Mempertanyakan Pemeriksaan Lembar Jawaban Komputer UN

Sebagian orang menyangka mereka tidak lulus SPMB atau UN karena faktor pembacaan lembar Jawaban Komputer. Benarkah hal demikian bisa terjadi? Sebagai orang yang pernah berkecimpung dalam pemrograman OMR (optical mark reader) hardware (di PSDI ITB) dan masih berkecimpung dalam pembuatan software mark reader dengan scanner biasa (untuk Tim Olimpiade Komputer Indonesia), saya akan mencoba menjelaskan kemungkinan terjadinya kesalahan dalam pemrosesan lembar jawaban komputer (LJK) yang diisi oleh peserta.

Sebelumnya saya ingin menegaskan dulu bahwa saya tidak tahu sistem apa yang dipakai dalam UN (dan hanya sedikit tahu dengan sistem SPMB). Segala yang saya tuliskan di sini hanya berdasarkan pengalaman dan semoga berguna untuk semua yang ingin ikut UN atau ujian lain yang menggunakan LJK.

Saat ini ada dua jenis mesin pembaca tanda komputer di kertas, yang pertama adalah OMR yang menggunakan mesin khusus (biasanya merek Opscan), dan yang kedua adalah yang menggunakan mesin scanner biasa. Kecepatan OMR dengan mesin/hardware khusus jauh lebih cepat dibanding dengan scanner biasa. Hardware OMR terbaik bisa memproses sampai 15000 lembar sedangkan scanner biasa yang tercepat hanya beberapa ribu lembar per jam (kurang dari 5000). Setahu saya sampai saat ini SPMB masih menggunakan mesin opscan untuk membaca lembar jawaban peserta, dan mark reader yang memakai scanner biasa belum dipakai dalam ujian nasional. Saya tahu dengan pasti bahwa setidaknya tahun lalu hal ini benar (dari sumber yang bisa dipercaya), dan saya yakin bahwa tahun ini sistem yang sama masih dipakai

Nah sekarang ke pokok masalahnya: seberapa besar kemungkinan kegagalan mark reader ini? Kemungkinan halaman LJK tidak terbaca (atau sebagian bulatan tidak terbaca) adalah jika: robek, terlipat, kotor, pensil kurang hitam dan salah cetak. Kasus LJK robek jarang terjadi, dan umumnya robek kecil masih bisa dibaca. LJK terlipat juga jarang terjadi, dan umumnya bisa diluruskan dengan mudah.

LJK yang kotor sering ditemui. Kotor ini umumnya dari bekas penghapus atau dari bekas tangan yang kurang bersih. Program untuk mesin opscan bisa dibuat agar cukup cerdas untuk bisa secara otomatis menentukan tingkat kehitaman LJK, namun kadang gagal juga. Menurut websitenya, akurasi alat ini adalah 99.9% (asumsi saya ini menggunakan program bawaan dari opscan). Hal ini cukup mengkhawatirkan, karena ada probablilitas 0.1% kesalahan, atau 1 dari 1000 lembar mungkin ada kesalahan.

Umumnya peserta ujian telah mengggunakan pensil 2B yang baik, namun ada juga peserta yang menggunakan pensil yang hampir tidak terbaca (entah apa merknya). Beberapa program bisa secara dinamis menentukan level kehitaman dengan melihat statistik seluruh halaman, namun sayangnya ada juga orang yang menggunakan dua pensil yang berbeda kehitamannya ketika mengisi LJK, dan hal ini sangat mengacaukan pembacaan.

Kasus LJK yang salah cetak pernah saya temui sekali. Satu batch LJK tercetak miring beberapa derajat, hasilnya batch tersebut tidak terbaca oleh mesin opscan. Solusi yang digunakan waktu itu adalah menggunakan pemotong kertas agar LJKnya menjadi lurus.

Selain kemungkinan LJK tidak terbaca dengan benar, masih ada kemungkinan kesalahan lain: kesalahan pengisian form jawaban. Contoh: Tidak membulatkan nama dengan benar, tidak membulatkan nomor identitas dengan benar, tidak membulatkan jawaban dengan benar. Kasus yang parah adalah jika salah mengisi nomor identitas, atau salah mengisi menjadi milik peserta lain. Kesalahan ini cukup umum biasanya ada lebih 10 orang dari setiap 1000 orang yang melakukan kesalahan semacam ini.

Dalam seleksi TOKI (Tim Olimpiade Komputer) nasional, saya juga menemukan hal yang menarik: beberapa murid yang cerdas tidak mengisi nama atau ID-nya. Bahkan ada satu peserta dengan nilai tertinggi di propinsinya tidak mengisikan namanya. Beberapa murid dari daerah terpencil bahkan tidak bisa mengisi LJK dengan benar, seharusnya jika nama saya YOHANES, maka saya akan mengisikan ‘Y’ di kolom pertama, ‘O’ di kolom kedua, dst, setiap tahun ada 2-3 orang yang mengisikan semua huruf di KOLOM PERTAMA.

Jika ada kesalahan, tentunya harus ditangani. Ada dua penanganan kesalahan: abaikan yang salah, atau perbaiki. Selama ini saya mengerjakan scan yang orde-nya hanya ribuan, jadi solusinya adalah memperbaiki data yang salah. Mengabaikan data yg salah lebih mudah jika jumlah form ada banyak, atau jika datanya tidak penting.

Bagaimana penanganan error di UN? saya tidak tahu, semoga mereka tidak sembarangan mengabaikan pembacaan yang salah, karena hal ini sangat merugikan. Penanganan kesalahan untuk sekitar 2000 calon mahasiswa saja sudah cukup sulit, jadi ada juga kemungkinan bahwa error ini diabaikan di UN.

Saya mengusulkan, supaya sistem UN lebih terbuka, para peserta sebaiknya bisa melihat jawaban ujian yang terbaca oleh komputer (mungkin hanya untuk peserta yang tidak lulus saja). Memang tidak mudah untuk mengimplementasikannya, tapi juga tidak terlalu sulit.

Kesimpulannya:
Pemeriksaan dengan LJK tidak akurat 100%, dan sistemnya perlu dibuat lebih terbuka. Tidak semua peserta UN pernah mengisi LJK dan kemungkinan kesalahan pengisian cukup tinggi.

Untuk masuk perguruan tinggi, LJK bisa cukup diandalkan (jika mengisi LJK saja tidak bisa, seharusnya memang tidak patut lulus UMPTN), namun untuk kelulusan SMU hal itu patut dipertanyakan.

Oh iya, peserta cerdas yang tidak lulus UN mungkin memang tidak mengisi LJK dengan benar, atau sedang sial mendapatkan LJK yang tidak terbaca komputer. Atau mungkin juga mereka tidak berprestasi baik hari itu.

Saya juga tidak tahu bagaimana UN menanganai kesalahan ID, bagaimana jika ada 2 peserta mengisikan ID yang sama (karena salah membulatkan)? (dan apa yang terjadi jika yang satu pintar dan yang lain tidak?). Apakah pembetulan akan dilakukan? ataukah keduanya jadi error? atau yang pintar akan dirugikan?

516 thoughts on “Mempertanyakan Pemeriksaan Lembar Jawaban Komputer UN”

  1. Bang Kalo Ane Tadi Di Hapus Yang Bulat Hitamnya,Trus Sobek Dikit Bagaimana Bang?
    #MohonJawabannyaBang

    1. Kak tdi sya ngisi ljun ada yg salh, lalu sya haps robek sedikit, itu bsa bi scan ap gk?

  2. saya lupa menulis “saya mengerjakan ujian dengan jujur” pada LJUN saya. Apakah akan berakibat fatal?

  3. Pak, tadi saya tidak membulatkan beberapa jawaban karna sudah bunyi bel , dan saya baru membualatkan secara asal beberapa saja ,apakah kolom yang saya lupa hitamkan itu berakibat fatal?

  4. bang misalnya nama hari pertama sama hari kedua beda gimana?contoh nama sayakan ” MOCHAMAD ARIES EKAPUTRO SUMARNA”hari pertama salah nyingkat saya singkat “M ARIES EKAPUTRO S” namanya terus hari kedua saya isi sama singkatan yang benar” MOCHAMAD ARIES E S” kira-kira keluar gak hasilnya? mohon jawabannya bang

    1. Mas, kemaren waktu UN saya gak nulis nama saya dan no peserta saya di soal gimana mas, ke scan gak mas

  5. Pak, kalau boleh tanya jika salah menuliskan tanggal ujiannya bisa berakibat fatak nggak?

  6. Kak kalo misal ada jawaban di ljun nya yg timbul bintil gitu apa iya tidak terscan? Tolong di jwb takut banget

  7. Kak kalo misal ada jawaban di ljun nya yg timbul bintil gitu apa iya tidak terscan? Tolong di jwb takut banget soalnya yg saya timbul satu baris gitu, apa nanti di anggap tidak ada jawabannya dan salah?

  8. tdi aku abis un b inggris nah kotak yg hitam kecil itu terkelupas jadi pudar tp tidak semua,lalu ada bekas pensil atau apalah yg ga bisa dibersihin pake pnghps ,itu gmna yaaa ka? Jawab dong kepikiran terus;((

  9. saya baru saja un bhs inggris,tadi sisi belakang ljk un saya sedikit kotor seperti coretan pensil tapi tidak bisa dihapus,trus apakah ljk un saya bisa dibaca scaner.Mohon bantuannya ;(

  10. saya tadi abis un bahasa inggris nah pas mau pisah soal dengan jawabaan kelewatan robeknyaa tapi ga kena kodenyaa, apaa masih bisa kebacaa? pliss jwab:)) makasihh

  11. KAK jika saya benar menulis tanggal lahir tapi membulatkannya salah, apakah akan berakibat fatal ?
    Apakah saya bisa lulus?

  12. Kakak saya tanggal ujian nya salah. Itu nggk inget bngett pas waktu UN. Nah sepulang skolah tmn ku ultah. Tuh d situ baru sadar kalo hari itu tanggl 11 bukan 12. Tapi saya ngisi d ljk tgl 12 . Itu patal nggk ya kak? Mohon d bales. Minta bantuan nya ya kak.

  13. kak, kemarin waktu UN matematika ljk saya kotor di belakangnya karena ada kotoran di belakangnya lalu saya hapus dng penghapus dan makin kotor
    bagaimana apakah masih bisa masuk scaner???

  14. Kk kalo kita salah menulis satu huruf misal’nya bukan misalnya sdh itu ”BOBI’ tapi yang sya pake huruf ”y”apkah bisa lulus itu…??

  15. Kk saya palah lupa saat ngisi tanggal lahir jadi tahunya salah
    itu berpengaruh gx yah
    toling di jwb….tKut gx kbaca

  16. Kak tolong jawab dong kan saya itu habis UN ipa tadi , terus itu banyak yang saya ganti , sudah di hapus tapi berwarna abu-abu buram , dan jawaban yang benarnya sudah hitam betul. Nah ini gimana kak apakah jawaban saya terbaca 2 ? Tolong jawab ya

  17. Kak tdi PGI sya UN IPA trus sya buat rumus di atas kertas untuk Corat coret trus kertasnya sya nggk sengaja tarutaruh di atas ljk trus timbul seperti tulisan2 gitu gimana nih kak trscan nggk ya

  18. kak aku kemarin habis un smp , pas un pel. bhs indonesia ljun nya harus dirobek/dipisah dari soal. nah ljun saya terkelupas bagian bawahnya, tapi tidak mengganggu barcode nya. saat saya tanya kpd pengawas, ktanya tidak apa apa, tapi sy masih ragu… apakah ini masalah yang besar? Apa ljun saya bisa di scan? Mohon dijawab, saya khawatir sekali. terimakasih

