Pentingnya sebuah gelar

Sebuah gelar Sarjana, Master atau PhD kadang tidak penting sama sekali. Kadang seorang pengusaha bisa sukses tanpa gelar sama sekali. Kadang gelar yang susah payah diraih sama sekali tidak terpakai. Kalau gitu apakah perlu meneruskan kuliah? Ini sekedar bahan renungan buat mereka yang ragu atau capek meneruskan kuliah.

Saya dan istri saya beruntung bisa menyelesaikan gelar sampai Master dengan cepat dan lancar, tapi banyak juga yang sulit sekali perjuangannya. Mulai dari masalah dana, masalah sulitnya mengikuti materi kuliah, dan bahkan sebagian harus bersusah payah mengatur waktu bekerja dan waktu untuk keluarga.

Jika Anda yakin 100% dengan jalan hidup Anda dan yakin tidak akan menyesal di masa depan, silakan berhenti kuliah. Tapi jika belum yakin, maka teruskanlah. Sebuah gelar artinya bisa sangat penting di masa depan. Contohnya: mungkin Anda punya kemampuan bagus sekali dan ingin bekerja di luar negeri, tapi tidak bisa mendapatkan visa ke negara tertentu karena tidak punya gelar Sarjana.

Untuk meyakinkan diri meneruskan kuliah, lihat juga berbagai statistik yang ada. Di berbagai kisah inspiratif, banyak orang kaya yang tidak kuliah, tapi jika dilihat lebih jelas lagi: kebanyakan yang tidak kuliah nasibnya kurang bagus dibanding yang kuliah.

Kuliah dan gelar memang bukan jaminan, tapi menurut saya ini bagian dari sebuah usaha. Tidak semua usaha membuahkan hasil, tapi bukan berarti yang dilakukan itu sia-sia.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.