Happy Songkran 2023

songkran 2023

Akhirnya Songkran tahun 2023 (atau tahun baru Thai 2566) ini kembali meriah dengan siram-siraman air. Bukan hanya 3 hari seperti biasa, tetapi 4 hari! Sejak hari Rabu tanggal 12 April 2023, di berbagai sudut kota sudah di mulai kemeriahan Songkran. Berbagai toko, tempat kegiatan anak-anak, perkantoran semua diliburkan. Kalau sekolah Thai memang sudah libur sejak awal bulan.

Tahun 2023 ini merupakan perayaan Songkran pertama pasca pandemi Covid-19. Saya masih ingat bagaimana di tahun 2020, liburan dan perayaan Songkran dibatalkan. Kalau dulu dibilang Songkran berikutnya harus menunggu 3 tahun, kemungkinan banyak yang tidak akan terima. Tetapi akhirnya, kita sampai juga ke Songkran tahun 2023.

Kalau dulu, kami sering bersengaja mudik di bulan April ke Indonesia. Alasannya tentu saja selain karena polusi, musim panas dan juga liburnya lumayan panjang. Tetapi karena di Indonesia tahun ini juga sedang puasa dan menjelang lebaran, rasanya pulang di bulan April tiketnya akan mahal, bersaing dengan yang ingin mudik lebaran.

Ketemu anak lain di ember terus saling menyiram juga

Sebelum pandemi, terakhir kami ikut keramaian Songkran 2018. Pastinya waktu itu Joshua belum ikutan main air, tetapi Jonathan sudah merasakan serunya main air. Jadi tahun ini merupakan kali pertama Joshua ikut siram-siraman air untuk merasakan kemeriahan Songkran. Songkran tahun 2019 polusi udara lumayan tinggi dan membuat kami memutuskan tidak bermain air. Kami pikir toh setiap tahun ada kemeriahan ini. Ternyata kami salah!

Songkran tahun ini sebenarnya polusinya masih lumayan juga, suhu udara juga lumayan 40 derajat celcius, tetapi siapa yang tahu apakah tahun depan kami masih bisa ikutan Songkran, jadi kami memutuskan untuk pergi beberapa jam bermacet-macetan dan main air. Tujuannya sih supaya Joshua merasakan pengalaman baru bermain air, dan benar saja dia sangat senang ketika disiram air dan menyiram orang dengan pistol airnya.

Walaupun kami mengambil rute terpendek untuk bermacet-macetan sambil main air, tetapi butuh waktu lebih dari cukup buat anak-anak main air sampai basah kuyup dan mengingat kemeriahan Songkran. Sisanya sih bermacet-macetan sampai ke rumah lagi sambil melihat orang-orang yang saling siram di jalanan. Butuh waktu sekitar 2 jam mulai dari berangkat sampai kembali ke rumah, lumayan pegel nginjek rem selama hampir 2 jam.

Semoga tahun-tahun berikutnya perayaan Songkran tetap bisa berjalan dengan baik.

Happy Songkran 2566!

Penulis: Risna

https://googleaja.com

Satu tanggapan pada “Happy Songkran 2023”

  1. Rasanya aku pernah lihat perayaannya sekilas di film Bangkok traffic love story. Sayang ya pas dengan libur lebaran periodenya. Lumayan banget teh 40 derajat Celcius. Panas sekali

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.