Tips Belanja Komponen Elektronik di AliExpress

Sejak beberapa tahun lalu AliExpress jadi situs utama saya untuk membeli berbagai komponen elektronik. Menurut saya AliExpress ini sudah sangat bagus dan secara sistem sudah bisa dibandingkan dengan berbagai situs luar negeri lain (seperti misalnya eBay atau Amazon).

Buat yang belum tahu: AliExpress itu seperti ebay-nya China atau Bukalapak/Tokopedia di Indonesia. Ada banyak penjual, dan kita harus teliti ketika membeli. Banyak barang bisa dikirim gratis dan harganya biasanya sangat murah, bahkan lebih murah dari membeli lokal.

Sebagai catatan: saya tinggal di Chiang Mai, Thailand, jadi jangan bertanya mengenai pajak dsb, saya hanya tahu dari yang saya dengar dari teman-teman. Seharusnya sejak November 2016, pembelian di bawah 100 USD bebas bajak.

Tips pertama adalah ketika mencari sebuah barang. Ketika mencari sesuatu, urutkan berdasarkan “number of orders”, pilih dari beberapa barang di posisi atas. Jika setelah Anda mengubah jadi “number of orders” barang yang Anda cari tidak ada di posisi atas, kemungkinan keyword yang Anda pakai untuk mencari masih salah.

Kadang kita mendapatkan hasil dengan harga sangat serupa.

Kadang kita mendapatkan barang dengan harga yang bervariasi. Dalam kasus ini, pelajari lebih lanjut apa bedanya. Contohnya ini: USB to serial dengan chip ch340 harganya sangat murah, kurang dari 0.8 USD, tapi ada yang menjual dengan harga 2.84 USD.

Toko yang menjual dengan harga 2.84 USD mendapatkan banyak pembeli karena dengan jelas menyatakan ada pin DTR dan CTS yang bisa berguna untuk mereset arduino atau microcontroller lain. Padahal di item yang ketiga di foto (harga 0.95 USD) jika diklik bisa terlihat ada lubang untuk pin DTR/CTS yang bisa kita solder sendiri.

Kadang kalo sedang membandingkan dengan teliti untuk beda harga yang sangat sedikit seperti ini, saya ingat ibu saya yang sedang menawar harga sayur ke tukang sayur lewat waktu jaman saya SD dulu.

Berikutnya untuk memastikan bahwa penjualnya jujur dan barangnya bagus, lihat jumlah bintang dan baca reviewnya. Memang banyak review yang sulit dibaca karena harus dilewatkan ke mesin translasi, tapi biasanya kata kuncinya sudah cukup untuk mengetahui apakah barang tersebut yang kita mau.

Ketika membeli, gunakan mobile app untuk membeli karena biasanya ada diskon, kadang sedikit, kadang banyak. Mereka sangat ingin pelanggan memakai mobile app.

Di mobile app kita bisa mengumpulkan koin, dan di masa tertentu (biasanya akhir Maret dan 11 November) kita bisa menukarkan koin dengan kupon. Kuponnya biasanya beragam, misalnya diskon 1 USD untuk pembelian 10 USD, 7 USD untuk pembelian 49 usd, dsb. Biasanya saya menahan membeli barang yang agak mahal sampai saatnya masa diskon.

Di hari biasa, ada juga masa-masa pertukaran kupon, tapi jumlah kuponnya lebih sedikit, dan nilainya pun tidak besar. Ini kebetulan sekali ketika menulis artikel ini saya mendapatkan kupon.

Ketika belanja online di tempat lain, kupon 1 USD mungkin tidak berharga sama sekali, tapi di AliExpress ada banyak sekali komponen elektronik (modul sensor, chip, dsb) dengan harga kurang dari 1 USD dan akan dikirim gratis (tanpa ongkos kirim) sampai ke rumah (walau kadang lama kadang cepat sampainya).

Kadang saya sangat heran harganya bisa semurah itu, ini saya ambil satu contoh saja: modul pemutar MP3 dengan harga kurang dari 1 USD. Padahal komponen benda ini sangat banyak: PCB, Port USB micro (untuk power), Port USB (untuk play MP3 dari USB), slot Micro SD (untuk play MP3 dari MicroSD), Audio Jack, 4 tombol (prev next dsb), chip decoder MP3 (dan sepertinya chip amplifier).

Atau jika ingin lebih jelas, ada gambar yang saya ambil dari sebuah situs ebay.

Kembali ke topik kupon, ada beberapa jenis kupon AliExpress, kupon yang paling berharga adalah kupon yang berlaku untuk semua order. Kupon toko hanya berlaku untuk toko tertentu dan biasanya ini kurang berharga, karena toko tersebut harganya lebih mahal dari toko lain.

Ketika masa promosi akan ada kupon jenis lain yang berlaku untuk berbagai toko yang ikut promo tersebut. Kupon jenis ini umumnya juga tidak berharga. Cara mengetahuinya adalah: lihat apakah barang yang sama di toko itu harganya lebih mahal atau tidak di toko lain dengan number of orders yang lebih banyak.

Meskipun membeli menggunakan app akan lebih murah, ketika browsing gunakan browser Chrome atau Firefox dan gunakan extension Aliexpress Assistant untuk melihat sejarah harga. Dengan ini kita bisa tahu jika toko menaikkan harga atau tidak sebelum masa diskon.

Jika extension sudah terinstall, lihat di kiri bawah ketika browsing AliExpress, dan ketik tanda $. Akan muncul grafik variasi harga. Ini akan lebih terlihat di masa diskon.

Di masa diskon, kadang ada diskon yang benar-benar berharga, misalnya teman saya sempat membeli proxmark3 easy dengan harga 79 USD, padahal harganya sebelumnya (dan masih saat ini): 125 usd. Andaikan dia memiliki kupon, bisa mendapatkan diskon lagi 10 USD.

Sebagian toko menyediakan pengiriman gratis dengan pos murah yang tidak bisa ditrack. Sebagian minta tambahan sekitar 1 USD untuk biaya pengiriman jika ingin bisa ditrack. Jika kita membeli beberapa barang dan ingin bisa ditrack, cukup satu item saja yang memakai tracking, biasanya pemilik toko akan malas memisahkan jadi beberapa paket dan akan mengirimkan barang semuanya dengan tracking. Jika semua barang dikirim tanpa tracking, kita bisa mengajukan dispute agar uang delivery ekstra dikembalikan.

Dari pengalaman teman di Indonesia dan pengalaman pribadi di sini: pengiriman memakai Fedex pasti kena pajak. Pengiriman dengan pos lain bisa lolos pajak karena umumnya penjual menaruh harga rendah di luar paketnya. Hati-hati juga ketika membeli 3D printer di Indonesia, ikuti saran di bagian akhir posting lama saya ketika membeli printer 3D .

Sejak mengenal AliExpress, saya sering berbelanja dalam jumlah kecil tapi cukup sering. Untuk mulai belajar Arduino atau elektronik secara umum bisa dicicil, misalnya board Arduino UNO harganya kurang dari 3 USD (tanpa kabel USB, dan kita bisa memakai kabel printer biasa), berbagai komponen dan sensor banyak yang kurang dari 1 usd, dan keduanya bisa disambungkan dengan kabel dupont dengan harga sekitar 1 usd untuk 40 potong kabel (atau 2 USD untuk 120 kabel berbagai kombinasi Female to Female, Male to Female dan Male to Male).

Kelemahan AliExpress bagi sebagian orang adalah: jalur pembayaran utama adalah menggunakan kartu kredit dan tidak semua orang memiliki kartu kredit. Untuk pembelian dengan kartu kredit, tidak ada nilai minimumnya, saya tidak tahu apakah ada nilai minimum jika membayar melalui dokupay atau metode lain. Di Thailand sini, kartu debit dari bank bahkan bisa dipakai juga untuk membayar.

Salah satu solusi jika ingin membeli tapi tidak ingin terlalu sering merepotkan orang adalah dengan mengisi Aliexpress Wallet. Misalnya kita bisa minta tolong seseorang untuk mengisi 10 USD, isi dompet lalu bisa dipakai untuk membeli berkali-kali, tiap membeli isi dompet akan dikurangi, nanti kalau sudah habis baru minta tolong lagi.

Aliexpress kadang punya program referal. Selama masih berlaku, silakan klik link ini (hanya untuk pengguna baru) untuk mendapatkan kupon 5 USD (minimum pembelian 6 USD, jadi minimum keluar uang 1 USD).

4 thoughts on “Tips Belanja Komponen Elektronik di AliExpress”

  1. saya sering beli komponen motherboard laptop di aliexpress, bayarnya bisa pake kartu debet (Bank BTN). yang aneh, pembayarannya tanpa verifikasi. hanya memasukkan no kartu, batas valid, dan 3 digit kode transaksi sudah berhasil.

  2. Saya dari jakarta ..ingin mengetahui dan mencari sparepart erlektronik khususnya Televisi , LCD tv , Audio Amplifier , Speaker dan komponen pendukung elektronik lainnya ..mohon di bantu trimakasih

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.