Mengurangi tracking online

Pernahkah Anda memperhatikan kalau setelah browsing mengenai sebuah hal secara online, tiba-tiba banyak dapat iklan itu di mana-mana. Misalnya ketika saya mencari informasi mengenai case handphone yang ideal, tidak lama kemdian muncul iklannya di Facebook. Ada banyak cara yang dilakukan berbagai situs untuk tracking user, misalnya:

  • jika kita login dengan Google/Facebook maka Google/FB bisa mentrack kita
  • Jika di sebuah halaman ada tombol Like Facebook, maka Facebook juga akan tahu jika kita melike sesuatu
  • Jika sebuah halaman memiliki iklan dari Google, halaman itu juga bisa mentrack kita

Ada beberapa cara yang saya lakukan saat ini untuk mengurangi tracking dari Google dan Facebook: dengan Ad Blocker, dengan Search Engine alternatif, dengan Multi Profile, Multi Container, dan memakai email terpisah untuk berbagai login.

uBlock Origin, AdBlocker yang saya gunakan sekarang

Ada beberapa adblocker yang saya pakai: di browser saya memakai uBlock Origin, di router saya memakai dnsmasq untuk memblokir iklan, dan di handphone (yang sudah diroot) saya memakai AdAway. Sebenarnya jika kita di dalam rumah, fungsi ad blocker di router dan di HP redundan, tapi ketika di luar rumah memakai 4G, AdAway berguna untuk mengurangi iklan.

Ad blocker akan memblokir iklan dari berbagai situs, termasuk Google, jadi kemampuan Google untuk mentrack kita jadi lebih kecil. Tentunya Google tetap tahu apa hal-hal yang kita cari dengan Search Engine Google, jadi sekarang saya juga sering mencari dengan search engine alternatif: Duck Duck Go. Di Android saya pasang dua search Widget: Google dan DuckDuckGo, dan dalam banyak kasus hasil pencarian DuckDuckGo ini sudah cukup baik.

Saya juga memiliki multi profile di Chrome (ada di menu Manage People) . Dengan ini saya bisa memisahkan login yang berhubungan dengan pekerjaan dan pribadi. Di FireFox ada fitur yang lebih bagus: multi account container. Dengan cara ini kita bisa memiliki banyak account di window Firefox yang sama (di tab yang berbeda).

Firefox Multi-Account Container

Saat ini saya punya domain sendiri yang memakai layanan dari Gandi, jadi terpisah dari Google atau provider lain. Dengan Gandi saya bisa mengeset alias untuk account, misalnya: account-*@tinyhack.com dengan * adalah nama situs. Semua email itu akan masuk ke mailbox utama. Jika ada situs yang bocor dan email/passwordnya tersebar, maka saya bisa memfilter khusus agar email itu masuk spam. Dulu kita bisa memakai fitur + di Gmail, seperti ini: [email protected], tapi sekarang spammer sudah mengerti trik ini dan menghapus semua di belakang +suffix.

Demikian trik saya untuk mengurangi tracking dari Google dan Facebook. Memang tidak 100% efektif karena Google tahu apa yang kita cari, dan Facebook juga tetap akan mentrack hal-hal yang kita like di dalam aplikasi Facebook itu sendiri. Kadang ada beberapa tracking yang sengaja saya harapkan, misalnya ketika belanja di eBay, saya berharap ada iklan yang berhubungan di AliExpress yang harapannya lebih murah harganya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.