Mempertanyakan Pemeriksaan Lembar Jawaban Komputer UN

Sebagian orang menyangka mereka tidak lulus SPMB atau UN karena faktor pembacaan lembar Jawaban Komputer. Benarkah hal demikian bisa terjadi? Sebagai orang yang pernah berkecimpung dalam pemrograman OMR (optical mark reader) hardware (di PSDI ITB) dan masih berkecimpung dalam pembuatan software mark reader dengan scanner biasa (untuk Tim Olimpiade Komputer Indonesia), saya akan mencoba menjelaskan kemungkinan terjadinya kesalahan dalam pemrosesan lembar jawaban komputer (LJK) yang diisi oleh peserta.

Sebelumnya saya ingin menegaskan dulu bahwa saya tidak tahu sistem apa yang dipakai dalam UN (dan hanya sedikit tahu dengan sistem SPMB). Segala yang saya tuliskan di sini hanya berdasarkan pengalaman dan semoga berguna untuk semua yang ingin ikut UN atau ujian lain yang menggunakan LJK.

Saat ini ada dua jenis mesin pembaca tanda komputer di kertas, yang pertama adalah OMR yang menggunakan mesin khusus (biasanya merek Opscan), dan yang kedua adalah yang menggunakan mesin scanner biasa. Kecepatan OMR dengan mesin/hardware khusus jauh lebih cepat dibanding dengan scanner biasa. Hardware OMR terbaik bisa memproses sampai 15000 lembar sedangkan scanner biasa yang tercepat hanya beberapa ribu lembar per jam (kurang dari 5000). Setahu saya sampai saat ini SPMB masih menggunakan mesin opscan untuk membaca lembar jawaban peserta, dan mark reader yang memakai scanner biasa belum dipakai dalam ujian nasional. Saya tahu dengan pasti bahwa setidaknya tahun lalu hal ini benar (dari sumber yang bisa dipercaya), dan saya yakin bahwa tahun ini sistem yang sama masih dipakai

Nah sekarang ke pokok masalahnya: seberapa besar kemungkinan kegagalan mark reader ini? Kemungkinan halaman LJK tidak terbaca (atau sebagian bulatan tidak terbaca) adalah jika: robek, terlipat, kotor, pensil kurang hitam dan salah cetak. Kasus LJK robek jarang terjadi, dan umumnya robek kecil masih bisa dibaca. LJK terlipat juga jarang terjadi, dan umumnya bisa diluruskan dengan mudah.

LJK yang kotor sering ditemui. Kotor ini umumnya dari bekas penghapus atau dari bekas tangan yang kurang bersih. Program untuk mesin opscan bisa dibuat agar cukup cerdas untuk bisa secara otomatis menentukan tingkat kehitaman LJK, namun kadang gagal juga. Menurut websitenya, akurasi alat ini adalah 99.9% (asumsi saya ini menggunakan program bawaan dari opscan). Hal ini cukup mengkhawatirkan, karena ada probablilitas 0.1% kesalahan, atau 1 dari 1000 lembar mungkin ada kesalahan.

Umumnya peserta ujian telah mengggunakan pensil 2B yang baik, namun ada juga peserta yang menggunakan pensil yang hampir tidak terbaca (entah apa merknya). Beberapa program bisa secara dinamis menentukan level kehitaman dengan melihat statistik seluruh halaman, namun sayangnya ada juga orang yang menggunakan dua pensil yang berbeda kehitamannya ketika mengisi LJK, dan hal ini sangat mengacaukan pembacaan.

Kasus LJK yang salah cetak pernah saya temui sekali. Satu batch LJK tercetak miring beberapa derajat, hasilnya batch tersebut tidak terbaca oleh mesin opscan. Solusi yang digunakan waktu itu adalah menggunakan pemotong kertas agar LJKnya menjadi lurus.

Selain kemungkinan LJK tidak terbaca dengan benar, masih ada kemungkinan kesalahan lain: kesalahan pengisian form jawaban. Contoh: Tidak membulatkan nama dengan benar, tidak membulatkan nomor identitas dengan benar, tidak membulatkan jawaban dengan benar. Kasus yang parah adalah jika salah mengisi nomor identitas, atau salah mengisi menjadi milik peserta lain. Kesalahan ini cukup umum biasanya ada lebih 10 orang dari setiap 1000 orang yang melakukan kesalahan semacam ini.

