Cerita Mudik Minggu ke-4: Ultah kakak, IOI dan Bertemu Oma Inge

Minggu ke-4 mudik, kami masih di Yogyakarta. Minggu ini merupakan minggu penyelenggaraan IOI. Minggu ini juga 2 kakak saya dan anak sulungnya masih berada di Yogya. Ada beberapa hal yang terjadi di minggu ini. Berikut ini hal-hal yang ingin saya ingat yang terjadi di minggu ke-4 kami mudik.

Ulang tahun kakak saya

Tanggal 7 Agustus 2022, kebetulan merupakan hari ulang tahun kakak saya yang ke-50. Sebenarnya ini tidak direncanakan sebelumnya, kebetulan cutinya memang baru dapat sejak tanggal 5 Agustus dan ya dia masih bisa berada di Yogya untuk berulang tahun. Jadilah kami merayakan ulang tahun dadakan di pagi hari. Joshua yang tadinya belum terlalu dekat dengan kakak saya dan sepupunya yang sudah besar, setelah menyanyikan lagu ulang tahun dan makan kue jadi lebih dekat dengan mereka.

Setelah acara ulang tahun, Joe pergi untuk persiapan terakhir IOI. Jonathan ikut pergi dengan Oppung dan keluarga saya yang lain jalan-jalan ke beberapa tempat wisata di Yogya. Saya yang masih batuk tinggal di rumah bareng Joshua, karena Joshua tidak mau diajak pergi.

Jonathan sepertinya menikmati pergi tanpa mama papa dan Joshua, karena dia mendapatkan semua perhatian penuh dari seluruh anggota keluarga lainnya. Saya sengaja membiarkan Jonathan pergi bareng yang lain, supaya dia latihan bahasa Indonesia juga. Siapa tahu beberapa tahun lagi bisa dikirim sendiri ke Indonesia kan, hehehe.

Bertemu Oma Inge

Bu Inge merupakan dosen kami dulu waktu kuliah di Informatika ITB. Biasanya kalau mudik kami selalu mengusahakan untuk bertemu dengan Bu Inge. Kami pernah ketemu di kampus atau di mana saja di Bandung. Pernah juga Bu Inge yang datang ke Depok waktu jadwalnya juga lagi ada di Jakarta. Kami pernah juga bertemu di Chiang Mai waktu Bu Inge ada kegiatan seminar di kota Chiang Mai. Jonathan dan Joshua sudah dianggap seperti cucu oleh Bu Inge, mereka memanggil Oma ke Bu Inge.

Terakhir kali bertemu itu ya ketika kami pulang Desember 2018, kebetulan Bu Inge lagi ada acara di Perpusnas Jakarta. Pertemuan dengan Bu Inge di tahun 2018 itulah yang menginspirasi Joe mengajak teman-temannya ketemu di Perpusnas Jakarta.

Bu Inge yang juga dulu aktif mengurus TOKI dan masih aktif mengurus Bebras juga datang ke Yogya untuk menghadiri acara IOI di tahun 2022 ini. Kami beruntung karena di tengah-tengah padatnya jadwal Oma Inge, kami masih bisa bertemu untuk ngobrol dan bahkan ditraktir makan di Angkringan Hotel Hyatt Yogyakarta. Beberapa alumni IF-98 yang juga berada di Yogyakarta ikut bergabung ngobrol dan makan bersama. Makasih Oma untuk traktirannya.

IOI 2022

Karena Joe sudah duluan sibuk di hari-hari sebelumnya, di minggu ini dia justru bisa agak santai dan hanya perlu hadir di acara pembukaan dan sekedar menunggu kalau ada permasalahan. Setelah peserta mengadakan ujicoba komputer, tidak ada masalah berarti yang menyebabkan mereka harus berlama-lama menunggu. Mereka malah sempat nonton tuh di mall yang letaknya bersebelahan dengan Hotel Sahid Rich, tempat kegiatan IOI berlangsung.

Ada foto Jonathan dan Bu Inge dari pertemuan di Perpusnas tahun 2018 (sumber: detik)

Acara paling berkesan dari IOI 2022 tentunya pembukaannya, karena di acara tersebut Oma Inge mendapat penghargaan dari mas menteri Nadiem. Bu Inge mendapat Lifetime Achiement Award 2022 untuk dedikasinya pada dunia Informatika.

Bertemu teman dan saudara

Di Yogya, Joe menyempatkan diri bertemu dengan beberapa teman seangkatannya waktu kuliah dulu. Joshua dan saya juga sebenarnya ikutan juga ke Jogja National Museum. Saat itu sedang ada pameran seni ArtJog, tadinya sih maksud hati ingin melihat karya seni yang ada, tapi karena Joshua tertidur di mobil dan susah dibangunkan, saya jadinya duduk cukup lama di mobil menungu Joshua bangun. Setelah Joshua bangun, rasanya malah sudah lapar, jadilah memutuskan untuk makan saja deh.

Selain bertemu dengan teman-teman kuliah, Joe juga sempat bertemu dengan komunitas Digital Forensik yang ada di Yogya. Tapi untuk kegiatan ini karena mereka juga sambil diskusi teknis, saya sengaja membiarkan Joe pergi sendiri.

Oh ya, selain bertemu teman-teman, kami juga sempat bertemu dengan salah satu kakak sepupu Joe yang memang tinggal di Yogya. Saya lupa nama tempat ketemunya, tapi nanti kalau ingat tulisannya saya update lagi.

Berangkat ke Bandung

Karena Joe dan adiknya tidak dibutuhkan lagi di Yogya dan acara lomba sudah selesai di hari Kamis tanggal 11 Agustus, kami berangkat ke Bandung di tanggal 13 Agustus. Oh ya, kakak saya sudah duluan pulang ke Jakarta dan Medan. Jadi hanya Oppung yang ikut ke Bandung.

Cerita Bandungnya dan foto-foto lengkapnya menyusul diupload.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.