Prosedur CS XL

Manusia menciptakan prosedur untuk mempermudah suatu kejadian yang mungkin dilakukan lebih dari sekali. Ada beberapa prosedur, prosedur yang benar-benar sama, atau prosedur yang memiliki sedikit perbedaan. Jika memungkinkan perbedaan itu di jadikan parameter. Yang jelas prosedur itu seharusnya diciptakan bukan untuk mempersulit kerjaan deh. Oke enough about that stuff.

Hal yang ingin gue sampaikan adalah kejadian dengan XL Centre 818 yang biasanya jadi bener setelah gue marah-marahin via telp. Tanggal 27 November kemarin mereka melaunch Paket Data Xplor 3G dengan paket pilihan berlangganan bagi pelanggan yaitu Paket MEGA Data Rp 99.000/bulan dengan gratis 250MB dan paket GIGA Data Rp 499.000/bulan gratis 3GB. Dibandingkan dengan paket xplor data power sebelumnya yang dimiliki XL untuk pemakaian data. Progam baru ini lebih menarik, terutama paket MEGA Data, penawaran harganya dapat dijangkau kantong, datanya dapat banyak lagi. Jadi setelah tau berita itu, maka gue langsung buru-buru daftar ke XL Centre di Jl. Martadinata Bandung. Lanjutkan membaca “Prosedur CS XL”

Desember…

Udah awal bulan Desember (biasanya ada lagunya Desember kelabu). Tapi aku tak berharap Desember ini menjadi kelabu. Aku berharap Desember ini menjadi berbeda dengan Desember lainnya. Sebentar lagi perayaan Natal akan di mulai di mana-mana. Kenapa ya…perasaan kalau bulan Desember ada sedikit rasa sentimentil hadir di dalam hati…mungkinkah karena ini sudah dekat pergantian Tahun, yang artinya sudah harus evaluasi diri lagi dengan segala resolusi yang di set awal tahun lalu? lalu merasa gagal karena beberapa dari banyak tidak terpenuhi karena ketidakkonsistenan dalam diri? ah..setidaknya beberapa dari banyak itu ada yang terpenuhi…tahun depan akan berbeda dari tahun ini.

Ah..kalau dipikir-pikir lagi, tahun ini gue dapat pencapaian yang lebih banyak dibanding 2 tahun terakhir ini. Akhirnya gue akan memulai babak baru dalam kehidupan gue. Gue bukan mahasiswa lagi, yippieee….

Kenapa TV sebaiknya tidak berada di kamar tidur?

1, supaya tidak ada orang yang tertidur di depan TV
2. supaya saat kita ingin tidur kita tidak usah tergoda untuk menonton (yang mengakibatkan kita bangun kesiangan karena begadang nonton TV)

Kenapa TV sebaiknya dimatikan di saat tidur?

1. hemat energi hemat biaya
2. ada yang bilang jika kita tidur dengan suara yang terus berputar seperti sesuatu yang menghipnotis kita

Hehehe…tulisan ini terpikirkan ketika sudah mengantuk tapi masih pengen nonton TV, jadi inget dulu jaman awal kost ga punya TV juga susah, ga ada hiburan, tapi sekarang punya TV ya adanya di kamar doang lah, namanya juga anak kost, cuma punya lahan sepetak doang.

Pengalaman Memakai Esia GoGo

Akhirnya kemarin nyoba juga layanan Esia GoGo. Pertama cek pulsa…oh masih 10 rebu lebih beberapa ratus rupiah, berarti masih bisa karena syaratnya diatas 10rebu untuk prabayar. Sebelum pergi ke Jakarta aku sudah mengirimkan sms ke 6060 yang isinya “GOGO Jakarta”. Setelah tiba di Jakarta aku harus menelpon *999 untuk aktivasinya. Waktu nelepon ada menu untuk aktivasi dengan pesan suara atau berbicara dengan agen representatif. Ternyata menu pertama belum bisa, dan akhirnya harus ngobrol2 dengan mbak/mas representatif esia. Dari obrolan disuruh nunggu 30 detik, telepon jangan ditutup dulu. Waktu menunggu kumanfaatkan untuk bertanya ini dan itu. Intinya adalah ternyata seandainya aku tadi blum ketik sms GOGO Jakarta sebelum berangkatpun, dengan menelpon ke *999 aku tetep bisa mengaktivasi Esia GoGo. Dalam percakapan aktivasi ditanyakan juga rencana di Jakarta sampai hari apa, jadi akan di set aktivasi sampai hari yang diminta.