Dalam seleksi TOKI (Tim Olimpiade Komputer) nasional, saya juga menemukan hal yang menarik: beberapa murid yang cerdas tidak mengisi nama atau ID-nya. Bahkan ada satu peserta dengan nilai tertinggi di propinsinya tidak mengisikan namanya. Beberapa murid dari daerah terpencil bahkan tidak bisa mengisi LJK dengan benar, seharusnya jika nama saya YOHANES, maka saya akan mengisikan ‘Y’ di kolom pertama, ‘O’ di kolom kedua, dst, setiap tahun ada 2-3 orang yang mengisikan semua huruf di KOLOM PERTAMA.

Jika ada kesalahan, tentunya harus ditangani. Ada dua penanganan kesalahan: abaikan yang salah, atau perbaiki. Selama ini saya mengerjakan scan yang orde-nya hanya ribuan, jadi solusinya adalah memperbaiki data yang salah. Mengabaikan data yg salah lebih mudah jika jumlah form ada banyak, atau jika datanya tidak penting.

Bagaimana penanganan error di UN? saya tidak tahu, semoga mereka tidak sembarangan mengabaikan pembacaan yang salah, karena hal ini sangat merugikan. Penanganan kesalahan untuk sekitar 2000 calon mahasiswa saja sudah cukup sulit, jadi ada juga kemungkinan bahwa error ini diabaikan di UN.

Saya mengusulkan, supaya sistem UN lebih terbuka, para peserta sebaiknya bisa melihat jawaban ujian yang terbaca oleh komputer (mungkin hanya untuk peserta yang tidak lulus saja). Memang tidak mudah untuk mengimplementasikannya, tapi juga tidak terlalu sulit.

Kesimpulannya:
Pemeriksaan dengan LJK tidak akurat 100%, dan sistemnya perlu dibuat lebih terbuka. Tidak semua peserta UN pernah mengisi LJK dan kemungkinan kesalahan pengisian cukup tinggi.

Untuk masuk perguruan tinggi, LJK bisa cukup diandalkan (jika mengisi LJK saja tidak bisa, seharusnya memang tidak patut lulus UMPTN), namun untuk kelulusan SMU hal itu patut dipertanyakan.

Oh iya, peserta cerdas yang tidak lulus UN mungkin memang tidak mengisi LJK dengan benar, atau sedang sial mendapatkan LJK yang tidak terbaca komputer. Atau mungkin juga mereka tidak berprestasi baik hari itu.

Saya juga tidak tahu bagaimana UN menanganai kesalahan ID, bagaimana jika ada 2 peserta mengisikan ID yang sama (karena salah membulatkan)? (dan apa yang terjadi jika yang satu pintar dan yang lain tidak?). Apakah pembetulan akan dilakukan? ataukah keduanya jadi error? atau yang pintar akan dirugikan?

550 thoughts on “Mempertanyakan Pemeriksaan Lembar Jawaban Komputer UN”

  1. Saya peserta un sd, saya mengisi ljk kemudian ljk saya kotor lalu saya menghapusnya dan ljk saya sedikit robek, apa ljk saya dapat terbaca, kak tolong cepet dijawab aku khawatir

    1. Kak…kalo bulatin ljk nya garis bulatan warna hijaunya gk kenak semua …bagaimana kak

  2. Kak saya peserta un sd di ljk saya ada kotoran karna terkena tangan saya lalu saya menghapusnya dan ljk saya sedikit mengelupas, apa akan berakibat fatal kak tolong cepet dijawab

  3. Sya pserta un klo nama sya ketinggalan 1huruf ap bisa ya…..#mohon dijawab ya soal ny saya khawatir……

  4. bagaimana kalo salah mengisi identitas nama dan tgl lahir tidak sesuai di akte kelahiran tetapi di kartu peserta tetapi tidak sesuai di akte kelahiran

  5. Kak saya peserta UN sd…jika LJK saya kotor karena bekas penghapus apa masih bisa terbaca di komputer. Ya???
    Mohon cepat dibalas ya kak…

    1. Ya permasalahan sama dengan saya yang dialami oleh saya ,saya cemas sekali. Trus kamu gima kelanjutan nya bisa di deteksi

  6. Kak, saya peserta UN 2015 kalo salah mengisi nama sekolah misalnya : SDN Putra Bangsa, saya nulisnya SDS Putra Bangsa, itu dapat berakibat fatal?????? Tolong dijawab . Mksih

    1. Kalo menurut aku sih enggak ya kak yang penting itu nama,no.ujian,cara menyilang/melingkarinya sudah benar jadi itu tidak terlalu fatal. Makasih kak atas pertanyaan nya

  7. Pak , saya peserta UN kelas 6 thn 2015 kalau saya salah menulis nama sekolah misalnya : SDN Putra Bangsa, Saya menulis nya SDS Putra Bangsa. Apakah itu dapat berakibat FATAL?????????Tolong dijawab ya. Mksh

  8. Pak, ank sy peserta un sd 2015, hr pertama isian tgl lahir angka 7 nya kurang panjang, trus sama pengawasnya langsung dipanjangin pake bolpoint, ank sy protes tp katanya gpp masih bisa discanner…. ap benar bisa pak?
    hari ke 3 saat pembagian LJK, ank sy kebagian ljk yg ternyata di kolom isian nama sekolah seperti ada bekas isian dengan bolpoint, tp waktu komplain ke pengawas dibilang tidak apa2…. bgm dg kondisi spt itu apa ljk msh bisa dibaca??

    Mohon jawabannya pak….krn sy kuatir sekali

  9. Pak, sy mau tanya. Ljk sy kmrn tanda tangan ny pakai pen. takutnya nnt nilai sy tdk keluar. Gmn ya pak?

  10. saya mau tanya kak, kalo LJUNnya terkelupas sedikit di pinggir apakah masih bisa terbaca.
    tolong d jawab ya kak, soalnya sya tkut bnget

  11. Kan, tadi saya ujian, itu eaktu dibagikan LJK itu agak ketekuk sedikit, apakah itu berpengaruh ?

  12. saya peserta UN sd 2015 saya salah menulis nomor ujian yg seharusnya 02-012-038-3 saya nulisnya 02-012-038-9 yg salah cuma bagian belakang………apa bisa gk lulus,tolong cepat jawab nih aq takut banget

  13. Kak, saya peserta UN SMP, Bagaimana jika lembar soal saya tidak diberi nama? apakah lembar jawaban saya masih dapat dikoreksi?
    Tolong infonya kaak saya khawatir

  14. Pak gimana nih un tahun ini pas saya mengerjakan soal un itu waktu mau jawab,rasanya saya grogi pak takut saya kalau nggak lulus lagi.

  15. Kak mau tanya kalo waktu ngerjain saya lupa mengisi satu bulatan di LJK gimana kak? Apakah LJK tidak ter-scan? Tolong jawab ya kak saya kepikiran terus :'(

  16. Kak, mau tanya klu misalnya di LJK ada nomor yang gak saya isi, apakah berpengaruh terhadap jawaban saya yang lain?

  17. kak,gimana kalo kita lupa menghitamkan paket soal yang kita jawab,saya kan dapat paket soal A,tapi lupa saya hitamkan,apakah masih bisa di koreksi ?

  18. Gan waktu un hari1
    Namanya saya tulis gini
    Agieza muhammad f
    Namun hari 2-4
    Nama sya suruh begini Agieza muhammad f m
    Kira kira dpt dibaca gk?

  19. Pak, nama saya MUHAMMAD RIZKI NUGROHO tapi di kolom nama cuman cukup sampai MUHAMMAD RIZKI NUGRO saja.. apa itu berakibat fatal gak ya? Saya khawatir akan membuat nilai saya jelek… trims

  20. kak, mau nanya misalkan pas uas kita buletin kode pesertanya benar? tapi pas nulis dikotaknya 2angka diblkngnya bedaa. apa bisa ke scan? atau gimana nasibnya

  21. lalu bagaimana kak dgn cara pembulatan jawaban yang benar,harus diarsir timbulkah atau hanya terlihat hitam penuh,soalnya ada yg mengatakan arsiran yg baik tidak timbul yg penting penuh hitam ,tolong dijawab ya kak .. 😊

  22. lalu bagaimana kak dgn cara pembulatan jawaban yang benar,harus diarsir timbulkah atau hanya terlihat hitam penuh,soalnya ada yg mengatakan arsiran yg baik tidak timbul yg penting penuh hitam ,tolong dijawab ya kak ..

  23. Dulu saya pernah mengikuti kompetisi OSN Ipa, saya menghitami jawaban terlalu keras dan akhirnya ljknya bolong, tetapi anehnya saya berhasil lolos pada dalam lomba OSN tsb. .

    Bagaimana menurut agan, apakah kertas ljk yang berlubang tidak banyak mempengaruhi nilai dan membuat nilai menjadi 0?

  24. Kak. Mau nanya.. tolong jawab ya kak… saya peserta UN SMA 2016, nama saya di kartu UN salah, beda sama ijazah SMP saya. Di kartu “Apriliyana Sari”, sedangkan yg benar “Aprilyana Sari”. Itu gimana ya kak? Saya harus mengisi dengan yang mana? Sesuai kartu atau sesuai yang benar?

  25. saya juga mau tanya saya peserta un dan saat saya mengisi tanggal lahir saya beda dgn kartu un gi mana berpengaruh pd computer tdk ,masih bisa terbaca kah?

  26. Kak yohanes minta jawabannya kak tolong saya kepikiran terus jadi gak bisa beraktivitas saya takut gak lulus kak

  27. Kak mau tanya saya menjawab 2 jawaban dalam 1 soal saya panik soalnya waktu nya udah selesai jadi gak smpat ngapus jawaban yg dulu. Kak Yohanes /kalak-kakak lainya tolong kasih jawaban pertanyaan saya, saya takut gak lulus dan gmana resikonya. Tolong jawaban nya secepatnya kak saya kpikiran terus.

  28. Kak klo LJK saya ada bekas penjepit kertasnya agak ngecap dan ada noda kecil dibekas penjepit itu. Nodanya itu kisaran 2cm. Noda itu dibagian luar kak bkn di form identitas/jawbnny. Masih bisa kescan gak ya kak?

  29. ka kalo ngisi tangal ujian di isinya misal
    Tanggal ujian:senin,4April 2016 pengaruh gak ka.kan yg ditanya tanggal ujian

  30. Kak, pas saya nerima ljk.. ljk itu ada sedikit noda dibagian nama. Saya coba hapus tapi ga bisa hilang, itu bukan noda pensil. Apa gapapa? Kata pengawas gapapa tapi saya khawatir.

  31. kak mau nanya dong, kak saya ngisi jawaban di LJK itu sudah bulat tapi krng tebal sedikit apa masih bisa dibaca komputer?? tolong kak jwb kefikiran trs.

  32. ASSALAMU’ALAIKUM
    Saya ingin bertanya,bagaimana kalau saya mengerjakan ljk tidak menggunakan papan dan kertas soal sebagai alasnya. Namun hal tersebut mengakibatkan apa yang saya hitamkan malah menjorok kedalam. Akan tetapi tidak sampai koyak,rusak,atau pun bolong. Bagaimana itu?apakah akan berdampak buruk dan dapatkan terbaca oleh komputer? Terimakasih dan mohon balasannya. Saya sangat bimbang dan menyesal. ASSALAMU’ALAIKUM

  33. Selamat malam, saya mau tanya, apakah kesalahan dalam pengisian tanggal akan berakibat fatal?

  34. Maksutku, kesalahan dalam pengisian tanggal ujian di LJK apakah berakibat fatal? Mohon dibalas ya.!

  35. Pak klo ljk us saya robek tapi g dikotak jawaban masih bisa kebaca g pak dikomputer?? Tolong dibalas y pak

  36. Kak mau tanya. Kalau namanya benar terus nomernya benar hanya salah pas melingkari apa masih bisa dibaca. Terimakasih

  37. assalamu’alaikum
    kak saya peserta UN SMK. kalo salah nulis nomor UN gimana? misal 30-232-060-5 tapi saya nulisnya 30-232-060-6
    mohon dijawab saya khawatir. takut ngecewain orang tua .
    terimakasih

  38. Maaf ka mau nanya. Tadi saya baru mengerjakan soal ujian nasioanal.. LJUN saya tembus tapi gk sampe robek ? Klau itu Bagaimana ? Saya Takut..

  39. kak mau tanya, saat mengisi nama saya Misal Asfa Muzdalifah nah kak huruf M itu gak jelas jadi saya hapus eh malah terkelupas tapi gak tempus kak apa kah saya bisa lulus kak.. tolong dijawab ya kak saya masih kepikiran

  40. Kak saya mau tanya nih,kalau kotak yg hitam di pinggir ljk terhapus sedikit ka,apakah terbaca oleh mesin scan?,dan apabila tidak terbaca apakah ada koreksi manualnya???(UN 2016) *tolong di bales ka saya sangat kwatir kalau bisa di kirimkan ke email saya

  41. Ka sedikit tambahan.Jika ada sedikit kotoran dan saya hapus berbekas di depan LJUN ny apakah terbaca atau tidak?? *mohon di bales ka saya mengkhawatirkan ny

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.