Mempertanyakan Pemeriksaan Lembar Jawaban Komputer UN

Sebagian orang menyangka mereka tidak lulus SPMB atau UN karena faktor pembacaan lembar Jawaban Komputer. Benarkah hal demikian bisa terjadi? Sebagai orang yang pernah berkecimpung dalam pemrograman OMR (optical mark reader) hardware (di PSDI ITB) dan masih berkecimpung dalam pembuatan software mark reader dengan scanner biasa (untuk Tim Olimpiade Komputer Indonesia), saya akan mencoba menjelaskan kemungkinan terjadinya kesalahan dalam pemrosesan lembar jawaban komputer (LJK) yang diisi oleh peserta.

Sebelumnya saya ingin menegaskan dulu bahwa saya tidak tahu sistem apa yang dipakai dalam UN (dan hanya sedikit tahu dengan sistem SPMB). Segala yang saya tuliskan di sini hanya berdasarkan pengalaman dan semoga berguna untuk semua yang ingin ikut UN atau ujian lain yang menggunakan LJK.

Saat ini ada dua jenis mesin pembaca tanda komputer di kertas, yang pertama adalah OMR yang menggunakan mesin khusus (biasanya merek Opscan), dan yang kedua adalah yang menggunakan mesin scanner biasa. Kecepatan OMR dengan mesin/hardware khusus jauh lebih cepat dibanding dengan scanner biasa. Hardware OMR terbaik bisa memproses sampai 15000 lembar sedangkan scanner biasa yang tercepat hanya beberapa ribu lembar per jam (kurang dari 5000). Setahu saya sampai saat ini SPMB masih menggunakan mesin opscan untuk membaca lembar jawaban peserta, dan mark reader yang memakai scanner biasa belum dipakai dalam ujian nasional. Saya tahu dengan pasti bahwa setidaknya tahun lalu hal ini benar (dari sumber yang bisa dipercaya), dan saya yakin bahwa tahun ini sistem yang sama masih dipakai

Nah sekarang ke pokok masalahnya: seberapa besar kemungkinan kegagalan mark reader ini? Kemungkinan halaman LJK tidak terbaca (atau sebagian bulatan tidak terbaca) adalah jika: robek, terlipat, kotor, pensil kurang hitam dan salah cetak. Kasus LJK robek jarang terjadi, dan umumnya robek kecil masih bisa dibaca. LJK terlipat juga jarang terjadi, dan umumnya bisa diluruskan dengan mudah.

LJK yang kotor sering ditemui. Kotor ini umumnya dari bekas penghapus atau dari bekas tangan yang kurang bersih. Program untuk mesin opscan bisa dibuat agar cukup cerdas untuk bisa secara otomatis menentukan tingkat kehitaman LJK, namun kadang gagal juga. Menurut websitenya, akurasi alat ini adalah 99.9% (asumsi saya ini menggunakan program bawaan dari opscan). Hal ini cukup mengkhawatirkan, karena ada probablilitas 0.1% kesalahan, atau 1 dari 1000 lembar mungkin ada kesalahan.

Umumnya peserta ujian telah mengggunakan pensil 2B yang baik, namun ada juga peserta yang menggunakan pensil yang hampir tidak terbaca (entah apa merknya). Beberapa program bisa secara dinamis menentukan level kehitaman dengan melihat statistik seluruh halaman, namun sayangnya ada juga orang yang menggunakan dua pensil yang berbeda kehitamannya ketika mengisi LJK, dan hal ini sangat mengacaukan pembacaan.

Kasus LJK yang salah cetak pernah saya temui sekali. Satu batch LJK tercetak miring beberapa derajat, hasilnya batch tersebut tidak terbaca oleh mesin opscan. Solusi yang digunakan waktu itu adalah menggunakan pemotong kertas agar LJKnya menjadi lurus.

Selain kemungkinan LJK tidak terbaca dengan benar, masih ada kemungkinan kesalahan lain: kesalahan pengisian form jawaban. Contoh: Tidak membulatkan nama dengan benar, tidak membulatkan nomor identitas dengan benar, tidak membulatkan jawaban dengan benar. Kasus yang parah adalah jika salah mengisi nomor identitas, atau salah mengisi menjadi milik peserta lain. Kesalahan ini cukup umum biasanya ada lebih 10 orang dari setiap 1000 orang yang melakukan kesalahan semacam ini.

Dalam seleksi TOKI (Tim Olimpiade Komputer) nasional, saya juga menemukan hal yang menarik: beberapa murid yang cerdas tidak mengisi nama atau ID-nya. Bahkan ada satu peserta dengan nilai tertinggi di propinsinya tidak mengisikan namanya. Beberapa murid dari daerah terpencil bahkan tidak bisa mengisi LJK dengan benar, seharusnya jika nama saya YOHANES, maka saya akan mengisikan ‘Y’ di kolom pertama, ‘O’ di kolom kedua, dst, setiap tahun ada 2-3 orang yang mengisikan semua huruf di KOLOM PERTAMA.

Jika ada kesalahan, tentunya harus ditangani. Ada dua penanganan kesalahan: abaikan yang salah, atau perbaiki. Selama ini saya mengerjakan scan yang orde-nya hanya ribuan, jadi solusinya adalah memperbaiki data yang salah. Mengabaikan data yg salah lebih mudah jika jumlah form ada banyak, atau jika datanya tidak penting.

Bagaimana penanganan error di UN? saya tidak tahu, semoga mereka tidak sembarangan mengabaikan pembacaan yang salah, karena hal ini sangat merugikan. Penanganan kesalahan untuk sekitar 2000 calon mahasiswa saja sudah cukup sulit, jadi ada juga kemungkinan bahwa error ini diabaikan di UN.

Saya mengusulkan, supaya sistem UN lebih terbuka, para peserta sebaiknya bisa melihat jawaban ujian yang terbaca oleh komputer (mungkin hanya untuk peserta yang tidak lulus saja). Memang tidak mudah untuk mengimplementasikannya, tapi juga tidak terlalu sulit.

Kesimpulannya:
Pemeriksaan dengan LJK tidak akurat 100%, dan sistemnya perlu dibuat lebih terbuka. Tidak semua peserta UN pernah mengisi LJK dan kemungkinan kesalahan pengisian cukup tinggi.

Untuk masuk perguruan tinggi, LJK bisa cukup diandalkan (jika mengisi LJK saja tidak bisa, seharusnya memang tidak patut lulus UMPTN), namun untuk kelulusan SMU hal itu patut dipertanyakan.

Oh iya, peserta cerdas yang tidak lulus UN mungkin memang tidak mengisi LJK dengan benar, atau sedang sial mendapatkan LJK yang tidak terbaca komputer. Atau mungkin juga mereka tidak berprestasi baik hari itu.

Saya juga tidak tahu bagaimana UN menanganai kesalahan ID, bagaimana jika ada 2 peserta mengisikan ID yang sama (karena salah membulatkan)? (dan apa yang terjadi jika yang satu pintar dan yang lain tidak?). Apakah pembetulan akan dilakukan? ataukah keduanya jadi error? atau yang pintar akan dirugikan?

550 thoughts on “Mempertanyakan Pemeriksaan Lembar Jawaban Komputer UN”

  1. Jika tanda tangan pada LJK menggunakan balpoint/pena apakah akan berakibat fatal yaitu menyebabkan LJK tdk terbaca oleh komputer yg akhirny menyebabkan kita tidak lulus tes CPNS?

  2. misal klo pensil saya kurang hitam tp saya terus tekan pensilnya sampai hitam,sampai bagian belakang tidak rata karena bulatan pensil itu,maksudnya bagian belakang banyak yang bergelombang apakah masih bisa dibaca oleh komputer?

  3. jika salah satu bulatan jawaban ada yang error apakah lembar jawaban masih bisa di baca komputer dengan baik..? dan apakah nilai nya tetap keluar…?

  4. Maaf saya mau bertanya kak.
    Saya peserta UN 2014. Saya mau bertanya saya memiiki masalah dengan telapak tangan saya yaitu mudah berkeringat dan itu membuat saya menjadi masalah pada saat pengisian LJK. Katanya kan LJK tidak boleh basah. Tapi kalau basah nya dikit apakah masih bisa terbaca di mesin scanner. Dan jika terbacanya hanya sedikit apakah berakibat tidak lulus. Ataukah akan di koreksi ulang atau dikoreksi manual oleh petugasnya?

    Mohon di jawab kak.
    Terima Kasih.

  5. Ass…. Kak g’mna klow bgian ats LJK.x ad titik” menonjol dikrnakn pnjepit Papan Ujian… ap’kh LJK sya msh bsa trbca oleh Scanner…??

    Please dibls kak… tkut bnget nhe…..

  6. Saya peserta UN 2014 , saya mau tanya , jika lembar jawab terkelupas hingga option B hilang namun tidak sampai robek apakah masih bisa terbaca scanner ? Mohon jawabannya

  7. KAK mau tanya, kalau LJK nya robet sedikit dibagian atas nya masih bisa kebaca komputer atau tidak? Tolong jawabbb ya

  8. Kak,kan ljk nya disobek sekarang,kalau ada bgian item kcil tapi gk kotak bentukny sobek dkit masi kbca gk ya?

    1. iya kak , kan ljk nya disobek sekarang, pas ane sobek sobekannya ada yang lebih, tapi dikit, masih bisa keluar gak yo, please jawab, saya takut nanti gk kebaca

  9. assalamu’alaikum,,
    saya mau tanya,,
    tadi waktu UN bahasa Indonesia ada jawaban
    yang saya ganti,, dan waktu saya hapus jawaban
    saya yang pertama kertas LJ UN nya sedikit
    terkelupas (c’huruf A ngilang),, naaa kalau seperti itu apakah kertas LJ UN saya bisa terbaca oleh
    scanner,, ??
    mohon penjelasannya ya kak,,
    terimakasih,,

  10. ka tadi pas ujian bhs indonesia , saya menggunakan pensil yg berbeda , dan bulatan x ada yang keluar apa kah bisa a, please , d jawab

  11. Kak aq mau tanya, LJK q tadi agak buram kak, gag tau dari percetakan.nya kali.. Lingkaran pada LJK ada dobel lingkaran tp agak pudar gt dobel.an nya? Apakah bisa terbaca?

  12. gan, lembar jawab yang ane terima kan disobek didalam soal, terus ada grigi”nya, sebelum mengerjakan semua disuruh memotong/menyobek, , pas ane sobek ada sedikit sobekan yang lebih, tapi dikit sekali, apa berpengaruh ke scening mesin, please ane takut banget, takut gak keluar nilainya, ane padahal dah belajar semaleman ;(

  13. kak aku mau tanya, kalau aku salah tulis tanggal lahir, yg d tulis malahan tanggal hari kemarin gimana kak?
    hanya salah mengisi identitas, apakah
    tidak mndapat nilai, jawab yh kak

  14. Kak mau tanya.
    Kalo misal’a salah nulis bulan ujiannya gimana?
    Apa mungkin gak bsa d’bca komputer?

  15. gan, mau tanya tadi LJUN q berlubang duikit, dan yg basah dibelakang n didepan..? apakah masih terbaca gan..? aku takut banget … 🙁

    plis balas…

  16. Mau tanya kan di LjK UN ad tulisan suru nulis ulang”saya mengerjakan ujian dengan jujur” tapi lupa saya tulis itu gimana ya apa mempengaruhi waktu di scan ?

  17. Kak, tadi saya mengisi LJK yg kebetulan warna tintanya itu pudar. Tmn2 saya warnanya merah tua, sedangkan saya pink muda dan pudar sekali. Apakah itu berpengaruh trhdap hasil scan nya?

  18. ka mau tanya kalo ljk saya ada noda kekuningan di antara pilihan jawaban E dan nomor sebelahnya apakah masih bisa terbaca?
    Tolong di jawab..
    makasih

  19. Kak sya pserta UN 2014 .bgini kak, stelah saya mngisi ljk sya liat di option yg di sblahnya kotor lalu saya hapus,ktka sya hpus ljk nya mlah terkelupas apakah ljk saya msih bisa di baca kak?

  20. haloo
    saya mau tanya apakah bisa jika LJUN bagian pengisian jawaban tergores dan tidak bisa dihapus lagi? apakah bisa dibaca komputer?
    tolong jawaban, please
    terima kasih

    1. tolong dijawab segera…..
      karena ini sangat membuat saya kepikiran dan sakit kepala jika memikirkan itu…

  21. Broo tadi kan ujian terakhir pas pelajaran bhs inggris Di detik detik terakhirkan ane rapihin tuh LJK di bagian Space yang kosong yang agak lebar deket Option kan Kotor gara gara telapak tangan saya hapus saja eh dikira saya itu adalah sisa kotoran penghapus ternyata terlupas tapi tidak sobek apakah berpengaruh yah??? mohon di jawab

  22. Kak, di lembar ljk saya di bagian tidak ada tulisan ‘jawablah dengan jujur’ apakah itu berpengaruh pada mesin scan ?

  23. Kak mau tanya , kan saya mengahapus option ljk saya yg salah nah terus kotor ada bekas penghapus di luar option’a apakah saat di scan tdk kebaca semua atau hanya yg itu saja yg tdk terbaca ?

  24. ass
    langsung saja waktu itu LJUN saya terkelupas tapi gak di tempat isiannya di tempat yang kosongnya apakah itu bermasalah tolong dibalas ya tolong banget saya takut

  25. pak kalau ljk bolong sebesar ujung. jarum di salah aatu bagian option jawaban apa masih bisa terbaca ya???

  26. kak mau tanya,, LJUN saya kotor kecoklatan kena tanganku yg kotor, nodanya di sebelah kanan opsen ABCDE pada nomor 11-15, apakah LJUN saya bisa kebaca komputer,,?? mohon d bles kak

  27. pak saya peserta UN 2014, pak ljun saya barcodenya pudar satu garis, bisa kebaca gk ya ljun nya sama komputernya ?

    , tolong bales pak,

  28. kk saya mau nanya. awalnya sih sebelum2nya saya udah baca commen2 di atas .
    tapi saya masih kepikiran dan ragu sampai sekarang masalah pengisian nama saat UN kemarin , seharusnya nama saya RIA EBREGINA tapi saya buat pakai spasi RIA EBRE GINA.
    bermasalah fatal gak kk buat kelulusan ?

  29. kak. saya mau tanya. kan seharusnya nama abednego b , namun di kartu legitimasi saya jadi abed nego b. akan tetapi saya memakai yang tanpa spasi jadi abednego b. itu bagaimana kak? tolong di respon cepat yaa kak 🙁

  30. kak sy mau nanya kan ljk sy yg garis kotak” hitam yg d luar garis pinggir terhapus trus sy hitami pakai pensil 2b . kak itu masih terbaca oleh scanner atau todak
    kak tolong di balas karena sya kepikiran terus

  31. jika pada lembar jawaban, terdapat sobekan kecil. (diakibatkan karna menghapus yang terlalu kasar, sehingga sobek setengah lingkaran tetapi tidak sampai bolong)
    apakah itu hal yang bisa membuat tidak terbaca oleh scanner?
    please kak reply 😉

  32. Kak, saya mau tanya.
    Disaat saya ujian saya mengisi buletan jawabannya masih ada sedikit putih” tapi hurufnya sudah tertutup. Masih bisa terbaca kak? Trims.

  33. apakah ada kemungkinan LJUN tidak ter-scan dengan baik akibat tidak menggunakan papan unjian (alas) saat mengisi LJUN?

  34. Kak, saya mw tanya.
    Apakah kalau LJUN kita terlipat tidak akan Terbaca oLeh Scanner .

    Tolong saran nya ..
    no : 0878 9269 4766

    Trims

  35. Kak saya mau nanya kalau bulan ujian salah . Dapat berakibat fatal tidak .. Tolong jawabya kak soalnya saya khawatir nie kak tolong ya

  36. mau nanya kak tdi kalo pake 2 pensil 2b merkny berbeda apa bisa ke baca cma komputer kak??

    Pleas kak di jawab aku bth jawaban dari kakak , yang tau tlng di blz cometku

  37. Kak Tadi Saya UN…

    trus ada jawaban yang salah saya hapus trus bekas pensilnya keluar kyk berbekas dan keluar dri lingkaran saya coba hapus bisa terhapus tapi bekasnya masih samar2…

    apa masih bisa terbaca di mesin Scan??

  38. mau tanya kan tadi aku isi LJK terus mungkin agak Basah terus aku pikir kotor kan.. aku hapus.. ehh gk taunya terkelupas ampe huruf C nya ilang
    apa bisa dibaca itu?

  39. Kalo misalnya kolom untuk tanggal lahir saya salah isi dengan tanggal ujian gimana? Ngefek nggak? Tolong jawabannya

  40. kak mau tanya .. Kalo salah nuliis nama satu huruf ajja berakiibat fatal nggakk buat kelulusan..??
    Jujur jadi stress cuman gara” mikirin itu.

  41. bagaimana jika kita membulati ljun tidak penuh hanya tertutup hurufnya saja??
    tolong di balas

  42. Kak, LJUN saya terkelupas sedikit karena bekas penghapus di tempat jawaban, apakah itu bermasalah tolong dibalas ya, tolong banget saya kepikiran terus :3

  43. kak mau nanya nih, tadi abis UN LJK ku terlipat pada opsi jawaban sampai membekas gara gara si pengawas, apakah masih bisa di scan
    Makasih

  44. kak , kalo terdapat lubeng kecil di area tandatangan gimana ? masih bisa di scan tidak , mohon jawabannya segera ya 🙂

  45. Kak, mau tanya, nah kalau misalnya ngisi nomer peserta itu kan ada membulatkan jawaban kalau nggak benar bisa fatal, nah dikolom yg buat nulis aku udah bener, tapi bulatinnya salah, itu gimana? aku stres nih gara” mikirin ini:'(

  46. artinya saya lupa isi tanda tangan , gimana nasib saya ,

    tapi saya sudah mengisi identias dengan benar

    untuk jawaban nya sms saya di
    089655121368

  47. Gimana kalau penulisan NAMA di LJK UN beda dengan NAMA di KARTU UJIAN / SKHU SD/ IJAZAH SD/ ABSEN KELAS. Mohon Jawab Cepat.. Sebelum Terlambat, Takutnya gara2 itu saya bisa TIDAK LULUS !

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.