Setting Internet Menggunakan HP CDMA Nokia 6585 (CDMA) di Windows XP

Nokia 6585 merupakan handphone CDMA dual band yang bisa untuk kartu ruim Fren Mobile 8 maupun untuk ruim Flexi. HP Nokia 6585 juga sudah memiliki infrared yang dapat digunakan sebagai konektivitas dengan Komputer (Laptop ataupun PC yang memiliki infrared). Tulisan ini tidak membahas penggunaan kabel data sebagai konektivitas tapi hanya menjelaskan cara mensetting Komputer yang memiliki Infrared untuk dikoneksikan melalui handphone Nokia 6585 agar dapat online Internet dengan kartu Flexi ataupun Fren. Sebagai informasi tarif internet Flexi dan Fren sama yaitu Rp5/kb data.

Sebelum Anda membaca lebih lanjut ada baiknya saya memberi peringatan untuk pembaca yang browsing volume based bahwa postingan ini mempunyai gambar-gambar yang cukup banyak dan cukup besar. Nonaktifkan pilihan menampilkan image jika Anda tidak membutuhkan hasil screen capture.

Langkah 1 : Instal Modem Nokia 6585 di Komputer

  1. Aktifkan infrared Nokia 6585 dan arahkan ke infrared yang ada di komputer. Ingat selama penggunaan infrared handphone dan komputer harus selalu berhadapan dan jangan pernah memindahkan handphone Anda kalau tidak ingin koneksi internet terputus.
  2. Untuk pertama kali nokia 6585 Anda harus diinstal terlebih dahulu, gunakan wizard yang disediakan oleh Windows XP, pilih Install the software automatically yang direkomendasikan. Langkah ini hanya akan perlu dilakukan sekali ini saja(untuk komputer yang memakai usb infrared, langkah ini akan diminta lagi jika port usb yang digunakan berpindah-pindah). Ikuti wizard dengan memilih Next sampai klik finish (lihat gambar)

Langkah 2: Setting Modem over IR

  1. Dari Control Panel, pilih Phone and Modem Options. Pilih tab Modems.
    .
  2. Pilih Standard Modem over IR yang attached to port COM tertentu, jangan pilih modem yang Not present. Nomor dibelakang nama standard modem ini disebabkan ada lebih dari satu kali langkah instalasi modem dilakukan. Untuk contoh pada gambar Standard Modem yang tersedia adalah yang ada pada COM16. Pilih menu Properties (jika Anda memilih modem yang Not Present maka menu properties ini tidak aktif dan tidak akan bisa dipilih).Berikutnya dari properties modem pilih tab Advanced, isikan string pada Extra initialization commands seperti pada gambar
    +crm=1;+cso=33

    Klik Ok.Maka berikutnya Nokia 6585 sudah siap digunakan sebagai modem.

Langkah 3a : Setting Dial Up Networking untuk Flexi

  1. Dari Control Panel pilih Network Connections
  2. Pilih Wizard New Connection Wizard, pilih Next
  3. Pilih Jenis Koneksi: Connect to the Internet, lalu pilih Next
  4. Pilih Cara Koneksi: Set up my connection manually, lalu pilih Next
  5. Pilih Koneksi Internet: Connect Using a dial-up modem, lalu pilih Next
  6. Isi ISP Name sesuai dengan yang Anda inginkan, sebagai contoh isikan telkomflexi, lalu pilih Next
  7. Masukkan nomor dial tekom flexi yaitu: #777, lalu pilih Next
  8. Masukkan username: telkomnet@flexi, password dan confirm password: telkom, lalu pilih Next

  9. Selanjutnya untuk setiap akan melakukan koneksi ke Internet Anda akan mendapat layar seperti ini

    setelah ini masih Ada satu langkah untuk memastikan Anda menggunakan modem yang tepat, pilih Properties
  10. Dari telkomnet properties pada tab General pilihlah connect using Modem-Standard Modem over IR link sesuai dengan yang tadi Anda install. Pastikan koneksi infrared Anda masih aktif ke komputer, jika infrared handphone sudah tidak aktif lagi maka pilihan modem tersebut tidak akan tampil.

    Setelah memilih modem yang tepat sesuai dengan modem yang telah Anda set extra initialization commands pada langkah sebelumnya, klik Ok.

Langkah 3b: Setting Dial Up Networking untuk Fren

Langkah untuk setting Fren hampir sama dengan langkah 3a, bedanya adalah pada langkah 8, pengisian username: m8 dan password: m8 Sedangkan untuk nomor dialnya sama dengan telkom flexi yaitu #777


Menstabilkan Infrared di Windows XP

Beberapa koneksi infared di Windows XP tidak stabil, seperti kasus yang saya alami dengan usb irda Okion yang menggunakan chip Sigmatel, berikut ini cara untuk menstabilkan koneksi irda:

  1. Aktifkan USB Irda Anda
  2. Masuk ke System Properties (Tekan Tombol Windows+ Pause)
  3. Pilih tab Hardware lalu pilih Device Manager
  4. Pilih Infrared devices, dari devices klik kanan untuk memunculkan properti dari irda tersebut.
  5. Pilih tab Advanced, kemudian gantilah property Infrared Transceiver Type menjadi Vishay TFD dan property Min Turn-Around Time menjadi 0.5mS, setelah itu klik OK.

Jika infrared Anda bukan chip Sigmatel langkah di atas belum tentu diperlukan dan mungkin saja tidak berhasil menstabilkan irda di Windowx XP Anda, tetapi untuk chip Sigmatel saya sudah buktikan berhasil.

Penulis: Risna

https://googleaja.com

84 thoughts on “Setting Internet Menggunakan HP CDMA Nokia 6585 (CDMA) di Windows XP”

  1. aku udah bisa jadikan Nokia 2115-ku sbg modem, trus yang jadi pertanyaan manakah dari 3 kartu ini yang paling murah buat internetan :
    1. star one
    2. flexi
    3. fren
    mohon balasan via email

  2. dari info yang gue tau yang paling murah sih StarOne, 200rb perak untuk 1 Giga

  3. gmn ya caranya klo pake kabel data DKU-5, aku dah gagal trs nih..mohon bantuan dr smuanya..trims.
    ==oya buat Taufik Hidayat dipayakumbuh. apa aku knal km ya( Incim Genk..)email : [email protected])

  4. Top player, gimana tuh caranya kok sampe bisa konek dgn nokia 2115? Padahal aku dah coba pake dku 5 non ori gagal melulu. Kasih tau donk rinciannya. Trims

  5. Saya punya masalah untuk nokia 6255i nih, konek internet dijadikan modem pake komputer udah bisa banget. Tapi yang jadi masalah, konek wap, internet di handphone belum pernah bisa, sedangkan ini butuh banget, berhubungan dengan kerja. Udah ikutin setting di web fleksi ampe telpon csnya fleksi tetep aja belum bisa. Ada pengalaman yang serupa atau ada yang bisa bantu?

  6. kok ruwet si, td mlm gw baru nyoba pke usb bluetooth + hp nokia 2865
    tinggal install software bawaan bluetoothnya, on-in bluetooth di hp & komp,
    dial-up deh sama spt penjelasan diatas (#777 dstnya itu…), udah bisa tuh
    klo chat pke star-one, klo mo download pke flexi, gt aja saran gw

  7. saya mo tanya gimana caranya PC saya bisa dibuat internet dgn menggunakan modem ponsel 6265?and apakah bs juga jk modemnya ponsel GSM,TLG KASIH CARANYA LEBIH JELAS…?
    sebelumnya terima kasi atas perhatiannya…

  8. ada yang tau tentang masalah hp cdma 6016i+dku5+kartu fren,modem sudah di instal, kenapa ketika dial muncul eror 692 tentang masalah modem not responding?

  9. Salam Kenal,

    Saya punya HP 7610 yang sudah saya setting sebagai modem, dan sudah tertuliskan connected, yang jadi masalah ketika saya klik IE, dan saya kasih alamat google atau yahoo menjadi error, seperti alamatnya tidak dikenali..

    mohon bantuannya.. terima kasih

    Santoso

  10. Terimakasih saya ucapkan kepada forum ini, disini saya bisa temukan info yang lagi saya cari, sekali lagi makasih buat semua.

  11. mau nanya ni , kalau misal ngnet di Hp ada batasannya gk ? seperti pengen buat kliping tapi dari Hp. itu gmbrnya lumayan gede , gmn ? bisa muat gk? masalahnya sy sndiri belum nyoba. di tunggu balasannya .thank.

  12. Tolong ada yg bisa bantu, saya pakai nokia 6585 n kartu sim cdma starone, sudah di install semua n connect. tapi untuk koneksinya lambat n malah gagal untuk surfing/browshing internet. Apakah ada yg salah sama Hp / Laptop saya?
    Mohon dibantu….

    Thx

    1. saya pakai nokia cdma 6585 kartu starone gak ada masalah tuch, kalau bisa pakai kabelnya DKU-5 yang plus charger. dari hp registrasi ke 799 REG TIME agar lebih stabil koneksinya, semoga berhasil…

  13. tolong bantuan saya mempunyai nokia cdma 6585N ketika di koneksi via dku 5 ga bisa dial up sama sekali saya coba via infra red bisa dial up tetapi terputus waktu verifying username,apa bedanya dgn nokia cdma 6585? mohon bantuannya
    trims

  14. Nunpang tanya dong, gue punya nokia 6255i setting internetnya udah bener tapi dibuat internet kok belum bisa knp ya?padahal pulsanya diatas 5000 dan sinyalnya penuh.mohon bantuanya y

  15. Klo pke smart no dial up nya brp?apakah Gprs di hp harus diaktivkan dulu?, gimana caranya ngaktivin gprs di hp pake kartu smart? Tlng ya mas…krm ke [email protected] makasih

  16. bos saya dah install driver buat Nokia 3155i trs dah ku set tapi pas dipkai muncul balon yg isinya port nggak konek. begitu terus samapi bosen sndiri. gimana solusinya. tlng juga minta conectivity cable driver buat nokia 3155i. tlng kirim via email aja. makasih.

  17. makasih paparan di atas, saya sudah berhasil dgn nokia 3155.
    tapi karena hape bm, gak bisa brosing di hape. cuman bisa buat modem aja.
    tolong solusinya.
    trims

  18. bantu gw dong setting wap pke flexi di nokia 6255i cdma dh gw set lalu gw cba tpi stelah itu muncul bacaan error: network dwon gmna nh krm ke email gw y pls jwb nya d tunggu : [email protected]

  19. Saya minta tolong, bagaimana caranya menyeting gprs di hp nokia 6016i,kartu sim esia? Thanks

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.