CLI: ImageMagick

Dalam seri CLI kali ini saya akan membahas ImageMagick yang merupakan program command line untuk manipulasi file citra/image. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan ImageMagick antara lain:

  • konversi dari satu format image ke yang lain
  • resize, rotate, crop, flip file image
  • memberi frame pada file image
  • membuat file image yang berisi teks

Dalam banyak kasus, pemakaian imagemagick ini sangat mudah. Misalnya ingin konversi dari jpg menjadi png:

convert nama.jpg nama.png

Atau melakukan resize menjadi 50% dari semula

convert -resize  50% input.jpg output.jpg

Contoh lain adalah rotasi

convert -rotate 90 input.jpg output.jpg

Sebenarnya semua perintah convert bisa diganti menjadi mogrify jika kita ingin outputnya menimpa input. Tapi biasanya ini tidak saya lakukan, karena berbahaya. Contohnya jika kita salah mengubah ukuran seharusnya 50% dari semula tapi salah ketik jadi 5% dari semula, maka file tidak akan bisa dikembalikan jika kita memakai mogrify.

Saya tidak hapal banyak perintah ImageMagick, kecuali perintah-perintah yang sederhana. Biasanya saya harus melihat lagi contoh-contoh di web image magick untuk melakukan hal yang kompleks. Ada halaman khusus di ImageMagick yang memberikan contoh apa saja yang bisa dilakukan dengan ImageMagick.

Sebagian kapabilitas ImageMagick lengkapnya silakan lihat halaman contoh resmi

Untuk editing yang sangat spesifik satu gambar saja, saya akan memakai Gimp atau KolourPaint secara interaktif. Sedangkan jika saya punya banyak gambar yang harus diresize atau diedit dengan cara yang sama, saya akan menggunakan ImageMagick.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.