Dari antara 60 ribu jenis barang

Tadi ke sebuah tempat yang namanya Home Pro untuk mencari lampu apartemen yang bukan lampu standar. Ada 2 jenis lampu yang kami cari. Kami juga sekalian mau nyari juga kerangka besi supaya lebih mudah menuang air dari galon air, dan sekalian juga mau lihat-lihat apakah ada food processor yang cukup bagus dan murah. Di home pro ini katanya ada 60 ribu jenis barang, tapi sayangnya dari 60 ribu barang yang ada di sana, dan 4 yang kami cari (2 jenis lampu, food processor, dan kerangka penuang air), cuma 1 yang ketemu, yaitu cuma satu lampu.

Jadi inget komik ini: I have all the books in the world but one (walaupun beda banget kasusnya, komiknya bagus dan menarik, sedangkan kisah ini tidak menarik dan tidak bermakna 😛 ). Catatan: itu akan ada peringatan harus berumur 14 tahun atau lebih buat baca komiknya, terus aja, gak ada pornonya kok, safe for work.

Update Oktober 2013 Link komiknya sudah tidak valid ini link yang baru.

Dan karena ada kemungkinan linknya bakal mati lagi, ini local copy (file ZIP):

All the books in the world but one.

Chiang Mai Aman

Sekarang ini di Thailand sedang ada pergolakan politik. Kemarin seorang teman mengsms dan menanyakan bagaimana keadaan kami di Chiang Mai dan apakah kami perlu mengungsi dsb dst. Jawabnya tentu saja tidak perlu. Semua masih aman terkendali. Apalagi kami jauh dari ibukota. Ada untungnya tinggal jauh di utara.

Kerusuhan yang terjadi saat ini mengingatkan saya pada masa reformasi di Indonesia. Waktu itu demonstrasi terasa sampai ke Bandung. Bahkan saya ikut-ikutan melongok ke lapangan Gasibu, sekedar ingin tahu mereka ngapain aja sih disitu.

Tapi kalau menurut beberapa teman yang domilisinya di Bangkok, sejauh ini Bangkok masih terkendali. Memang saat ini Bangkok dinyatakan siaga 1, tapi kerusuhan hanya terjadi di tempat tertentu, bahkan di Bangkok sendiri, hanya beberapa ruas jalan yang tidak aman, sisanya semua berjalan seperti biasa. Berbeda sekali dengan kerusuhan yang tejadi masa reformasi di Indonesia, yang imbasnya terasa sampai ke Bandung. Setidaknya, Thailand sudah pernah mengalami masa kudeta yang dianggap jauh lebih parah dibandingkan saat ini, dan kabarnya militer sudah menyatakan tidak akan ada lagi kudeta.

Ada 2 kubu yang saat ini bentrok, anti pemerintah dan pro pemerintah dan kebiasaan di Thailand adalah memilih kubu dengan warna. Tiap warna punya makna sendiri, jadi untuk amannya ya sudah pasti pilih baju warna putih. Entah kapan ini akan berakhir, tapi semoga saja semua segera berakhir. Walaupun dinyataka Chiang Mai aman, tapi rasanya memang tetap sedikit khawatir. Semoga semua bisa berakhir dengan baik, dan semua kembali seperti sediakala.

Large Hadron Collider Rap

Video musik yang sangat menarik mengenai LHC yang akan dioperasikan bulan ini (versi kualitas tinggi dan lirik lengkap bisa dibaca di http://www.katemcalpine.com/). Setelah membaca banyak berita mengenaskan dari berbagai penjuru dunia yang hampir membuat kehilangan faith in humanity, aku merasa lebih tenang dan senang membaca berita dan melihat video mengenai pengetahuan.

Twenty-seven kilometers of tunnel under ground
Designed with mind to send protons around
A circle that crosses through Switzerland and France
Sixty nations contribute to scientific advance

Mars in 3D

NASA sudah lama mengeluarkan gambar-gambar mars 3D dalam bentuk gambar anaglyph, saya semakin tertarik dan pengen lihat beberapa bulan lalu setelah rajin mengikuti berita misi Phoenix.  Tapi sayangnya waktu itu masih nggak punya kacamata 3D (Red-Cyan). Beberapa hari yang lalu kami ngelihat ada DVD Shrek 2 dengan bonus kacamata 3D, jadi beli deh. Sebenarnya kacamata 3D ini bisa dibikin sendiri, ada petunjuknya di di berbagai situs, tapi sekarang ini masih terlalu malas bikin sendiri :).

Ternyata kalo kita cari di Internet, ada banyak banget gambar anaglyph 3D, jadi nggak sia-sia punya kacamata 3D karena bisa menikmati gambar-gambar lain selain foto-foto mars dan film Shrek. Saya juga menemukan banyak tutorial untuk membuat sendiri gambar 3D, baik dari 2 foto, maupun dari 2 frame video. FYI, URL untuk gambar-gambar mars yang diambil oleh Phoenix: http://www.nasa.gov/mission_pages/phoenix/images/index.html

Pertanyaan tentang Kejujuran

Saya ingin bertanya, kalau Anda mengetahui ada teman Anda yang selama ini cukup Anda percaya ternyata tidak jujur untuk satu hal pada Anda, kira-kira apa yang Anda lakukan? Apakah Anda akan bertanya dengan baik-baik (berkomunikasi secara langsung ke orang tersebut) atau membiarkan saja hal itu seolah-olah tidak terjadi apa-apa?

