Mempertanyakan Pemeriksaan Lembar Jawaban Komputer UN

Sebagian orang menyangka mereka tidak lulus SPMB atau UN karena faktor pembacaan lembar Jawaban Komputer. Benarkah hal demikian bisa terjadi? Sebagai orang yang pernah berkecimpung dalam pemrograman OMR (optical mark reader) hardware (di PSDI ITB) dan masih berkecimpung dalam pembuatan software mark reader dengan scanner biasa (untuk Tim Olimpiade Komputer Indonesia), saya akan mencoba menjelaskan kemungkinan terjadinya kesalahan dalam pemrosesan lembar jawaban komputer (LJK) yang diisi oleh peserta.

Sebelumnya saya ingin menegaskan dulu bahwa saya tidak tahu sistem apa yang dipakai dalam UN (dan hanya sedikit tahu dengan sistem SPMB). Segala yang saya tuliskan di sini hanya berdasarkan pengalaman dan semoga berguna untuk semua yang ingin ikut UN atau ujian lain yang menggunakan LJK.

Saat ini ada dua jenis mesin pembaca tanda komputer di kertas, yang pertama adalah OMR yang menggunakan mesin khusus (biasanya merek Opscan), dan yang kedua adalah yang menggunakan mesin scanner biasa. Kecepatan OMR dengan mesin/hardware khusus jauh lebih cepat dibanding dengan scanner biasa. Hardware OMR terbaik bisa memproses sampai 15000 lembar sedangkan scanner biasa yang tercepat hanya beberapa ribu lembar per jam (kurang dari 5000). Setahu saya sampai saat ini SPMB masih menggunakan mesin opscan untuk membaca lembar jawaban peserta, dan mark reader yang memakai scanner biasa belum dipakai dalam ujian nasional. Saya tahu dengan pasti bahwa setidaknya tahun lalu hal ini benar (dari sumber yang bisa dipercaya), dan saya yakin bahwa tahun ini sistem yang sama masih dipakai

Nah sekarang ke pokok masalahnya: seberapa besar kemungkinan kegagalan mark reader ini? Kemungkinan halaman LJK tidak terbaca (atau sebagian bulatan tidak terbaca) adalah jika: robek, terlipat, kotor, pensil kurang hitam dan salah cetak. Kasus LJK robek jarang terjadi, dan umumnya robek kecil masih bisa dibaca. LJK terlipat juga jarang terjadi, dan umumnya bisa diluruskan dengan mudah.

LJK yang kotor sering ditemui. Kotor ini umumnya dari bekas penghapus atau dari bekas tangan yang kurang bersih. Program untuk mesin opscan bisa dibuat agar cukup cerdas untuk bisa secara otomatis menentukan tingkat kehitaman LJK, namun kadang gagal juga. Menurut websitenya, akurasi alat ini adalah 99.9% (asumsi saya ini menggunakan program bawaan dari opscan). Hal ini cukup mengkhawatirkan, karena ada probablilitas 0.1% kesalahan, atau 1 dari 1000 lembar mungkin ada kesalahan.

Umumnya peserta ujian telah mengggunakan pensil 2B yang baik, namun ada juga peserta yang menggunakan pensil yang hampir tidak terbaca (entah apa merknya). Beberapa program bisa secara dinamis menentukan level kehitaman dengan melihat statistik seluruh halaman, namun sayangnya ada juga orang yang menggunakan dua pensil yang berbeda kehitamannya ketika mengisi LJK, dan hal ini sangat mengacaukan pembacaan.

Kasus LJK yang salah cetak pernah saya temui sekali. Satu batch LJK tercetak miring beberapa derajat, hasilnya batch tersebut tidak terbaca oleh mesin opscan. Solusi yang digunakan waktu itu adalah menggunakan pemotong kertas agar LJKnya menjadi lurus.

Selain kemungkinan LJK tidak terbaca dengan benar, masih ada kemungkinan kesalahan lain: kesalahan pengisian form jawaban. Contoh: Tidak membulatkan nama dengan benar, tidak membulatkan nomor identitas dengan benar, tidak membulatkan jawaban dengan benar. Kasus yang parah adalah jika salah mengisi nomor identitas, atau salah mengisi menjadi milik peserta lain. Kesalahan ini cukup umum biasanya ada lebih 10 orang dari setiap 1000 orang yang melakukan kesalahan semacam ini.

