Membandingkan Operator CDMA

Ini adalah perbandingan subjektif dari hasil mencoba semua operator CDMA (kecuali Star One, belum ada di bandung, belum sempat nyoba di Jakarta)

Flexi
Murah (aku pake yang Pasca), tapi kalo di dalem rumah signalnya kurang kuat, terutama di daerah cisitu dan dago (kalo di luar rumah sih bagus), tapi tergantung rumahnya juga sih. Di berbagai tempat yang dikunjungi (yang kamarnya agak tersembunyi di dalam, yang gak dapet sinar matahari), signal flexi biasanya lebih jelek dari Esia maupun Fren.

Koneksi data juga lumayan cepet, apalagi ada opsi make telkomnet instan, jadi bisa download-download file gede.

Fren
Satu-satunya CDMA yang bisa dibawa ke luar kota, bahkan di kampungku yang gak dapet signal telkomsel, Fren dapet lho. Tarifnya murah kalo sesama Fren, (flat rate se-Indonesia, tapi Indonesia-nya cuma pulau Jawa :P). Aku baru nyoba yang Pra bayar, abonemen Pasca-nya mahal sih.

Buat koneksi data cepet, apalagi ada opsi buat memakai VPN dari 10 ISP (yang tarifnya cuma 3rupiah/kb).

Esia
Esia ini baru dicoba, tapi ternyata sangat memuaskan. Signalnya bagus, tarifnya sangat murah (apalagi sesama esia). Dan kemarin mbak Risna beli pake ngerumpi (yang dijual terpisah dari HP Nokia paket dengan harga 75 ribu di BEC, termasuk mahal, ada yang jual antara 35 ribu [ini yang dah abis] sampai 125 ribu). Paket ngerumpi ini gratis telepon lokal (dan ke sesama Esia termasuk esia jakarta) selama sebulan, dan gratis SMSan ke mana aja sebulan.

Sayang Esia belum bisa data.

3 thoughts on “Membandingkan Operator CDMA”

  1. waahb hobby banget yaa nyoba2 kartu. gue juga keimbas nih semenjak matrix nggak flat lagi. mahal bo’ kalo buat browsing, pake cdma males ganti2 pesawat…

  2. wah Yo.. kamu masih punya kebiasaan itu toh..
    disini teknologi begituan berhenti euy.. hahaha ndak seleluasa di Indonesia..
    HPnya aja pada butut-butut

    I miss BEC hwaaa

  3. ide lo hebat juga. di jaman sekarang segala teknologi ditawarkan, nah sebagai generasi “jempol” (generasi yang suka sms-an tapi cari yang murah dan bisa banyak sms-an) kita kudu tau tuch operator mana yang dapat memberikan kelebihan jasa maksud gue kelebihan diskon gt lho……… BTW klo gw lebih prefer memakai GSM karena kualitas terjamin trs kagak usah ganti-ganti kartu lagi klo mo prg kemana2 apalg skrg operator gsm Xl udah make teknologi 3G. wah……..seru tuch!!!! nyoba ach………………tp kudu nyari sponsor nich buat ngemodalin gw. siapa ya??????????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *