuman cannabis yang baru saja dilegalkan di Thailand. Kami iseng mencoba, kalau disuruh menggambarkan rasanya, saya nggak bisa karena rasanya seperti teh biasa saja tapi memang ada rasa khas nya.

Peta tempat-tempat yang bisa dikunjungi di Nongnooch

Di lokasi yang sama, selain taman untuk dikunjungi, ada gedung serba guna yang juga biasa dipakai untuk acara pesta. Selain itu ada resortnya juga kalau ada yang ingin sekaligus berlibur di sana menginapnya. Mungkin kapan-kapan kalau ke Pattaya dan ingin mengunjungi tempat ini, bisa nih direncanakan menginap di resortnya juga.

Wajib dikunjungi bersama keluarga kalau ke Pattaya

Setelah melihat berbagai hal yang ada di Nongnooch Tropical Garden, ada sedikit perasaan menyesal kenapa nggak dari dulu mengetahui tempat ini. Kenapa waktu emak mertua masih hidup dan kami ajak ke Pattaya, nggak ada yang memberi tahu tempat ini. Walaupun tempat ini banyak patung-patung hewan dan dinosaurus, tempat ini ditujukan untuk segala usia. Semua orang pasti bisa menikmati keindahan kebun yang disusun dengan indah dan dirawat dengan baik ini.

Sebenarnya ada banyak sekali foto yang kami ambil ketika kami ke sana, dan foto yang ada di posting ini hanya sebagian dari yang ada. Pastinya semua lebih indah kalau dilihat langsung ke sana. Kalau berkunjung ke Pattaya, jangan lupa berkunjung ke tempat ini ya!

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.