Dalam seleksi TOKI (Tim Olimpiade Komputer) nasional, saya juga menemukan hal yang menarik: beberapa murid yang cerdas tidak mengisi nama atau ID-nya. Bahkan ada satu peserta dengan nilai tertinggi di propinsinya tidak mengisikan namanya. Beberapa murid dari daerah terpencil bahkan tidak bisa mengisi LJK dengan benar, seharusnya jika nama saya YOHANES, maka saya akan mengisikan ‘Y’ di kolom pertama, ‘O’ di kolom kedua, dst, setiap tahun ada 2-3 orang yang mengisikan semua huruf di KOLOM PERTAMA.

Jika ada kesalahan, tentunya harus ditangani. Ada dua penanganan kesalahan: abaikan yang salah, atau perbaiki. Selama ini saya mengerjakan scan yang orde-nya hanya ribuan, jadi solusinya adalah memperbaiki data yang salah. Mengabaikan data yg salah lebih mudah jika jumlah form ada banyak, atau jika datanya tidak penting.

Bagaimana penanganan error di UN? saya tidak tahu, semoga mereka tidak sembarangan mengabaikan pembacaan yang salah, karena hal ini sangat merugikan. Penanganan kesalahan untuk sekitar 2000 calon mahasiswa saja sudah cukup sulit, jadi ada juga kemungkinan bahwa error ini diabaikan di UN.

Saya mengusulkan, supaya sistem UN lebih terbuka, para peserta sebaiknya bisa melihat jawaban ujian yang terbaca oleh komputer (mungkin hanya untuk peserta yang tidak lulus saja). Memang tidak mudah untuk mengimplementasikannya, tapi juga tidak terlalu sulit.

Kesimpulannya:
Pemeriksaan dengan LJK tidak akurat 100%, dan sistemnya perlu dibuat lebih terbuka. Tidak semua peserta UN pernah mengisi LJK dan kemungkinan kesalahan pengisian cukup tinggi.

Untuk masuk perguruan tinggi, LJK bisa cukup diandalkan (jika mengisi LJK saja tidak bisa, seharusnya memang tidak patut lulus UMPTN), namun untuk kelulusan SMU hal itu patut dipertanyakan.

Oh iya, peserta cerdas yang tidak lulus UN mungkin memang tidak mengisi LJK dengan benar, atau sedang sial mendapatkan LJK yang tidak terbaca komputer. Atau mungkin juga mereka tidak berprestasi baik hari itu.

Saya juga tidak tahu bagaimana UN menanganai kesalahan ID, bagaimana jika ada 2 peserta mengisikan ID yang sama (karena salah membulatkan)? (dan apa yang terjadi jika yang satu pintar dan yang lain tidak?). Apakah pembetulan akan dilakukan? ataukah keduanya jadi error? atau yang pintar akan dirugikan?

550 thoughts on “Mempertanyakan Pemeriksaan Lembar Jawaban Komputer UN”

  1. kak, bagaimana jika pada saat membulatkan LJK dgn pensil’a terlalu kencang sehingga belakang LJK mnjdi berbenjol-benjol.. apakah bejolan itu akan membuat LJK sya tdk trbca komptr??? mohon d bales ya,kakk…

    1. kak, tadi aku ngerjan jawaban menggunakan LJUN, tapi LJUN nya basah kenak keringat setetes. terus aku hapus pake karet penghapus, eehh gak taunya LJUN aku terkelupas kayak benang2 halus.

      terus hari senin kemarin aku ngerjain soal menggunakn LJUN, ehh rupanya LJUN yang aku dapat ujung dikanan paling bawahnya terlipat gara2 pengawas nya kurang hati2.
      APAKAH KEJADIAN ITU BISA/DAPAT DITERIMA KOMPUTER GAK SICH???

      TOLONG DIJAWAB SOALNYA AKU TAKUT BANGET NICH??

  2. kmarin ljk saya terkena setetes air,siap itu saya hapus pake penghapus,ternyata ljk saya jadi koyak sedikit,siap itu ada kotor di ljk saya,,bagaimana nih kak?? apa ljk saya bsa di baca sma komputer???

  3. kak, sy pengen nanya :

    1. sebenarnya bekas penghapus pada ljk (yang warnanya abu-abu berkabut) bisa kebaca sama komputernya nggak sih ??? soalnya sy kepikiran terus, krn waktu itu dapat penghapusnya yang berkualitas buruk, jadi waktu menghapus malah ninggalin bekas yang udah dihapus sebisanya, tapi malah nggak hilang-hilang
    2. menghitamkan ljk dgn cara diarsir itu boleh nggak sih ? bisa kebaca nggak, soalnya pernah baca dari sumber lain kalau ngisinya dengan cara diarsir malah nggak lulus
    3. kalau menghitamkan dengan 2 pensil yang tingkat kehitaman berbeda bagaimana hukumnya ? pinggirannya saya hitamkan dengan pensil yang “lebih hitam”, sementara untuk mengisi bagian dalamnya saya pakai pensil fabercast. Masalahnya kedua pensil ini sama-sama 2B, namun tingkat kehitamannya berbeda

  4. kak, sy mau nanya lagi, sebenarnya ada koreksi manual nggak dalam ujian nasional, kalau seandainya ada bagian yang menyebabkan terganggunya proses pengoreksian ljk ? Dan apakah mesin pengoreksi LJK ini lebih mengutamakan kehitamannya dalam proses pengoreksian ? Thx b4, XOXO

    1. kak mau nanya..kan tadi ngisi LJUN tuh cuma saya ganti option ,jd dihapus option yg sblmnya..
      pas saya hapus jwbn tuh ljun nya lecet dan setengah dari option lama agak ilang
      itu ga apa2 kan ga ampe bolong sih kertasnya..
      cuma lecet aja
      jawab donk kak ,makasi

  5. Kak,Mau tanya,tadi saya UAN Fisika.Dan LJK saya terkena bolpoin tinta,hanya 3 titik di bawah no.10,20 dan 11 dan letaknya di luar lingkaran2 jawaban.Itu karena saya gunakan untuk alas tanda tangan.Apakah LJK saya bisa dibaca ya di komputer saat dikoreksi?Tolong balasannya y,Kak.Plissssss…..Ini Lagi takut banget.

  6. kak tdi pas saya ngerjain soal mtk..
    lembar jwaban saya terlipat sedikit di bagian bawah..
    trus kena peluh sedikit kira2 sebesar 0,2 cm..
    apakah Ljk saya bisa di baca komputer saat pemeriksaan..
    tolong di balaz ya kak..

  7. Ka,sy mau tanya,,
    Pengaruh gak sih kalo LJUN y terkelupas gara2 penghapus? Tapi bukan di area jawaban,,di area kode soal bawah nya?

  8. kak, tadi aku ngerjan jawaban menggunakan LJUN, tapi LJUN nya basah kenak keringat setetes. terus aku hapus pake karet penghapus, eehh gak taunya LJUN aku terkelupas kayak benang2 halus.

    terus hari senin kemarin aku ngerjain soal menggunakn LJUN, ehh rupanya LJUN yang aku dapat ujung dikanan paling bawahnya terlipat gara2 pengawas nya kurang hati2.
    APAKAH KEJADIAN ITU BISA/DAPAT DITERIMA KOMPUTER GAK SICH???

    TOLONG DIJAWAB SOALNYA AKU TAKUT BANGET NICH??

  9. mau tanya kalau kertas ljun awal’y d’isi A trs d’hpus isi B .tulisan A’y agak pudar ..apakah msh bsa trbaca oleh scaner’y ya??thx..

  10. Kak, saya mau nanya kalo misalnya waktu jawabannya dihitamin trus ada putih-putih dikit (gak bulat penuh jawabannya) itu bisa lulus apa ngak ya?. Terus ada pengecekan manual apa tidak? Makasih kakak tolong dijawab ya.

    1. kak
      qlo lembar ljk d isi pake pena terus di timpah pake pensil
      masih bisa d scan gak? tolong di bales ya kak

  11. kak mau tanya bagaimana mensiasati nama yang terlalu panjang, misalkan santi dewi astuti umar…sdh 2 kali tes cpns slalu kolom namanya tdk cukup…mksh sebelumnya

    1. Kak…saya mau tanya emang sehitam apa sih kita harus membulatkan pada LJK sehingga komputer bisa membacanya…
      contoh merk pensil yang pantas di pake ujian selain Faber Castelle apakah ada lagi??
      mohon di blas ya kak 🙂

  12. kak mau nanyak, kalau pas ngelingkari jawaban di LJUN dan pas membalik kertas kebelakang, kelihat tembus atau nimbul kebelakang, apakah itu tdk apa apa?

  13. jika LJKN ditepi nya robek sedikit saat ambil LJKN di soal
    itu lulus atau tidak

    1. ahhh!!! bahaya tu dek….
      klw sobek sdikit aja, bsa gak lulus
      biarpun cuma 1 mata pelajaran

  14. Ka, mau tanya
    Kalo seandainya masih ada bekas setelah di hapus bagaimana?

    1. kak
      kalau dalam mengisi kolom identitas pada kolom tanggal di isi hari dan tanggal, bisa di baca komputer gak yha?

  15. kak, td waktu UN bahasa indonesia, ketika dibagi soal dan LJKnya, LJK saya ad robek sedikit dibagian bawahnya…
    Apa tidak apa2?

  16. ka mau nanya tadi ljk saya kotor kena sesuatu, terus saya hapus pake penghapus karet, ehh malah terkelupas. nah, yg terkelupas nya ini angka nomer 3, sehingga di ljk tidak ada nomer 3, karena terkelupas. gimana ya apa bisa dibaca?

  17. kak tdi saya tdk sngja Ljk saya yg terkena minyak di muka saya sdikit kak , itu msih bisa ke baca gk kak ?

  18. kak kalau LJUN nya robek sedikit ditepinya saat ambil ljun di soal…
    itu berpengaruh atau tidak

  19. buat teman2 yang salah ngisi tanggal ato tanggalnya gk di isi, menurut keterangan yang saya dapat itu bukan masalah yg fatal jadi ljk masih bisa discan, saya juga begitu td pas ujian mtk, trus setelah saya cari tau syukurlah gk terlalu menjadi masalah. Mudah2han kita semua lulus

    1. Mar’ie ; lw robek sedikit di bagian tepinya saat pengambilan ljun di soal gmn tuh …?
      aq pusing nih
      takut

  20. Mar’ie ; lw robek sedikit di bagian tepinya saat pengambilan ljun di soal gmn tuh …?
    aq pusing nih
    takut

  21. salam kenal kak…
    kak saya mau nanya tolong dijawab ya kak…mohon banget..
    oya kak kalau ljun nya ada robek sedikit di tepi nya tuh gmna kak…
    kan tahun 2013 ni ljun nya menyatu jadi saat itu ada robek dikit ditepinya tpi saat mengambil ljun disoal…
    tpi pas ditanya ke pengawas itu gak apa-apa..
    gmna kak..?

  22. Wah punyaku kena kringet tangan aku hapus mah jadi warna kecoklat coklatan , tp kata pengawas gpp , , ,

  23. salam kenal kak…

    kak mau tnya nie mhon bnget jwbannya kak…
    LJUN aku kan robek sdikit di tepinya dan ktika hari ke dua aku mau ngitamin hruf ‘A’ tpi trhitam hruf ‘B’ ktika di hpus gk bsa brsih…
    jd apkah itu dpat brpengaruh dengan kelulusan k…..?????

  24. saya mau tanya nii,,, klo lembar Ljk nya ada kotoranbekas penghapus tapi itu cman sedikit saja,,,apa bisa dibaca ama scanernya ea kak ??? plis tolong tuk dijawab…

  25. TOLONG DI JAWAB YAA 🙂

    Kak , tadi pas ngerjain soal b.indo LJUNnya nempel ditangan terus kayak ada lem nya gitu kak , kata pengawas yg kayak lem nya gitu itu namanya LILIN buat nyescan di komputernya . Laah yg mau sy tanyakan Gini : Lilin buat nyescannya ilang gak ya kak , soalnya tadi tangan saya nempel terus di LJUNnya ?

  26. mau nanya nih kak pliss di bls…
    sewaktu ngerjain un bahasa indonesia,ada jawaban yang salah,terus aku hapus.tapi bekas pensilnya masih berbekas dan warna hijau bulatanya juga pudar.duh gimana ? bisa kebaca n nggak eror gak tuh?

  27. Om, saya numpang tanya nih. Apakah bulatan bekas hapusan yang hanya sedikit kotor bekas hapusan-nya pada kolom nama pada ljk un smp, itu bisa berpengaruh saat pemeriksaan ? Tapi kata pengawasnya gapapa. mohon dibalas ya om. Thx…

  28. Ka aku mau tanya ,
    pas ujian matematika nomor ujian ku salah buat aku kak
    seharusnya 104-122-7 jadi ku buat 104-144-7 apa itu berpengaruh kak, atau d periksa manual kak. . ?
    Tolong d jawab ya kak.. . ?

  29. Ka saya mau tanya,
    saya salah membuat no peserta seharus nya 104-122-7 jadi saya buat 104-144-7 gimana tu kak? Tolong d jawab kak ?

  30. Bang yohanes,saya mau tanya..
    Apa bila dlm ljk kita salah memasukkan tanggal lahir dgn tanggal test,namun nama dan nomer test terisi benar apakah itu valid?

  31. . UN 2013 ,, LJK saya tercoret pendek , ternyata ga bisa dihapus , terus saya hapus terus sampe agak hilang , apakah bisa dibaca Scanner LJK saya ?? Balas =D

  32. . Ini Semua pada sadar gak ?? BARCODE SOAL dengan BARCODE LJK TIDAK SAMA !! =O

  33. kalau belakang kotor dan ngelupas sedikit apakah itu gak apa apa .balas ya makasih

  34. kak.sy.mau.tny.pas.UN.sy.pkai.2.pensil.2b.yaitu.lira&steadtler.gimana.kak?

  35. kak, mau tanya dong..
    kak, di paling bawah LJK (di luar kolom LJK) aku ada lubang kecil sperti titik gitu tapi ga tembus, gmn tuh ka? apakah masih bisa terscan?
    mohon jawabannya kak! kpkiran terus smpe skrg 🙁

  36. kak kmrn tgl 8 mei 2013 saya ada ujian ipa waktu itu saya tulis nama pake huruf besar tpi salah tulis lalu di hapus jadi gk bsa hilang tpi tdk keluar dari kotak penulisan nama cuma yg harus ny spasi jadi aagak kehitam”an gitu, gimana kak? masih ter-scan tidak? tolong dijawab?

  37. kak, kotak kotak hitam di pinggir ljk itu, kan ada banyak… salah satu dari kotak tersebut, terhapus sedikit secara tidak sengaja… namun kotaknya menjadi pudar… apakah itu bisa berakibat fatal?

    peserta un smp 2013

  38. kak, kotak kotak hitam di pinggir ljk itu, kan ada banyak… salah satu dari kotak tersebut, terhapus sedikit secara tidak sengaja… namun kotaknya menjadi pudar… apakah itu bisa berakibat fatal? saya sangat khawatir

    peserta un smp 2013

  39. Ka,tadi kan saya uas,terus dapat ljk dan lembar kerja untuk essai,tapi saya mengerjakan esai diatas ljk,jadi ljknya tidak sengaja saya jadikan alas untuk menulis esai,dan terdapat bekas seperti guritan/gores/garis pada ljk,apa itu pengaruh terhadap jawaban,(misalnya pada nomer satu saya mengisi b,tapi terdapat gores bekas alas pada option a,apakah jawaban saya jadi ada 2 dan mengakibatkan tidak terbacanya ljk oleh scanner?

  40. halo mas saya peserta ujian PLPG DIKNAS tahun ini,saya membulatin namanya ada yang salah,tetapi nomor peserta saya yakin benar,apakah hasil ujian saya pada LJUK akan tetap terbaca scanner, atau saya udah pasti ga lolos ujian ? mohon dibalas secepatnya terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.