Setelah menelpon tanya ini itu, aku diminta untuk menonaktifkan telepon alias mematikan handphone selama 10 menit. Lalu setelah 10 menit kemudian kirimkan sms ke 6060 yang isinya INFO. Lalu akan didapatkan balasan sms yang isinya adalah nomer sementara di Jakarta dan informasi talktime kita. Jadi Talktimeku yang cuma 1o rebu sekian itu dibagi 2. Talktime nomer utama (nomer bandung) 5rebu sekian, sedangkan talktime nomer sementara juga 5 rebu sekian.

Coba nelpun ke Bandung (dengan mengawali nomer 010 didepannya, karena itungannya daku kan nelpun dari Jakarta ke Bandung). Cek pulsa…berkurang 50 rupiah/menit. Kemudian, aku minta ditelpun dari Bandung, cek pulsa..berkurang juga 50 rupiah/menit (mendingan gue yang nelpun dung). Tapi..sms ga sampe euy, entah karena esia lagi error atau emang ga bisa. (Berhubung di Bandung saja Esia sudah sering error smsnya, ya..sudahlah tak ada gunanya memaksakan esia untuk sms).

Besoknya, esia pagi-pagi error huhuhu ga bisa telpun atau menelpun. Siangnya untungnya sudah bener lagi. Lumayanlah pulsa 5 rebu perak bisa di pake buat interlokal, itu juga ga habis.Malamnya, pas mau balik ke Bandung coba ngirim sms isinya HOME ke 6060 tapi gagal. Udah takut aja ntar nomer gue ga balik di Bandung, tapi..cueklah. Sampai di Bandung, cek pulsa…loh kok pulsanya blum balik ya? huhhu….

Untungnya, hari ini, pulsa sudah bersatu kembali, jadi pulsa yang dibagi 2 itu disatukan kembali karena ada sms juga yang memberitahu bahwa masa layanan Gogo sudah berakhir. Anyway yang masih jadi pertanyaan adalah, bagaimana jika saya mengisi pulsa, ketika di Jakarta? apakah pulsanya akan bersatu kembali? dan bagaimana cara menambahkan pulsanya, masukin ke nomer utama atau ke nomer sementara? Belum dicoba sih, logikanya pulsa pasti akan bergabung kembali, tapi..nomer yg diisi yang mana aku tak tau. Kalau ada yang pernah nyoba mungkin bisa berbagi di sini.

Online Booking yang Aneh

Iseng-iseng ngeliat situs Lion Air dan terpikir untuk melakukan pemesanan dengan melihat jadwal pada tanggal yang tidak pernah ada (31 Nov), hasilnya cukup mengejutkan, karena sepertinya programmernya waktu kuliah ga belajar bikin fungsi validasi kalendar (atau mungkin programmernya ga kuliah formal kali ya). Berikut gambar capture layarnya :

Keisengan berikutnya yang terpikir adalah, mencoba memesan route dari Jakarta (CGK) ke Jakarta (CGK) pada tanggal 1 November yang lalu. Saya tidak tahu kenapa saya masih bisa melihat jadwal penerbangan yang sudah berlalu (posting ini tanggal 7 November). Saya tidak tahu kenapa hasilnya seperti berikut (jujur saya kaget, karena kok dari Jakarta ke Jakarta yang jelas-jelas CGK ke CGK waktunya lama banget ya? hampir 1 setengah jam, udah mau nyampe Medan kalau dari Jakarta (atau emang ada orang yang iseng terbang dari CGK ke CGK ya?), berikut ini capture layarnya:

Dari Cengkareng ke Cengkareng? Query SQL nya apa ya...
Dari Cengkareng ke Cengkareng? Query SQL nya apa ya...

