Bug Insecure Direct Object References (IDOR)

Bug Insecure Direct Object References (IDOR) ini merupakan bug yang sangat sederhana, sangat umum dan biasanya sangat berbahaya. Intinya pengguna aplikasi bisa mengubah input sedemikian hingga bisa mengakses objek/data yang bukan miliknya.

Bug paling sederhana adalah jika ada URL seperti ini:

http://example.com/edit.php?produk=1

Jika kita ganti produk menjadi 2 (atau nilai lain) dan keluar detail produk yang seharusnya bukan milik kita, itu namanya IDOR. Sering kali bug IDOR tidak bisa dieksploitasi dengan sederhana seperti itu. Biasanya untuk mengeksploitasi bug semacam ini kita akan memanfaatkan intercepting proxy seperti burp suit atau zaproxy (pernah saya bahas di sini).

Kadang kala ketika berusaha mengedit suatu data, kita tidak bisa memakai IDOR, tapi ketika kita menekan tombol “UPDATE” dan datanya di POST ke server, ternyata kita bisa mengedit id produknya. Jadi dalam kasus ini kita bisa menimpa/update produk lain walaupun tidak bisa melihat hasilnya.

Dalam aplikasi mobile, IDOR ini juga banyak ditemui, tapi secara umum lebih sulit dieksploitasi. Pertama kita perlu mensetup proxy, lalu jika aplikasinya melakukan SSL pinning maka perlu dibypass, dan kadang kala di atas itu masih ada enkripsi custom.

IDOR yang tipenya sangat berbahaya adalah dalam aplikasi yang melibatkan uang. Sering kali saya temu kasus di mana kita bisa mengganti id pengirim transaksi sehingga bisa memindahkan uang dari satu account ke yang lain. Kebanyakan kasus ini terjadi pada aplikasi mobile yang mengakses API dari web dan dienkripsi dengan sangat ribet. Proteksi di sisi client sering kali lebih dipentingkan daripada sisi server.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.