Saya pribadi sangat tidak suka dengan orang yang tidak jujur. Dari beberapa pengalaman punya teman yang ketahuan tidak jujur pada saya, seleksi alam terjadi dan kami tidak berteman baik lagi. Seleksi alam yang saya maksudkan adalah, entah itu kami kehilangan kontak sama sekali atau dia sengaja menghilang dari kehidupan banyak orang. Beberapa kali kasus tidak jujur yang saya temui, biasanya saya tanyakan langsung kepada orangnya. Beberapa orang mengakui ketidakjujurannya, tapi ada juga yang tidak mau malu karena tidak jujur lalu menutup-nutupi kebohongannya dengan kebohongan lain, yang ketika saya tau dia tambah parah bohongnya membuat saya tambah ‘marah’, dan akhirnya biasanya dia akan menghilang dari saya, karena mungkin malunya udah berlipat ganda dan tetap merasa dia tidak salah dengan ketidakjujurannya pada saya.

Ada yang bilang bohong dengan tidak mengatakan semuanya secara keseluruhan itu beda. Tapi dalam kasus yang saya maksud adalah orang tersebut benar-benar menyatakan hal yang tidak sebenarnya. Misalnya dia mengaku kalau dia orangnya jujur, padahal pada saat yang sama dia tengah berbohong soal kejujurannya (loh ini mah sulit dibuktikan). Oke contoh nyata begini (ingat ini hanya contoh): seseorang mengaku sudah lulus tapi ga mau ikutan wisuda, saya menyalaminya waktu itu mengucapkan selamat, lalu belakangan saya tahu dari lebih dari 1 orang kalau orang itu belum lulus, yang benar adalah dia hampir DO dan dipersilahkan untuk lanjut di univ lain. Sekian lama setiap berinteraksi dengan orang tersebut, saya pura-pura tidak tahu, lalu pernah sekali saya konfirm (sayangnya karena orag tersebut jauh saya hanya bisa tanya via e-mail) dan e-mail saya tidak pernah dijawab sampai sekarang. Yang kadang-kadang membuat saya kesal adalah: orang tersebut mengaku-ngaku dia lulusan dari univ ternama (yg hampir menDO nya) di profilnya yang ada di situs pertemanan.

Saya tidak suka orang yang tidak jujur. Umumnya saya tidak akan tahan terus menerus dibohongi. Untuk orang-orang yang sudah tidak ada komunikasi dengan saya lagi, saya anggap mereka sudah memilih untuk tetap hidup dalam kebohongan itu. Sekarang ini ada lagi seorang yang saya dapati tidak jujur, saya bingung sebeneranya apa alasan orang tersebut tidak jujur. Dan saya sedang kehabisan ide bagaimana cara menanyakan baik-baik soal ketidakjujuran ini.

Orang-orang tidak jujur yang pernah saya temui dalam hidup ini kadang-kadang membuat saya mengambil kesimpulan yang terlalu general terhadap semua orang. Semoga saya tidak kehilangan kepercayaan kepada humanity.

Kritik Bahasa Pemrograman Nusa

Setelah sekian lama tidak mendengar soal Bahasa Batak, ternyata namanya sudah berganti menjadi Bahasa Nusa. Ternyata bahasa ini masih mirip/sama dengan bahasa Batak, dan saya punya banyak kritik untuk bahasa tersebut. Kritiknya sudah saya coba sampaikan langsung ke Pak Bernaridho Hutabarat melalui email, tapi responsnya sangat negatif. Padahal dia sendiri menulis di berbagai media agar kita tidak menerima apa yang disodorkan pada kita, tapi kita harus kritis. Nah saya sudah merangkum kritik-kritik saya dalam sebuah tulisan. Ini kritik teknis, bukan sekedar menjelek-jelekkan. Saya sudah berusaha membaca semua dokumen yang dipublish mengenai Nusa dengan teliti, dan setahu saya sampai saat ini belum ada yang melakukan kritik secara teknis.

Anda bisa membaca tulisan mengenai kritik Bahasa Nusa di:

http://tinyhack.com/kritiknusa.html

Merdeka!!!

Tujuan NgeBlog

Saya dan Joe sudah ngeblog dari bertahun-tahun yang lalu. Bahkan kami semakin dekat setelah sama-sama tahu kalau kami sama-sama ngeblog. Joe membaca arsip blog saya, saya membaca blog Joe (tanpa memberitahu tentunya) untuk mencari tau lebih banyak tentang satu sama lain. Dari situ saya bisa melihat pandangan-pandangan dia tentang banyak hal, dan sebaliknya.

Pada masa itu, blog belum sepopuler sekarang. Kami ngeblog untuk menuliskan apa yang kami pikirkan, rasakan dan juga untuk berbagi. Akan tetapi jaman sekarang, orang ngeblog sudah kehilangan orientasi sepertinya.

Lanjutkan membaca “Tujuan NgeBlog”