  19. kak mau nanya tadi saya UN untuk mapel IPA pas saya mau misahin LJUN saya meminta bantuan pengawas, lalu pengawasnya memisahkan tapi pakai gunting dan guntinganya itu enggak rapi sampai kelewat batas, apa itu masih bisa ter-scan tolong jawab kak, saya khawatir

  20. anak saya ragu apakah lembar ljk nya sudah diisi semua atau belum,bila ada ljk yang belum di jawab/belum dihitamkan/kosong ,apakah berpengaruh besar,karena kata temen2nya kalo ada yg belum diisi ,komputernya akan langsung eror dan nilai keseluruhan jadi “nol’,alias jadi salah semua jawabannya,tolong penjelasannya,thks

  21. Kak mau nanya ni…kemarin waktu UN IPA saya mengisi identitas nama peserta,saat saya ingin menghapus ternyata robek tetapi tidak bolong hanya saja huruf R pada kolom pembulatannya hilang karna robek itu,bagaimana kak? Apakah masih bisa di scan?

    Tolong dijawab ya kak soalnya kepikiran terus
    Terima kasih

  22. Saya mau tanya,kalo misal ada jawaban yg tidak terisi,apa bisa membuat fatal?apakah yang lain masih bisa terscan?mohon jawabanya kak. Trims.

  23. Assalamualaikum pak,
    Saya mau tanya, kemaren waktu saya ngerjain UN Ipa, kan di LJUN ada keda hitam” tuh dipinggir, nah saya nggak sengaja kecoret(tpi tipis) terus saya hapus sekiranya sampai bekas pensil saya hilang. Cuma tipis saya ngehapusnya. Kira” masih bisa ke scan gak ya pak? Saya takut klo gak ke scan, itu kan kode yg penting ya pak buat komputer bisa baca hasil UN saya..

    Mohon dibalas ya pak, saya akan senang jika bapak bisa membantu untuk menjawab ini:)

    Terima kasih

  24. Kak kalo ada soal yg blom di jawab gmna?bisa fatal gak?nilainya bisa kluar gak?
    Tolong di bles kak,mkasih.

  25. kak td aku pada saat UN lupangisi tgl bulan th. apakah bisa berakibat fatal? plisss bales kak . aku kawatir nih. dan apakah aku bisa lulus?

  26. kak saya pesrta UN SD kemarin saat saya ngisi LJK lupa ngisi tgl,bln,th. apakah itu bisa menyebabkan fatal. saya mohon kak bales secepetnya soalnya semalem gk bisa tidur.

  27. Wah ini mah ane yg paling sedih.LJK kena air liur,kena 4 jawaban,dan terakhir ketinggalan diambil sama pengawasnya. Semoga Tuhan memberkati kita semua

  28. +lupa tulis tanggal(ya ia lah tempat nya kecil gitu hampir ga keliatan) ini B I ya.kalo mate udH lancar

  29. Banyak doa ajalah,biar ljk kita bisa di baca alat scan dan lulus sekolah dengan hasil yang membanggakan

  30. Banyak doa ajalah,biar ljk kita bisa di baca alat scan dan lulus sekolah dengan hasil yang membanggakan.

  31. kak aku kemarin habis un smp , pas un pel. bhs indonesia ljun nya harus dirobek/dipisah dari soal. nah ljun saya terkelupas bagian bawahnya, tapi tidak mengganggu barcode nya. saat saya tanya kpd pengawas, ktanya tidak apa apa, tapi sy masih ragu… apakah ini masalah yang besar? Apa ljun saya bisa di scan? Mohon dijawab, saya khawatir sekali. terimakasih

  32. Kak saya mau tanya bagaimana kalau tanggal pelaksanaan ujian tdk diisi tolong di balas y kak…

  33. Kakak saat aku un ipa ljk aku sedikit robek tapi robek nya bukan di pengisian jawaban dan bukan di biodata tapi di tengah tengah dan saat aku menyilang belakang nya berjenis dan kurang hitam apakah bisa masuk komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *