Paskah (lagi)

Mestinya ini diposting kemarin, tapi karena terlalu capek dan ketiduran, baru jadi diposting hari ini.

Kemarin adalah hari paskah, dan aku mau cerita, apa sih paskah itu, karena banyak temen dari agama lain yang bertanya: apa sih paskah itu?, terus kalo hari ini paskah, Jumat lalu namanya apa?

Umat Kristen percaya, bahwa sebaik apapun kita, kita gak akan terbebas dari dosa, dan bahwa segala amal kita gak akan bisa menghapus dosa kita (apakah orang akan bisa hidup lagi jika kita bunuh dia, lalu kita berbuat amal baik sebanyak-banyaknya?) Sedangkan Tuhan itu sempurna, dan mengharapkan kita untuk menjadi sempurna untuk masuk surga-Nya.

Karena setiap orang berdosa, dan tidak mungkin bisa jadi sempurna maka seorang Juruselamat diperlukan. Orang Kristen percaya bahwa yang dapat menebus segala dosa kita adalah Allah sendiri yang turun menjadi manusia.

Allah mengorbankan diri-Nya dalam diri Yesus di kayu salib untuk menebus setiap manusia yang percaya kepadaNya. Dia mati pada suatu hari jumat, yang kini diperingati sebagai Jumat Agung. Dan Yesus bangkit kembali pada hari yang ketiga, sesuai nubuat para nabi. Hari kebangkitan itulah yang kini diperingati sebagai hari paskah.

Hari Paskah ini adalah hari terpenting bagi umat Kristen. Karena semua orang dari semua agama mengakui bahwa tukang kayu yang bernama Yesus itu pernah ada di awal abad masehi, namun yang membedakan umat Kristen dari agama lain adalah bahwa kami percaya bahwa Dia adalah Allah, Dia mati, dikuburkan, dan bangkit pada hari yang ketiga untuk menebus dosa manusia.

Lalu apa yang dilakukan umat Kristen di hari Jumat Agung dan Paskah? Kami ikut kebaktian, dan mengikuti Perjamuan Kudus.

Apa sih perjamuan Kudus itu? Sebelum disalib, Yesus mengadakan perjamuan dengan murid-murid-Nya (masih ingat lukisan perjamuan terakhir kan?). Inilah deskripsi perjamuan kudus yang tercantum dalam Alkitab dalam 1 Korintus 11:23-26:

Sebab apa yang telah kuteruskan kepadamu, telah aku terima dari Tuhan, yaitu bahwa Tuhan Yesus, pada malam waktu Ia diserahkan, mengambil roti dan sesudah itu Ia mengucap syukur atasnya; Ia memecah-mecahkannya dan berkata: “Inilah tubuh-Ku, yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku!”. Demikian juga Ia mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: “Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku; perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, menjadi peringatan akan Aku!”. Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang.

Semoga info ini cukup berguna buat yang pengen tau Paskah itu apa. Mengenai telur paskah, dan kelinci paskah, itu semua hanya berawal dari tradisi.

Buat yang pengen tahu lebih lanjut, kalian bisa baca
How Easter works
, di sana ada penjelasan lebih banyak mengenai tradisi Paskah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *