Berbeda Itu Biasa, Namanya Juga Selera

Lagi banyak berita yang bikin perasaan galau, jadi tulisan hari ini mau nulis curcol bin ngalor ngidul aja. Mudah-mudahan sih tidak bikin bosan pembaca.

Tema curcol hari ini hasil merenungkan bagaimana mengomentari hal yang berbeda dalam hidup kita. Di awali dengan cerita teman saya yang membaca cuitan di twitter tentang seseorang yang bilang drama Korea itu.. (saya sensor karena kata-katanya pokoknya ga bagus deh).

Saya tidak sedang membela drama tertentu, saya mau nulis aja secara umum tentang perbedaan dan mengomentari perbedaan.

Lanjutkan membaca “Berbeda Itu Biasa, Namanya Juga Selera”

Ada “Break” Ada KitKat

Tulisan ini bukan iklan, cuma mau cerita tentang kejadian yang baru saja terjadi di rumah kami ketika makan KitKat.

Selesai makan malam, Joe membagi Kit Kat buat saya dan anak-anak. Joe membuka 2 KitKat yang masing-masing terdiri dari 4 bar, untuk dibagi 4 orang. Jadi, setiap orang mendapatkan 2 bar KitKat.

Nyemil KitKat

Karena saya sedang di depan komputer, saya tidak berencana membelah KitKat lagi jadi 2, tapi langsung saja menggigit KitKat nya. Jadi, begitu saya terima KitKat dari Joe, langsung saya masukkan mulut hendak saya gigit.

TIba-tiba, Joshua datang mau mengambil KitKat yang masih berada di gigitan saya. Padahal, dia sudah dapat bagian sendiri loh. Saya pikir, bagian dia sudah habis dan dia mau mengambil bagian saya.

Ternyata… ketika saya sedang terheran-heran kenapa Joshua mengambil KitKat dari gigitan saya. Joe menjelaskan kalau cara saya makan KitKat itu salah. Katanya, caranya harus sesuai dengan iklan KitKat.

cara makan kit kat yang salah
Begini kira-kira kenapa Joshua mencegah saya menggigit Kit Kat langsung
Lanjutkan membaca “Ada “Break” Ada KitKat”

Tentang Susu Beruang

Beberapa hari ini, susu beruang ramai dibicarakan di WAG yang saya ikuti. Awalnya, seorang teman bertanya kenapa di Indonesia susu beruang habis di mana-mana?

Lalu, ketika membaca tulisan teman yang baru selesai di vaksin, saya baru tahu kalau ada yang menyarankan untuk minum susu beruang sebelum dan sesudah vaksin.

Pertanyaan berikutnya tentu saja: “Apa sih khasiat susu beruang? Benarkan bermanfaat untuk menghilangkan efek vaksin?”

Karena saya tidak sedang promosi susu beruang, saya tidak akan menjawab apa khasiat susu beruang. Karena berikutnya obrolan menjadi tentang meme yang beredar seputar susu beruang yang berganti logo dan memakai naga sebagai iklan.

Lanjutkan membaca “Tentang Susu Beruang”

Tips Menghindari Berita Viral

Saya sering menghindari berita viral ataupun yang ramai dibicarakan orang. Kenapa menghindari berita viral? Karena, saya merasa berita-berita itu terkadang berlebihan dan bersaudara dengan hoax.

Bukan mau bilang berita yang viral itu selalu hoax, tapi seringnya ya begitu. Lebih baik dihindari, daripada semakin membantu menyebarkan dan menyita waktu lebih banyak lagi.

Sebelum berpanjang lebar, saya mau jelaskan sedikit tentang berita viral dan bagaimana saya menghindarinya.

Apa Itu Berita Viral

Kata viral menurut KBBI seperti yang disimpulkan oleh Lektur.id artinya menyebar luas dengan cepat bagaikan virus.

berita viral
definisi berita viral menurut KBBI dari Lektur.id

Berita Viral berarti berita yang dibagikan (biasanya di media sosial) dan menyebar luas dengan sangat cepat bagaikan virus. Berita tersebut bisa berupa teks berita ataupun video. 

Lanjutkan membaca “Tips Menghindari Berita Viral”

Seperti Api dalam Sekam

Saya yakin, kebanyakan yang baca ini sudah pernah dengar arti peribahasa “Seperti api dalam sekam”. Kemunginan besar juga sudah paham banget apa artinya. Tapi buat yang baru dengar atau belum mengerti artinya, baiklah saya akan kutip lagi dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Arti dari seperti api dalam sekam adalah:

Peribahasa hal-hal tidak baik yang tidak tampak

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Saya sudah belajar peribahasa itu sejak SD, tapi baru beberapa tahun lalu saya mempertanyakan emang seperti apa sih api dalam sekam itu? Eh, jangan diketawain, karena saya memang dulunya gak pernah tau apa itu sekam dan seperti apa api dalam sekam.

Tulisan ini buat orang yang mungkin seperti saya beberapa tahun lalu. Jadi biar benar-benar paham, kenapa ada peribahasa seperti api dalam sekam itu.

Lanjutkan membaca “Seperti Api dalam Sekam”

Antara Belajar Bahasa dan Belajar Desain

Di blog ini, ada 2 hal yang sering saya ceritakan saya pelajari (selain belajar seputar blog). Yaitu belajar bahasa dan belajar desain Canva dan Kinemaster.

Dari 2 hal ini, belakangan saya lebih suka dengan belajar desain. Tapi sebelum saya beritahu kenapa, saya akan ceritakan terlebih dahulu perjalanan belajar saya.

Lanjutkan membaca “Antara Belajar Bahasa dan Belajar Desain”

Kinemaster 5.0 Bisa Sharing Project, Yay!

Sejak mengenal Kinemaster, rasanya campur aduk antara suka dan sebel. Suka karena hasilnya lebih banyak variasi animasinya dibandingkan edit video menggunakan Canva. Sebel, karena butuh waktu cukup lama memandangi layar kecil. Kerjaan edit 2 jam, cuma menghasilkan video 1 menit lebih dikit.

Namanya juga baru kenalan ya, kerjaan Canva yang bisa dikerjakan di laptop saja belum bisa terlalu cepat mengerjakannya, apalagi Kinemaster yang hanya bisa mengerjakan di ponsel kecil.

Lanjutkan membaca “Kinemaster 5.0 Bisa Sharing Project, Yay!”