Harry Potter and the Deathly Hallows

Buku Harry Potter 7 akan release besok Sabtu serentak di seluruh dunia. Sebelumnya, pengamanan untuk distribusi buku ini mulai dari pencetakan sangat ketat. Tapi… yang namanya seketat apapun pengamanan, pasti ada celah security. Seminggu yang lalu, sudah banyak orang yang bisa mendapatkan edisi foto dari setiap lembar buku itu dan bahkan hari ini, edisi teks secara lengkap sudah dapat diperoleh. Beberapa orang bilang : ah itu palsu, tapi beberapa orang yang tidak sabar ingin mengetahui akhir dari cerita petualangan Harry dan sahabatnya, membaca dengan bersusah payah.

Saya bukan fans berat Harry Potter, saya belum pernah membeli buku Harry Potter sejak edisi pertama, tapi ya saya membacanya. Saya tidak membacanya di hari pertama buku itu cetak, dan saya tidak berniat untuk melakukan pre-order terhadap buku itu. Beberapa orang fans berat Harry Potter yang saya kenal sudah tak sabar ingin segera membacanya, dan beberapa orang tak sabar mendapatkan edisi bajakannya (e-book tidak resmi). Yang jadi pertanyaan saya adalah: kira-kira, dengan bocornya buku Harry Potter sebelum hari H nya, apa yang mungkin terjadi dengan edisi buku aslinya? Apakah buku itu akan menjadi tidak laku? atau malah semakin laku?

Menurut saya pribadi, orang yang memang fans berat Harry Potter, pasti akan tetap membeli buku itu (walaupun mungkin sebagian besar tidak sabar untuk membacanya dari file gambar yang beberapa halamannya sangat tidak nyaman untuk dibaca. Bahkan ada kemungkinan, orang yang tadinya tidak berniat membeli buku itu, setelah membaca buku edisi foto merasa harus memiliki untuk mengulang membacanya. Pertanyaan lain adalah: apakah ada orang yang awalnya tidak tertarik preorder buku itu, akan bersusah payah membaca buku edisi foto ? bisa jadi, dan tidak tertutup kemungkinan, orang itu pada hari sabtu akan pergi ke toko buku untuk membeli buku aslinya (walaupun mungkin saja, dia sudah selesai membaca buku edisi foto).

Saya rasa, keinginan untuk membaca buku itu sebelum buku itu terbit, hanya sekedar ingin lebih dulu tau, siapa yang mati dalam edisi kali ini, dan apakah Lord Voldemort akan berhasil dikalahkan oleh Harry? dan dengan cara bagaimana? Well…saya sudah tau sebagian cerita, tapi tidak ingin menjadi orang yang merusak kebahagiaan orang lain yang ingin menemukan hal itu sendiri. Buat saya, walaupun saya sudah tau bagaimana endingnya, saya tetap akan membeli buku itu (karena itu adalah buku terakhir dari Harry Potter). Dan akan menikmati waktu luang saya dengan membaca buku itu (tidak ada alasan buat terburu-buru toh saya sudah tau ceritanya). Mungkin akan ada yang protes dan berpikir: kalau sudah tau endingnya, buat apa lagi membaca? wah… belum tau ya, kalau setiap orang itu menikmati sesuatu dengan cara berbeda. Saya menikmati membaca di buku asli tanpa terburu-buru dan saya menikmati jalan cerita yang dipaparkan. Saya menikmati bagaimana cara pengarang merangkai peristiwa untuk sampai ke suatu ending. Ah jadi ingat, bukan bagaimana cerita itu berakhir yang penting, tapi proses keseluruhan hingga sampai ke akhir cerita juga penting.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.