Menyumbang untuk FSF

[FSF Associate Member]Sejak kenal Linux waktu masuk ITB, saya mulai seminimal mungkin menggunakan software bajakan dan mulai aktif di open source. Mulai dari menulis beberapa program open source (Symbian bible, CAV, dan beberapa program kecil lain), training Linux di ITB, sampai beberapa kali ikut simposium open source (di Singapore, Vietnam, Taipei, dan Indonesia). Setelah bertahun-tahun menikmati software gratis yang kebanyakan dibuat oleh FSF (Free Software Foundation), saya merasa seharusnya ikut menyumbang dengan jadi member FSF. Sumbangan saya juga nggak banyak, cuma $10/bulan.

Sabagai informasi FSF ini adalah organisasi untuk proyek GNU. Kalau Anda memakai Linux, maka sebagian besar softwarenya merupakan karya GNU project. FSF juga yang menerbitkan lisensi GNU yang dipakai oleh puluhan ribu (dan mungkin ratusan ribu) software di Internet. Jika Anda memakai Mac OS X, maka ada cukup banyak aplikasi GNU yang disertakan dalam paket OS X.

Sebelum memutuskan untuk menyumbang, tadinya rasanya berat banget: wah 100 rb/bulan. Tapi kalo dipikir lagi: 100 ribu itu tidak terlalu banyak, mengingat kebanyakan orang sekarang menghabiskan lebih dari 100 rb untuk pulsa per bulan. Kalau dibandingkan dengan harga lisensi Windows XP dan Vista, harganya Windows berkali lipat dari sumbangan itu (dan harus dibayar di muka). Dengan uang 10 usd/bulan kira-kira dibutuhkan setahun untuk mendapatkan XP Home Edition, dan sekitar 2 tahun lagi untuk mendapatkan Office student edition. Oh iya, bagi student/mahasiswa, Anda juga bisa menyumbang hanya $5/bulan, alias kurang dari 50 rb rupiah.

Jadi untuk Anda yang bilang: wah beli software mahal, kalo murah sih saya mau beli. Nah sekarang Anda bisa menyumbang FSF untuk mewujudkan perkataan Anda itu. FSF memberikan software gratis, dan kita bisa membantu pekerjaan mereka dengan sedikit menyumbang. Bukankah sama saja: kalo Anda beli software itu sama dengan menyumbang penciptanya? (dan marketing, dan biaya lisensi, tapi intinya adalah ke pencipta software)

Sebagai tanda terima kasih atas sumbangan Anda, mereka akan memberikan CD GNU/linux bootable, dan satu hadiah (boleh memilih: buku Free Software Free Society atau USB Disk 256 mb dengan beberapa aplikasi GNU di dalamnya). Anda bisa mendapatkan email forwarding [email protected] dan Anda juga bisa “pamer” diri menampilkan ikon seperti yang ada di posting ini.

Saat ini FSF sedang berusaha merekrut 500 member baru. Ayo bergabung dan menyumbang mereka. Bukankah lebih baik memberi daripada sekedar selalu menerima?

1 thought on “Menyumbang untuk FSF”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *