Biaya Bungkus Ulang Pos Indonesia

Ini bukan berita baru, semua orang yang pernah nerima kiriman dari luar negeri di Indonesia pernah mengalaminya. Tapi rasanya agak semakin mengesalkan belakangan ini.

Ceritanya dari Chiang Mai sini, kirim paket ke Indonesia itu cukup murah dibandingkan sebaliknya. Kirim square charity ke Amerika aja cuma 2 USD gitu loh, ke Indonesia paling mahal pernah kirim square rajutan cuma sekitar 30 rebu rupiah. Mungkin ongkos kirim antara pulau aja di Indonesia kadang-kadang lebih dari itu. Rata-rata sekali ngirim ke Indonesia itu hanya menghabiskan 15 ribu kalau di kurs. Tapi yang jadi mengesalkan adalah, penerima selalu bayar biaya bungkus ulang sebesar 7 rebu rupiah. Padahal uang segitu udah bisa beli benang segulung 🙁 .

 

Yang paling mengesalkan kejadian terakhir. Dari Chiang Mai, kalau kita mengirim sebagai paket kecil, mereka akan memudahkan kantor pos tujuan bisa membuka bungkusan. Jadi ngirim dari sini dalam kotak kecil yang ga lebih gede dari ukuran buku, terus hanya diikat tali sejenis tali kasur gitu. Di bagian luar sudah disebutkan apa isinya, dan disebutkan juga kalau itu untuk amal. Tapi ga tau juga ya peraturan pastinya seperti apa, itu kotak kecil pake acara di lakban terus dibungkus plastik dan disuruhlah penerima bayar 7 rebu. Emang siapa yang mau ambil rajutan yang belum jadi yah? kalau dari Thailand ke Indonesia aja masih utuh, masak dari kantor pos Indonesia ke alamat penerima bisa hilang sih barangnya?

Anehnya lagi, sama-sama di kota Bandung, dan sama-sama terima paket dari luar negeri, tapi yang satu ga disuruh bayar, yang satu disuruh bayar. Jadi bingung dengan aturan sebenarnya seperti apa. Tapi jadi pengen bereksperimen, lain kali kirim square rajutannya ke alamat yang gak bayar. Kalau emang dia ga kena bayar, berarti ada apa apa dengan petugas pos Indonesia di daerah satunya lagi.

Duh sebenernya ga mau nuduh, tapi ada yang bisa kasih penjelasan dimana aturan kapan benda itu dibungkus ulang dan kapan ga dibungkus ulang?

Perasaan kalau terima pos di Thailand, udah pernah terima Indomie sedus beberapa kali dan buku dari Amazon pake dus cukup besar ga pernah disuruh bayar tuh, cuma terima benang sedus ekstra besar doang dipajakin, itu juga karena barangnya emang kena pajak, ga ada tuh biaya bungkus ulang. Kalau paket-paket kecil baik itu barang elektronik ataupun pernik kecil mah aman aja, dibuka juga kagak sama kantor pos nya.

1 thought on “Biaya Bungkus Ulang Pos Indonesia”

  1. Jangan pakai Pos Indonesia, kecuali kalau itu satu-satunya 🙂

    – aku pengguna pos yang kehilangan surat kilat khusus+berharga sekali dan tidak ketemu sampai sekarang, dimana tanggung jawab pos indonesia, alasan ditelusuri-ditelusuri tapi nggak ketemu, sudah salah ngasih ke alamat yang salah, barang hilang nggak tanggung jawab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *