Menurunkan Standar

Sepertinya banyak orang sudah lupa apa artinya ujian, dan apa artinya nilai, dan mungkin juga banyak yang sudah melupakan apa gunanya kita bersekolah. Renungan ini bermula dari nilai batas UAN 4.0 yang dipermasalahkan sampai ketika saya diminta membuat soal untuk ujian pemrograman berorientasi objek.

Banyak orang yang tidak setuju dengan adanya UAN, antara lain alasannya adalah: tidak adil bagi orang di pulau Jawa dan di luar Jawa, tidak baik jika kita hanya berorientasi pada nilai saja, dll.
Lanjutkan membaca “Menurunkan Standar”

Hungarian Notation

Aku ini termasuk orang yang cukup rewel dalam hal coding. Coding dan Naming convention merupakan salah satu titik yang paling aku soroti. Salah satu naming convention yang paling aku benci adalah Hungarian Notation. Definisi singkatnya: A linguistic convention requiring one or more letters to be added to the start of variable names to denote scope and/or type.
Lanjutkan membaca “Hungarian Notation”

Kalah jadi Abu Menang jadi Arang

Masih tergerak untuk ngomentarin tentang “sistem” di Indonesia dan ga jauh2 dari politik dengan Pemilu yang sedang marak, gw pengen ngomentarin tentang penjebolan situs KPU oleh seorang “hacker” yang konon mendapat pekerjaannya di Danareksa juga “berkat” ngehack situs Danareksa. Bukan rahasia kalo kadang2 orang yang suka menganggu sistem daripada di kerasin mendingan diajak kerjasama menjadi penjaga sistem, jadi…daripada jadi maling, mendingan orang itu disuruh jadi satpam dan nangkap maling lain 😛 dan kalo udah gitu, biasanya tantangan udah ga ada lagi deh. Lanjutkan membaca “Kalah jadi Abu Menang jadi Arang”

Politik oh politik…

Akibat tayangan tipi yang setiap hari selalu ada debat terbuka dan sejenisnya tentang pemilu, capres, cawapres dan juga orang2 yang duduk di legislatif, gw mau tak mau menonton juga dan mencoba menyimak beberapa komentar. Yang gw heran adalah ada banyak komentar yang kesannya bertentangan dengan fakta sejarah, pada saat dulu gw belajar tentang adanya 3 partai di Indonesia itu dianggap stabil dibandingkan jaman negara RIS (Republik Indonesia Serikat) yang katanya akibatnya waktu itu kabinet yang sering berganti sehingga program kabinet tidak sempat berjalan, sehingga disebutkan 3 partai adalah ideal buat Indonesia. Nah..sekarang, setelah ada banyak partai lagi, disebutkan sebagai kebangkitan demokrasi di Indonesia, padahal rasanya kabinet jadi sering berganti2 lagi, dan program kabinet rasanya jadi ga jalan juga tuh. Jadi sebenernya mana yang lebih baik, banyak partai atau hanya sedikit partai??? Lanjutkan membaca “Politik oh politik…”

Keanehan Orang Dewasa (abis baca buku: The Little Prince)

Gw abis baca buku The Little Prince alias Pangeran Kecil, gw dah tau buku ini agak lama, udah beberapa kali nemu buku ini mulai yang versi Inggris dan versi Indonesia, tapi gw ga pernah bisa konsen baca isi buku ini, katanya sih buku ini bagus, tapi…ya mungkin kalo emang belum “butuh” informasi yang ada didalamnya, gw ga pernah berhasil menyelesaikan suatu buku, jadii..ya udah gw sih ga anggap masalah. Kemaren pas jalan2 ke gramed ama Joe, entah kenapa doi beli buku itu, pdhl dia udah baca buku versi Inggrisnya, well..berhubung ada yang bisa di pinjam dan bisa di baca di waktu santai, ya udah deh, akhirnya gw mulai membaca lagi itu buku.

Seperti di duga, buku itu cukup cepat dibacanya selain karena isinya ga banyak, tulisannya juga gede2 dan dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang cukup menarik :), jadi isinya emang dikit, yang menarik dari buku itu adalah : buku itu adalah buku anak kecil yang menceritakan tentang seorang pangeran kecil yang menganggap orang dewasa itu aneh, tapi buku itu ditujukan untuk orang dewasa ketika dia masih kecil 😛
(Images from www.amazon.com)
Lanjutkan membaca “Keanehan Orang Dewasa (abis baca buku: The Little Prince)”

FAQ : resign ???

Kemaren ngobrolin buku berjalan diatas air dengan Joe, dia ceritain cerita domba putih dan hitam yg dia udah tulis, dan karena cerita itu aku jadi pengen lagi baca buku yang pertama kali jadi topik pembicaraan aku dan Joe. Hmm…ternyata membaca kembali buku itu cukup membawa banyak penyegaran, terutama setelah kelelahan menjawab berbagai pertanyaan orang tentang keluarnya gw dari kerjaan gw. Pertanyaan itu bervariasi, antara lain : Lanjutkan membaca “FAQ : resign ???”

Domba putih dan domba hitam

Ini salah satu cerita yang aku suka, dan aku tambah suka lagi setelah membaca maknanya di buku Anthony De Mello “Berjalan di Atas Air”.

Seorang gembala sedang menggembalakan domba. Seorang yang lewat berkata, “Engkau mempunyai kawanan domba yang bagus sekali. Bolehkan saya mengajukan beberapa pertanyaan tentang domba-domba itu?

“Oh, tentu, akan saya jawab dengan senang hati” kata gembala itu. Orang itu berkata,
“Berapa jauh domba-dombamu berjalan setiap hari?”
”Yang mana, yang putih atau yang hitam?” kata gembala
”Yang putih.”

Lanjutkan membaca “Domba putih dan domba hitam”