Jadi inget kemarin waktu mau pulang mau konfirmasi tiket pulang via sms, ada yang aneh juga oleh si Lion Air, dia ngasih format pesan dan contoh tidak sinkron misalnya format pesan: CONFIRMED lalu contohnya : CONFIRMED Risna JT570 CGK MDN 18.30 (ada perbedaan urutan format dengan contoh). Sempat beberapa kali dapat pesan: Maaf format Anda salah, lalu kembali dia memberikan pesan format yang berbeda dengan contoh (sampai saya mencoba menggunakan format contoh). Lalu konfirmasi ulang dari Lion Air saya terima bukan setelah saya mengirimkan sms itu, tapi setelah saya check in di Bandara! Sungguh konfirmasi via sms yang tak berguna dan hanya menghabiskan pulsa saja :(.

Anyway, tulisan ini tidak untuk menjatuhkan Lion Air, tulisan ini hanya sekedar sharing pengalaman sebagai salah satu orang yang memanfaatkan jasa Lion Air. Pelajaran dari sini adalah, booking online yang banyak digembar gemborkan oleh sebuah perusahaan (dengan biaya promosi yang tidak sedikit dan mungkin membayar orang cukup mahal untuk mendevelopnya) sayangnya seringkali masih tidak terpakai (alias buang-buang duit saja). Untuk pemesanan Lion Air saya masih lebih percaya menelpon ke Travel Agen terdekat saja.

SymbianBible Released

Kemarin, 6 November 2006, SymbianBible versi terbaru sudah direlease, SymbianBible adalah bible reader untuk device symbian seri 60 (Nokia 3650,6600,7610,dll), seri 60 3rd edition(Nokia E61,E50,dll), seri 80 (Communicator), informasi lengkapnya silahkan lihat di
http://www.compactbyte.com/symbianbible/

Bible reader ini bisa digunakan untuk membaca pdb dengan karakter latin (termasuk Indonesia), Ibrani, Yunani. Untuk karakter Cina masih ada beberapa keterbatasan (perlu install font khusus, dibutuhkan bantuan dari orang yang bisa membaca karakter mandarin untuk memeriksa apakah sudah tampil dengan benar).

Versi seri 80 dan seri 60 3rd edition bisa dimungkinkan karena ada yang menyumbangkan device untuk digunakan dalam pengembangannya. Barangkali ada yang mau menyumbangkan ponsel UIQ supaya bisa dibuatkan versi UIQnya? 🙂

Cerita (atau berita?) kepada kawan

Terlalu lama ga posting di sini, jadi bingung mau gimana nulisnya. Ada banyak cerita yang ingin kusampaikan *aduh Ebiet sekali*, beberapa cerita dituliskan dalam blog friendster (mengingat begitu lamanya blog ini down). Anyway…setelah mendapat nokia 9300 untuk mendevelop s80bible, Joe diberikan Nokia E50 untuk mendevelop s60bible untuk symbian 60 3rd edition. Sedikit bocoran, untuk karakter mandarin dan sejenisnya juga sedang diupayakan, tapi ada masalah, kami belum jadi les mandarin, jadi ga tau juga deh itu udah kebaca dengan benar atau tidak (ada yang mau bantu? hehe).

Oh ya, mungkin ada yang bertanya kenapa sampai down? ceritanya dulu pernah bikin subdomain yang membahas tentang mobile devices dsb, di mobile.compactbyte.com, entah bagaimana ceritanya, banyak sekali orang yang mengakses halaman itu, padahal halaman itu sudah sangat lama tidak diupdate lagi. Sekarang dengan sangat terpaksa halaman-halaman di sana dinonaktifkan dan mungkin akan dipindahkan. Ada rencana juga mindahin hosting, tapi..masih dalam tahap seleksi dan pertimbangan, mana yang dipindah mana yang tetap.
Anyway, berita menarik lainnya adalah, seorang pembaca setia blog ini yang merupakan salah satu dari teman berbawel ria beberapa tahun terakhir ini baru saja pada tanggal 1 November kemarin menjadi seorang Ibu dari seorang bayi perempuan yang gue belum lihat (tapi udah jelas berambut kriwil) hehe, info ga penting ya rambut kriwil disebut-sebut.

Double ChunkCashew FudgeHmm..apalagi ya?

Oh iya, udah pesan cookies dari http://cookies.ungu.net blum? kalau belum, buruan beli..hehe…

udah ah gitu dulu, mulai ga jelas nih.