Mempertanyakan Pemeriksaan Lembar Jawaban Komputer UN

Sebagian orang menyangka mereka tidak lulus SPMB atau UN karena faktor pembacaan lembar Jawaban Komputer. Benarkah hal demikian bisa terjadi? Sebagai orang yang pernah berkecimpung dalam pemrograman OMR (optical mark reader) hardware (di PSDI ITB) dan masih berkecimpung dalam pembuatan software mark reader dengan scanner biasa (untuk Tim Olimpiade Komputer Indonesia), saya akan mencoba menjelaskan kemungkinan terjadinya kesalahan dalam pemrosesan lembar jawaban komputer (LJK) yang diisi oleh peserta.

Sebelumnya saya ingin menegaskan dulu bahwa saya tidak tahu sistem apa yang dipakai dalam UN (dan hanya sedikit tahu dengan sistem SPMB). Segala yang saya tuliskan di sini hanya berdasarkan pengalaman dan semoga berguna untuk semua yang ingin ikut UN atau ujian lain yang menggunakan LJK.

Saat ini ada dua jenis mesin pembaca tanda komputer di kertas, yang pertama adalah OMR yang menggunakan mesin khusus (biasanya merek Opscan), dan yang kedua adalah yang menggunakan mesin scanner biasa. Kecepatan OMR dengan mesin/hardware khusus jauh lebih cepat dibanding dengan scanner biasa. Hardware OMR terbaik bisa memproses sampai 15000 lembar sedangkan scanner biasa yang tercepat hanya beberapa ribu lembar per jam (kurang dari 5000). Setahu saya sampai saat ini SPMB masih menggunakan mesin opscan untuk membaca lembar jawaban peserta, dan mark reader yang memakai scanner biasa belum dipakai dalam ujian nasional. Saya tahu dengan pasti bahwa setidaknya tahun lalu hal ini benar (dari sumber yang bisa dipercaya), dan saya yakin bahwa tahun ini sistem yang sama masih dipakai

Nah sekarang ke pokok masalahnya: seberapa besar kemungkinan kegagalan mark reader ini? Kemungkinan halaman LJK tidak terbaca (atau sebagian bulatan tidak terbaca) adalah jika: robek, terlipat, kotor, pensil kurang hitam dan salah cetak. Kasus LJK robek jarang terjadi, dan umumnya robek kecil masih bisa dibaca. LJK terlipat juga jarang terjadi, dan umumnya bisa diluruskan dengan mudah.

LJK yang kotor sering ditemui. Kotor ini umumnya dari bekas penghapus atau dari bekas tangan yang kurang bersih. Program untuk mesin opscan bisa dibuat agar cukup cerdas untuk bisa secara otomatis menentukan tingkat kehitaman LJK, namun kadang gagal juga. Menurut websitenya, akurasi alat ini adalah 99.9% (asumsi saya ini menggunakan program bawaan dari opscan). Hal ini cukup mengkhawatirkan, karena ada probablilitas 0.1% kesalahan, atau 1 dari 1000 lembar mungkin ada kesalahan.

Umumnya peserta ujian telah mengggunakan pensil 2B yang baik, namun ada juga peserta yang menggunakan pensil yang hampir tidak terbaca (entah apa merknya). Beberapa program bisa secara dinamis menentukan level kehitaman dengan melihat statistik seluruh halaman, namun sayangnya ada juga orang yang menggunakan dua pensil yang berbeda kehitamannya ketika mengisi LJK, dan hal ini sangat mengacaukan pembacaan.

Kasus LJK yang salah cetak pernah saya temui sekali. Satu batch LJK tercetak miring beberapa derajat, hasilnya batch tersebut tidak terbaca oleh mesin opscan. Solusi yang digunakan waktu itu adalah menggunakan pemotong kertas agar LJKnya menjadi lurus.

Selain kemungkinan LJK tidak terbaca dengan benar, masih ada kemungkinan kesalahan lain: kesalahan pengisian form jawaban. Contoh: Tidak membulatkan nama dengan benar, tidak membulatkan nomor identitas dengan benar, tidak membulatkan jawaban dengan benar. Kasus yang parah adalah jika salah mengisi nomor identitas, atau salah mengisi menjadi milik peserta lain. Kesalahan ini cukup umum biasanya ada lebih 10 orang dari setiap 1000 orang yang melakukan kesalahan semacam ini.

Dalam seleksi TOKI (Tim Olimpiade Komputer) nasional, saya juga menemukan hal yang menarik: beberapa murid yang cerdas tidak mengisi nama atau ID-nya. Bahkan ada satu peserta dengan nilai tertinggi di propinsinya tidak mengisikan namanya. Beberapa murid dari daerah terpencil bahkan tidak bisa mengisi LJK dengan benar, seharusnya jika nama saya YOHANES, maka saya akan mengisikan ‘Y’ di kolom pertama, ‘O’ di kolom kedua, dst, setiap tahun ada 2-3 orang yang mengisikan semua huruf di KOLOM PERTAMA.

Jika ada kesalahan, tentunya harus ditangani. Ada dua penanganan kesalahan: abaikan yang salah, atau perbaiki. Selama ini saya mengerjakan scan yang orde-nya hanya ribuan, jadi solusinya adalah memperbaiki data yang salah. Mengabaikan data yg salah lebih mudah jika jumlah form ada banyak, atau jika datanya tidak penting.

Bagaimana penanganan error di UN? saya tidak tahu, semoga mereka tidak sembarangan mengabaikan pembacaan yang salah, karena hal ini sangat merugikan. Penanganan kesalahan untuk sekitar 2000 calon mahasiswa saja sudah cukup sulit, jadi ada juga kemungkinan bahwa error ini diabaikan di UN.

Saya mengusulkan, supaya sistem UN lebih terbuka, para peserta sebaiknya bisa melihat jawaban ujian yang terbaca oleh komputer (mungkin hanya untuk peserta yang tidak lulus saja). Memang tidak mudah untuk mengimplementasikannya, tapi juga tidak terlalu sulit.

Kesimpulannya:
Pemeriksaan dengan LJK tidak akurat 100%, dan sistemnya perlu dibuat lebih terbuka. Tidak semua peserta UN pernah mengisi LJK dan kemungkinan kesalahan pengisian cukup tinggi.

Untuk masuk perguruan tinggi, LJK bisa cukup diandalkan (jika mengisi LJK saja tidak bisa, seharusnya memang tidak patut lulus UMPTN), namun untuk kelulusan SMU hal itu patut dipertanyakan.

Oh iya, peserta cerdas yang tidak lulus UN mungkin memang tidak mengisi LJK dengan benar, atau sedang sial mendapatkan LJK yang tidak terbaca komputer. Atau mungkin juga mereka tidak berprestasi baik hari itu.

Saya juga tidak tahu bagaimana UN menanganai kesalahan ID, bagaimana jika ada 2 peserta mengisikan ID yang sama (karena salah membulatkan)? (dan apa yang terjadi jika yang satu pintar dan yang lain tidak?). Apakah pembetulan akan dilakukan? ataukah keduanya jadi error? atau yang pintar akan dirugikan?

550 thoughts on “Mempertanyakan Pemeriksaan Lembar Jawaban Komputer UN”

  1. kak..pas UN b.inggris,di no.34 nya kenak air liur 1 tetes tapi ndag smpe tembus ke belakang,dan cuma terkelupas dikit,bisa ke baca ndag,tolong di jawab

  2. Saya peserta UN SMA 2015 , mau bertanya kalo saya memakai pensil 3b dan 2b pada saat mengerjakan 1 lembar soal itu ada pengaruh ngga? spt kurang terbaca di jawaban yg diisi dgn 3b maupun error sampai tidak terbaca semua nomor? mohon dibalas yaah ๐Ÿ™‚ thank u
    *Nb: Kepekatan hitam pada 3b lebih daripada 2b, saat saya mencoba bulatkan di kertas dan melihat pantulannya di matahari dan lampu krg lebih dan saat penghapusan memang sedikit susah hilang pada pensi 3b, tetapi pada UN saya sedikit bahkan tidak ada yg dihapus

  3. Saya peserta UN SMA 2015 , mau bertanya kalo saya memakai pensil 3b dan 2b pada saat mengerjakan 1 lembar soal itu ada pengaruh ngga? spt kurang terbaca di jawaban yg diisi dgn 3b maupun error sampai tidak terbaca semua nomor? mohon dibalas yaah ๐Ÿ™‚ thank u
    *Nb: Kepekatan hitam pada 3b lebih daripada 2b, saat saya mencoba bulatkan di kertas dan melihat pantulannya di matahari dan lampu krg lebih sama dan saat penghapusan memang sedikit susah hilang pada pensil 3b, tetapi pada UN saya sedikit bahkan tidak ada jawaban yg dihapus

  4. Bang yohanes sya mau bertanya ljk un sya kmrn basah dikolom jawaban no lima bagian c(pas yang sya bulati) tapi sudah kering apakah tdk papa atau akan eror saat discan dan nilainya tdk keluar lalu apabila identitas benar semua dan yg eror hnya dibagian jawaban apakah tdk akan diperiksa secara manual jwban nya tolong dijawab karna sya sangat takut dan khawatir akan berakibat fatal terimakasih

  5. saya mau tanya kak?
    di LJK di bagian bulatan nama terdapat titik pena..
    apakah bisa bermasalah bagi LJK? mohon penjelasan……!

  6. Saya Peserta UN 2015
    Kak kemaren saya mengisi LJK dgn nama yg terpisah spasi “Mita Sari” tetapi ternyata pada Kartu UN saya itu tidak memakai spasi “Mitasari”.
    apakah itu berakibat fatal
    tolong dijawab kak karena saya sangat takut
    terima kasih

  7. Kak saya mau tanya,
    Kalau menulis nama sekolah tidak komplit gimana
    ,SEHARUSNYA : SMK SAKTI GEMOLONG tapi saya cuma menulis SMK SAKTI saja

  8. Kak aku peserta un 2015
    Gimana kalo kolom pilihan jawaban ada yg terkelupas dikit apakah it masi bisa terbaca komputer???
    Trus ljk nya kotor karna bekas penghapus apakah masih bisa terbaca kak???

    Tolong jelasin kak saya takut knp”…
    Mkasi..
    Jwb yah kak

  9. ka sy mau nanya kan pada saat UN sy tertukar mengisi identitas yang harus.a tanggal lahir itu malah tanggal ujian, saya binggung + ke fikiran apakah itu terbaca oleh komputer atau ada penanganan dari pemerintah pusat.a atau gmna.. tlg jwb se cepatnya y ka?

  10. kak , saya menulis nama di ljun tidak menggunakan spasi (harileksono)tapi dikartu (hari leksono )tapi yang tdk menggunakan spasi cuma sehari, hari selanjutnya menggunakan spasi, itu nilai nya bisa keluar ga ya, tolong di bales ya kak

  11. Saya peserta ujian 2015. Saya menghapus angka di tanggal lahir dan hampir sobek. Tapi tidak bolong hanya sedikit terangkat saya sangat cemas. Tolong balasannya

  12. Kak, saya mau nanya. Sepertinya ketika saya ujian nasional saya lupa menulis nama sekolah dan salah tulis tanggal ujian pada bulannya . Apakah itu berpengaruh ? Tolong di jawab ya kak. Saya ga tenang

  13. Kak mau tanya kan hari pertama UN saya keliru nulis bulan Ujian kan april saya nulisnya maret itu gimana kak nanti hasil UN saya bisa keluar gak nilainya

  14. kak cara mengisi nama sekolah yg benar ”SMPN 4 BULUKUMBA” atau “SMP Negeri 4 BULUKUMBA”?

  15. Permisi mau tanya? Apakah yg koreksi komputer dilihat dari jawaban yg benar nya tidakk? Atau asalkan kita menghitamkan jawaban tersebut dengan tebal ? Itu sudah di anggap benar ? Atau salah?

  16. Kak,saya pas un mengisi nama pakai spasi kak..
    Tapi di akte saya tidak pakai spasi kak..
    Apakah itu berpengaruh ke komputernya kak??

  17. Ka mau tanya, klo sy tidak menulis nama pada soal itu gimana? Apakah berpengaruh atau tidak

  18. Kak saya peserta un smp 2015 pada saat saya menerima soal, soal tersebut ada kotor disekitar kotak kotak hitam sebelah kiri , kotor tsb memang bawaan langsung dari soal apakah tidak apa apa?
    Dan jika ljk terkena salep yang saya pakai apakah akan berpengaruh ketika pemeriksaan?
    mohon jawabnnya secepat mungkin ya kak dan mohon kirim jawabamnya ke email saya

  19. Kak saya peserta un smp 2015 pada saat saya menerima soal, soal tersebut ada kotor disekitar kotak kotak hitam sebelah kiri , kotor tsb memang bawaan langsung dari soal apakah tidak apa apa?
    Dan jika ljk terkena salep yang saya pakai apakah akan berpengaruh ketika pemeriksaan?
    mohon jawabnnya secepat mungkin ya kak dan mohon kirim jawabannya ke email saya

  20. kak, saat saya mengerjakan LJK saya suka menekan Pensil agar hitam pada bulatannya, dan akhirnya bagian belakang LJKnya timbul bentuk lingkaran akibat penekanan pensil yang kuat, apakah hal “timbul bentuk lingkaran” bisa dibaca scanner ?? thx

  21. Kak waktu aku tadi ngerjain un aku lupa blum jawab no 8 dan 9 atau kosong ,apakah itu berpengaruh pd jawaban yg lain

  22. Hari pertama saya UN, sya menulis nama ‘Jihan Sekar Wijayanti”. Tp d kartu ujian namanya ‘jihan sekar wijyanti’. Nama saya yg asli kan jihan sekar wijayanti. Apakah berpengaruh terhadap nilai saya?? Tolong dijawab yh. Saya takut sekali

  23. kak kalo misal dikolom tanda tangan . tandatangannya sudah di isi tapi saya di suruh dibawah tanda tangan dikasih nama . sedangkan ruangan lain tidak ..
    apakah itu bermasalah pada nilai dan scaner
    mohon di coment kak

  24. kak kalo misal dikolom tanda tangan . tandatangannya sudah di isi tapi saya di suruh dibawah tanda tangan dikasih nama . sedangkan ruangan lain tidak ..
    apakah itu bermasalah pada nilai dan scaner
    mohon di coment kak
    cepat coment kak .. lwwat sms jga bisa
    085290190733
    maturnuwun

  25. Ka saya mau nanya? Saya mengisi no peserta dngn ceroboh.yg seharusnya 01 031 300 5.,jadi 01 031 300 4 apakah hal tsb bisa membuat saya tdk lulus? Saya sangat takut,mohon d jwb no 089647659527

  26. Bang saya peserta Un tahun 2015 bang,bang saya pernah lembar jawab saya tekupas tipis tapi tidak tembus apa itu gak papa bang ? . Tapi kata panitia saya bang gpp sih cuman saya agak ragu . Soalnya saya disuruh ganti jawaban yang tekupas tadi aturan nya jawab b jadi a . Tapi bang di b itu masih kotor tapi gak banyak bang kalok di setip kan makin terkupas jadi kalok gitu gak eror kan bang ? .tapi kalok kata panitia sih gpp . Tapi kalok menurut abang bagaiman . Mohon respon ya bang

  27. Kak kemarin aku lupa nggak ngasih tanggal pelaksanaan ujian, itu bakalan berpengaruh apa nggak ya, kak? terus ke scan apa nggak kak jawaban ยฒku? Tolong dijawab ya kak, soalnya aku takut banget, kalau sampai nilainya gak keluar.

  28. kak kalau ljunnya dihapusnya sampai terkelupas sedikit tapi ngak sampai bolong bisa terscan ngak ya? tolong dijawab

  29. Aku Peserta UN 2015 .Aku mau Nanya, waktu hari pertama UN Aku Lupa ga ngebulatin TTLnyaa. Tapi udah Di tulis Ttlnya cuma lupa ga di buletin. Nilai aku bisa keluar gakkk.. รฐลธหœยขรฐลธหœยขMohon lah yg tau Respon. Aku takuttt nihhh

  30. Kak klo ljknya bolong misalkan no 47 bolong sedikit itumasih ke baca gkk kaa tolong jwb kk gk bsa tdr ke pikiran

  31. Kak,,LJK sy kotor karena noda dr penghapus. Udh 3x sy hps tp ttp gk bisa-bisa. Apa masih bs kebaca sm scannernya? Kotornya karena sy mau hapus bulatan pensil yg keluar dr garis, tp bknnya trhapus mlh mlbr. Masih agak hitam. Tp tdk sampai kebulatan yg lainnya. Apa itu tdk apa-apa? Apa msh bisa terbaca scannernya? Tolong jawab. Saya takut รขโ‚ฌยฆ

  32. Kak,, LJK sy kotor karena noda dr penghapus. Udh 3x sy hps tp ttp gk bisa-bisa. Apa masih bs kebaca sm scannernya? Kotornya karena sy mau hapus bulatan pensil yg keluar dr garis, tp bknnya trhapus mlh mlbr. Masih agak hitam. Tp tdk sampai kebulatan yg lainnya. Apa itu tdk apa-apa? Apa msh bisa terbaca scannernya? Tolong jawab. Saya takut รขโ‚ฌยฆ

  33. kak saya slah menuliskan bulan ujian nya kak.Gimana ya kak ? apakah akan brpengaruh trhadap pemeriksaan komputer kak.apakah hasil UN saya bisa keluar kak ?
    tolong di jawab ya kak.pliss…
    di sms aja jwban nya ya kak 081947598337

  34. kak. Tadi aku habis UN, trus waktu liat lembar jawaban udah ada garis hijau di tengah tapi gak jelas juga + LJK nya tu ada kayak bolong2 tapi gak tembus.. Blong2 nya bnyak kecil-kecil.. Udah di kasih tau pengawas katanya gak apa.. Tapi masih kepikiran ..
    Jadi ini masih bisa di scan gak..

  35. Kak saya mau tanya,misalnya saya merasa tidak melingkar nomor peserta yg terakhir,tapi sudah diisi apakah panitia bisa membantunya atau,malah tidak lulus saya,mohon respondnya

  36. Kak, saya mau nanya.Salah tulis tanggal ujian pada bulannya . Apakah itu berpengaruh ? Tolong di jawab ya kak. Saya ga tenang

  37. kak, ak peserta UN. Aku mau tanya. Kalo salah mengisi bulan pada tanggal ujian itu berpengaruh sama nilai tak? Tolong di jawab ya kak. Ak khawatir. =( terima kasih ๐Ÿ™‚

  38. Kaa saya peserta un yang baru selesai. Waktu itu sayang ngebuletinya terlalu keteken kali yah atau gimana belakang nya jadi ada kaya bekas gitu ngelembung itu kebaca sama komputer ga ka. Saya mikirin itu bgt takut nemnya kecil:(

  39. Ljk saya dibagian barcode seperti tidak sempurna,
    Apakah bisa dibaca scanner?
    Kalau tidak bagaimana penanganan petugas korektor un?

  40. kemarin ujian saya lupa, saya menggunakan pensil fabercastell yang HB apa itu bisa masuk komputer??

  41. kak bagaimana kalau tanggal ujian lupa di tulis apakah berpengaruh mohon dibalas

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.