Mars in 3D

NASA sudah lama mengeluarkan gambar-gambar mars 3D dalam bentuk gambar anaglyph, saya semakin tertarik dan pengen lihat beberapa bulan lalu setelah rajin mengikuti berita misi Phoenix.  Tapi sayangnya waktu itu masih nggak punya kacamata 3D (Red-Cyan). Beberapa hari yang lalu kami ngelihat ada DVD Shrek 2 dengan bonus kacamata 3D, jadi beli deh. Sebenarnya kacamata 3D ini bisa dibikin sendiri, ada petunjuknya di di berbagai situs, tapi sekarang ini masih terlalu malas bikin sendiri :).

Ternyata kalo kita cari di Internet, ada banyak banget gambar anaglyph 3D, jadi nggak sia-sia punya kacamata 3D karena bisa menikmati gambar-gambar lain selain foto-foto mars dan film Shrek. Saya juga menemukan banyak tutorial untuk membuat sendiri gambar 3D, baik dari 2 foto, maupun dari 2 frame video. FYI, URL untuk gambar-gambar mars yang diambil oleh Phoenix: http://www.nasa.gov/mission_pages/phoenix/images/index.html

Duluan mana Telor atau Ayam?

Ini cuma tulisan iseng, bukan tulisan serius dan mohon jangan dipikirkan terlalu serius. Saya sering sekali dengar perdebatan antara telor atau ayam, mana yang lebih dulu ada.

Kalau jawabnya telor, orang akan tanya lagi lalu siapa yang mengeraminya. Kalau jawabnya ayam, orang akan tanya lagi, ayamnya dari mana kalau ga ada telor? Dan biasanya setelah itu semua orang akan manggut-manggut bingung karena merasa itu pertanyaan yang susah dijawab dan mungkin ga ada jawabannya.

Kalau saya ditanya pertanyaan itu, duluu sayapun terjebak berputar-putar mana yang lebih dulu. Tapi sekarang saya bisa dengan cepat menjawab dan cukup yakin. Tentu saja yang lebih dulu itu ayam, soalnya Tuhan menciptakan mahkluk hidup dan bukan menciptakan cikal bakal mahkluk hidup. Oh iya, kalau alphabetnya Thai juga ayam dulu baru telur.

Kalau ada yang ingin mendebat dengan berbagai alasan, ga usah dibahas deh mendingan, inikan pertanyaan buat lucu-lucuan aja. Seperti kata joker: Why so serious? 😛

Eh tapi jawaban saya itu serius sih hehehe..tapi emang jadinya ga lucu ya. Maaf deh kalau bikin lucu-lucuan jadi ga lucu 🙂