Ketika Beberapa Artikel Blog Disalin Situs Lain

Hari ini, baru saja nih kejadiannya, saya merasa sungguh tak berdaya, ketika tulisan demi tulisan yang ada di situs Drakor Class, berpindah ke situs lain yang isinya merupakan salinan dari situs-situs lain juga.

Situs yang menyalin itu isinya berbagai berita termasuk olahraga, berita artis selain berita drama. Jadi memang, bukan cuma drakorclass saja yang dia salin, tapi banyak.

Situs tersebut memberikan link sumber ke tulisan aslinya, tapi apa artinya kalau tulisan utuh disalin ke situsnya dari tulisan terbaru dan mundur satu demi satu? Bisa-bisa, seluruh situs kami isinya disedot pindah ke situs dia tanpa usaha apa-apa.

Dimodifikasi seolah-olah tulisan mereka

Awalnya saya pikir, situs tersebut menyalin manual. Beberapa gambar tidak tersalin ke situs mereka, beberapa kata yang disumber aslinya ada link ke tulisan lain juga tidak semua aktif linknya.

Kesimpulannya mereka mengubahnya cukup niat, karena saya dapati ada beberapa kata yang diganti seperti mengganti dengan find dan replace.

Misalnya saja pada tulisan ini, semua kata saya diganti jadi aku. Di tulisan lain, kata saya diganti menjadi abdi dan kamu jadi ente.

Bagaimana mengetahui tulisan kita disalin?

Sebenarnya, kejadian hari ini bisa tidak ketahuan kalau orangnya memang tidak memberi link ke sumber tulisan.

Jadi awalnya, saya menerima 2 ping back dari 2 tulisan pertama yang disalin. Saat saya masih mikir-mikir apa yang harus dilakuan dan mendiskusikannya dengan teman-teman lain yang menjadi kontributor di drakorclass, ternyata tulisan yang disalin bertambah banyak.

setidaknya ada 7 artikel yang sudah disalin

Jadi kalau awalnya sepertinya dikerjakan manual, beberapa tulisan berikutnya seperti dikerjakan dengan kode program. Dalam 2 menit, dia bisa memindahkan 2 artikel dari situs drakorclass.

Setiap artikel yang disalin, diberikan link sumber, makanya saya selalu mendapat notifikasi tulisan apa saja yang disalin. Dia menyalin mulai dari tulisan terbaru, dan bergerak mundur ke tulisan-tulisan sebelumnya.

Kalau saya tidak melakukan sesuatu, jangan-jangan besok semua tulisan udah terduplikasi ke situs dia juga.

Apa yang harus dilakukan kalau situs kita disalin utuh?

Nangis di pojokan!!!! Hehehe.. nggak bikin solusi ya.

Sebenarnya, tidak ada jaminan dari apa yang saya lakukan akan membuat pihak penyalin menghentikan apapun yang dia lakukan.

Misalnya saya bisa mencari tahu siapa pemilik situs tersebut, kalau saja orangnya bersikeras untuk tetap memajang salinan tulisan kami, saya tidak bisa berbuat apa-apa.

Apakah saya harus meminta Nam Do San buat ngehack situs orang tersebut? wkwkkww…

Mengontak pemilik situs yang menyalin situs kita

Saya marah, tapi masih berharap orangnya bisa diajak bicara baik-baik. Karena, bisa saja dia tidak memberikan link sumber, tapi dia masih berikan link sumber artinya seperti memberi tahu kalau dia menyalin tulisan kami.

Saya mencari kontaknya, tapi tidak menemukannya. Akhirnya, saya meninggalkan komentar di tulisan yang dia salin dari situs Drakor Class, meminta dia untuk menghapus tulisan yang dia ambil dari situs kami karena merasa tidak memberi ijin untuk dia menduplikasi.

Apalagi, dia menduplikasi sambil memodifikasi seolah-olah itu tulisan mereka. Itu mah sama saja bukan memberikan kredit, tapi nanti belakangan jangan-jangan tulisan drakorclass yang dianggap menyalin situs dia.

Komentar yang saya tinggalkan dimoderasi. Tapi saya perhatikan, orangnya sedang aktif karena situsnya masih bertambah artikel-artikel baru dari situs drakorclass.

Lalu… karena tidak terlihat tanda-tanda orangnya akan berhenti menyalin, saya melakukan tindakan yang akan selalu saya serukan ketika menonton film-film yang berkaitan dengan komputer.

Matikan servernya!

Mungkin ini agak ekstrem ya. Tapi, karena saya berasumsi orang tersebut sedang menyalin mundur dari situs drakorclass, maka untuk menghentikannya adalah menutup akses ke sumber.

Karena tidak ada cara menutup akses ke orang tertentu, maka yang dilakukan adalah matikan saja akses ke drakorclass nya.

Untungnya situs drakorclass itu dihostingnya di server yang dikelola Joe. Jadi saya bisa minta tolong langsung ke Joe buat mematikan servernya.

Awalnya Joe masih agak skeptis dan bilang, nanti kalau situsnya dinyalakan, orangnya bisa melanjutkan kegiatannya menyalin lagi. Tapi, ya namanya juga usaha, mendingan diinterupsi kegiatan copy paste daripada tidak melakukan apa-apa.

Situs tersebut menghapus tulisan yang disalin

Akhir yang bahagia?

Setelah situsnya dimatikan, orangnya sepertinya membaca komentar saya dan akhirnya menghapus semua tulisan yang sudah dia salin dari drakorclass. Tapi komentar saya tidak dibalas.

Masih ada perasaan khawatir apakah dia akan melanjutkan menyalin tulisan di hari lain, dan masih tidak mengerti juga niat orang yang bikin situs dengan cara menyalin situs orang lain itu buat apa.

Setidaknya sekarang masalah selesai, tapi masalah tulisan disalin tanpa ijin ini memang masalah terbesar dunia bloger. Yang bikin sedih adalah, ketika kumpulan tulisan yang kami tulis dengan sepenuh hati, dengan mudah dia salin begitu saja.

Selanjutnya bagaimana?

Sekarang ini, Joe mengaktifkan pengaman tambahan di server drakorclass. Akibatnya aksesnya akan terasa lambat di awal karena setiap orang yang mengakses situs itu akan dicek terlebih dahulu.

Tapi, saya sih memilih akses diperlambat di awal daripada isi tulisan berpindah ke situs lain.

Usaha menyalin situs seperti ini sebenarnya masuk kategori pembajakan juga. Pembajakan tulisan tepatnya.

Berharap semoga pemilik situs yang menyalin situs lain itu menemukan passionnya menulis sendiri dan mengisi situsnya dengan karya asli dan bukan dengan cara menyalin situs orang secara utuh.

Buat kamu, iya kamu yang siapa tahu menemukan tulisan ini dan tipe orang yang menyalin tulisan utuh dari situs orang lain. Apapun alasan kamu melakukannya, saya berharap semoga kamu bisa menulis sendiri ya, jadi tidak menyalin dari situs orang lain.

Biar kamu tahu juga kalau menulis sebuah artikel blog itu walau tidak sesulit jadi wartawan di media ternama, tetap saja butuh usaha, keringat dan waktu untuk mengerjakannya.

Hayuklah, kita belajar untuk menghargai tulisan karya orang lain, walaupun itu hanya tulisan di blog, atau status media sosial sekalipun.

2 thoughts on “Ketika Beberapa Artikel Blog Disalin Situs Lain”

  1. woww di copas kak? semoga g terulang lagi, makasih buat kak Joe yang bantuin
    Thx kak risna juga, ah sebel ya kak di bajak gini

  2. *saya sempat ke Google sebentar untuk tahu siapa Nam Do San ehehe.

    Aduhh, apa ya yang ada di pikiran orang tersebut, seenaknya meng-copy paste buah karya pikiran orang lain.
    Semoga dia bisa menyadari bahwa perbuatannya sangat merugikan.
    Sepertinya niy orang juga salah mendefinisikan ‘KEMERDEKAAN’, dikiranya ‘merdeka membajak’ sejalan dengan ‘merdeka berkarya’ kali ya. Owalaah.

    Tetap semangat ya Risna, syukurlah sudah ada solusi temporary-nya, melalui bantuan Pak Suami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.