Pemeriksa Ejaan Bahasa Indonesia untuk Firefox

Update 29 Maret 2008: Romy Hardiyanto telah membuat versi yang lebih baik dan dapat didownload di http://addons.mozilla.org

Saya sudah mencari addon Firefox untuk memeriksa ejaan bahasa Indonesia, agar ketika menulis  ejaannya tidak ngawur, tapi ternyata saya tidak menemukannya. Jadi akhirnya saya putuskan untuk membungkus sendiri kamus ejaan bahasa Indonesia yang ditujukan untuk OpenOffice agar dapat diinstall sebagai kamus ejaan di Firefox. Hanya dibutuhkan waktu beberapa menit untuk membungkus kamus menjadi format xpi. Setelah itu saya sudah bisa memeriksa ejaan dalam bahasa Indonesia.

Anda dapat mendownload/menginstall kamus yang telah saya buat dengan mengklik link ini.

spell.png
spell2.png

Setelah menginstall, Anda perlu merestart Firefox (bukan Windows, hanya Firefoxnya yang perlu dimatikan), lalu memilih bahasa karena defaultnya adalah bahasa Inggris. Cara memilih bahasa adalah dengan mencari textfield di sebuah halaman web, mengklik kanan pada textfield itu, memilih spell check this field, lalu pilih languages, dan pilihlah id_ID. Setelah itu Firefox akan selalu memakai kamus yang sudah Anda pilih sampai Anda menggantinya.

Nah sekarang Anda bisa memakai addon ini untuk memeriksa ejaan sebelum mengirim email ke dosen atau bos. Anda bisa mengklik pada dua screenshot yang ada, yang satu adalah menu untuk memilih bahasa, dan yang kedua adalah contoh pemeriksaan ejaan yang dilakukan Firefox.

3 thoughts on “Pemeriksa Ejaan Bahasa Indonesia untuk Firefox”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.