Ikutan Bebras Challenge 2022, Yuk!

bebras challenge 2022

Sejak beberapa tahun terakhir, setiap bulan November, Jonathan mengikuti kegiatan Tantangan Bebras. Tahun ini, Tantangan Bebras sudah dibuka pendaftarannya, dan pelaksanaannya serentak di tanggal 7 – 11 November 2022. Kegiatan tantangan ini dilakukan secara daring dan luring. Soal tantangannya juga ada pilihan bahasa Inggris atau Indonesia.

Pendaftaran untuk mengikuti lomba ini tidak bisa dilakukan secara perorangan. Jika tertarik mengikutinya, bisa mendaftarkan melalui Bebras Biro di kota masing-masing. Untuk orangtua yang sekolah anaknya tidak mengikuti kegiatan ini, bisa juga mendaftar melalui PKBM. Untuk anak homeschool juga bisa mendaftarkan diri melalui PKBM yang diikuti dan diatur bersama untuk mendaftar ke Biro Bebras terdekat.

Kalau misalnya ada yang ingin ikutan dan tidak tahu mau mendaftar ke mana, bisa juga kirimkan pesan ke FB kami, nanti bisa ikutan PKBM tempat kami mendaftarkan anak-anak.

Apa itu Tantangan Bebras

Singkatnya sih lomba untuk anak SD, SMP dan SMA untuk menyelesaikan persoalan yang sifatnya problem solving dan terkandung konsep berpikir komputasi (informatika). Akan tetapi, berpikir komputasi di sini bukan berarti lomba coding atau bahasa pemrograman. Akan tetapi lomba untuk menyelesaikan sejumlah Bebras Task yang diberikan dalam waktu yang ditentukan.

Untuk bisa menjawab Bebras Task, anak perlu membaca persoalan dengan baik dan memikirkan penyelesaiaan dengan berpikir komputasi. Berpikir komputasi itu sendiri tidak rumit, intinya berpikir dengan menerapkan konsep komputasional.

Supaya lebih jelas, bisa dilihat contoh soal latihan yang disebut dengan Bebras Task berikut ini:

Bebras Task si Kecil (Kelas 1 – 3 SD)

Contoh soal latihan Bebras untuk kategori si kecil (kelas 1 – 3 SD) dalam bahasa Inggris (dari situs latihanbebras.ipb.ac.id)

Kalau dilihat persoalan diatas, inti dari penyelesaiannya adalah membaca soal dengan teliti, menggunakan logika, dan menyelesaikannya dengan memenuhi apa yang disebutkan di dalam soal. Mudah banget kan!

Bebras Task SD (Kelas 1 -6)

Tapi, terkadang ada juga bentuk persoalannya yang butuh berpikir lebih seksama.

Contoh soal latihan bebras untuk kategori SD berbahasa Inggris (dari situs latihanbebras.ipb.ac.id)

Untuk menyelesaikan persoalan diatas, perlu dibaca baik-baik bagaimana yang disebut sel yang bertetangga. Setelah mengerti kenapa setiap sel akan memiliki sampai dengan 8 sel, berikutnya pasti bisa melihat dengan cepat, sel huruf mana yang memiliki tetangga ladybug paling banyak dan berapa jumlah ladybug yang menjadi tetangganya.

Bebras Task SMP (Kelas 1 – 3)

contoh latihan soal untuk tingkat SMP berbahasa Inggris (dari situs latihanbebras.ipb.ac.id)

Untuk persoalan SMP, bisa dilihat tugasnya menjadi terlihat lebih rumit. Akan tetapi, untuk menyelesaikan persoalan ini, yang dibutuhkan tetap sama: ketelitian membaca penjelasan soal dan logika berpikir.

Untuk persoalan ini jawabannya 5, ada yang bisa menjelaskan kenapa demikian?

Latihan dan Contoh Soal Bebras Task

Mungkin ada yang mulai penasaran dan ingin melihat lebih banyak lagi contoh latihan soal. Ada banyak sekali yang bisa diakses di situs Bebras Indonesia. Ada pembahasan lengkapnya segala.

Kalau ingin latihan soal secara online, bisa juga langsung akses situs Latihan Bebras IPB atau melalui situs Olympia.id.

Mari Melatih Anak Berpikir Komputasi

Saya sudah pernah menuliskan sebelumnya tentang Merdeka dan PANDAI dengan Computational Thinking, Joe juga sudah pernah menuliskan kalau mengajarkan anak berpikir komputasi itu tidak terlalu sulit dan bisa dilakukan sambil bermain.

Jelas sekali kalau anak-anak kita ke depannya butuh untuk mampu berpikir komputasi dan memiliki pola pikir sistematis. Dengan kemampuan berpikir komputasi kita terbiasa untuk berpikir dan bertanya bagaimana strategi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah persoalan dan langkah yang perlu dilakukan sambil tetap memperhatikan batasan yang diberikan oleh persoalan tersebut.

Langsung Daftar Sebelum Terlambat

Saya sengaja tidak menuliskan semua informasinya di sini, karena salah satu kemampuan yang perlu kita punya adalah membaca informasi dengan baik sampai habis, sebelum bertanya. Demikian juga dengan anak-anak yang mengerjakan Bebras Task, mereka perlu membaca persoalan dengan baik, sebelum bisa menyelesaikan persoalannya.

Untuk informasi lebih lengkapnya tentang pelaksanaan Bebras Challenge ini, langsung saja kunjungi halaman situs Bebras Indonesia yang menjelaskan Pedoman Tantangan Bebras Indonesia 2022.

Penulis: Risna

https://googleaja.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.