Blog, Friendster, Orkut, Multiply, dll…

Bertahun-tahun yang lalu, pertama kali saya berkenalan dengan internet, saya diberitahu untuk berhati-hati dalam meninggalkan identitas diri. Banyak kisah film yang membuat seolah-olah melalui internet identitas diri seseorang bisa ditukar dengan mudahnya (salah satunya film The Net). Hal itu juga yang membuat saya tidak menggunakan nama asli saya sebagai alamat e-mail dan akhirnya nickname saya jadi seperti sekarang ini. Buat saya, dunia maya tetap maya dan terpisah dari kehidupan nyata saya. Hal ini pernah menjadi bahan diskusi yang tak ada habisnya di antara saya dan teman-teman saya yang juga hidup di dunia maya tersebut.

Tahun berganti, hari berlalu, sekarang saya sudah membuat internet menjadi bagian dari dunia saya. Di internet saya bertemu dengan teman-teman kuliah saya, ngobrol dengan orang-orang yang sudah saya kenal. Kalau dulu saya masih mau berkenalan di chat room, sekarang ini….rasanya kok males yah berkenalan orang asing di dunia maya. Dunia maya saya yang sekarang bukan lagi dunia maya, karena saya membawa dunia nyata saya ke dunia maya ini. Dunia maya ini menjadi perluasan dari dunia nyata saya. Pertama kali saya menuliskan identitas diri saya, tentang keluhan, curhat, kemarahan dan sebagainya melalui media blog (waktu itu saya menggunakan layanan blogger). Walaupun beberapa teman saya undang untuk membaca tulisan saya (yang kebanyakan keluh kesah), tapi blog saat itu tidak sepopuler sekarang, kebanyakan teman saya tidak mau menulis blog karena alasan : ah masak diary dibaca orang lain sih :P.

Pada awal ngeblog, saya sering berganti-ganti nick name. Beberapa teman dunia nyata saya beritahu alamatnya, tetapi kecil kemungkinan ada orang di dunia nyata yang membaca blog saya akan segera tahu itu saya jika tidak saya beritahu, karena bahkan dalam merefer seseorangpun saya tidak pernah menuliskan nama dengan eksplisit. Penuh dengan anonim dan kerahasiaan. Lama-lama, terutama setelah adanya friendster, saya mulai terbuka dan menuliskan beberapa nama teman dengan merefer ke situs friendster :P. Setelah friendster, saya join orkut dan multiply (tetapi tidak pernah saya manage).

Belakangan ini, banyak sekali situs komunitas pertemanan yang ada diinternet. Banyak teman yang mengundang saya untuk join hi5 dan hari ini saya dapat undangan dari seorang teman untuk join ZEBO. Saya jadi ingat, selain friendster, ada juga situs lokal yang bernama Temanster. Oh ya, hampir lupa, seorang teman juga pernah ngasih link ke MeHompy.com. Inti dari semua situs tersebut adalah untuk mengumpulkan teman-teman lama ataupun berkenalan dengan teman baru dan berinteraksi dengan mereka, lalu disediakan juga layanan saling berkirim pesan dan juga ada blognya segala.

Terus terang, friendster juga sudah cukup buat saya. Orkut dan Multiply juga mungkin tidak akan pernah saya “urus” lagi. Jadi buat teman-teman yang mengundang saya di situs-situs pertemanan lainnya, maaf kalau saya tidak pernah bergabung. Rasanya kalau semua diikuti tidak ada gunanya, toh akhirnya teman saya yang itu-itu juga. Bukan maksud saya mengatakan friendster yang terbaik maka itu yang akan tetap saya teruskan, tapi sampai sekarang jumlah teman yang berhasil saya temui paling banyak di friendster itu, wajar dong kalau itu yang saya gunakan.

Anyway, tahukan Anda kalau friendster sekarang bisa personalize url? misalnya saja, untuk url friendster saya Anda bisa dengan mudah mengingatnya karena sudah saya personalize menjadi ini dan Joe menjadi ini.

1 thought on “Blog, Friendster, Orkut, Multiply, dll…”

  1. hehehehe,. boleh kenalan nich
    aku mau nanya gimana membuat blog di web site multiply
    tolong kirim yahhhhhhhhhhhhhhhhhh balasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *