Tips Android: XPosed Framework dan XPrivacy

Kalau dulu saya nulis tips soal Blackberry, gantian sekarang mau menulis soal Android. Sekarang ini saya mau tulis soal aplikasi yang menarik, tapi sepertinya nggak banyak diketahui orang.

XPosed Framework adalah framework yang memungkinkan untuk membuat (dan menjalankan) aplikasi yang bisa mengintercept API Android apapun. Ada banyak modul yang memanfaatkan framework ini, salah satunya adalah XPrivacy. Dengan XPrivacy, kita bisa memblock atau menipu aplikasi Android yang meminta akses tertentu. Aplikasi ini butuh root access, jadi Android Anda perlu bisa diroot. Perhatikan bahwa aplikasi ini hanya untuk Anda yang cukup expert bermain Android.

Saya berikan beberapa contoh kemampuan modul Xprivacy ini. Ketika sebuah aplikasi atau game meminta koneksi Internet, kita bisa bilang: sedang tidak ada koneksi internet. Ketika aplikasi berusaha mengakses SD Card, aplikasi bisa ditipu dengan menyatakan bahwa SD Card tidak dimasukkan. Aplikasi ini gratis, tapi ada fitur ekstra di Versi pro, misalnya bisa merestriksi aplikasi yang membaca contact list agar bisa membaca dari account tertentu saja. Restriksi ini bisa dilakukan permanen, atau setiap 15 detik. Misalnya kita cuma perlu akses internet sekali untuk aktivasi, kita bisa ijinkan sekali saja, lalu sisanya tidak diijinkan.

Hal yang “menyeramkan” dari Android adalah: ada banyak aplikasi yang meminta banyak permission, contohnya ini ada satu aplikasi yang “recommended” karena teman saya ada yang menginstall. Ketika tombol install ditekan:

small

(ini aplikasi game atau apaan sih?)

Dengan XPrivacy, ketika aplikasi berjalan, kita bisa memblok berbagai permintaan aplikasi tersebut. Misalnya layarnya seperti ini:

phoneid

Pertama kali kita menjalankan sebuah aplikasi, pertanyaan semacam ini akan banyak muncul, dan seminggu pertama memakai XPrivacy akan terasa mengesalkan. Tapi lama-lama jadi terbiasa juga, dan jadi tau banyak mengenai permission yang diminta oleh banyak aplikasi.

Selain untuk masalah privacy, XPrivacy ini berguna karena bisa memblok iklan. Untuk game yang jelas-jelas tidak butuh koneksi internet (misalnya game anak-anak), kita bisa blok akses internet untuk game tersebut, dan efek sampingnya adalah iklan jadi hilang (walau ada juga yang jadi menampilkan iklan default).

Banyak game yang berusaha menshare dirinya via facebook, bahkan game anak-anak. Dengan XPrivacy, kita bisa memblok aplikasi ini, sehingga jika anak tak sengaja memencet logo facebook, efeknya tidak ada.

2 thoughts on “Tips Android: XPosed Framework dan XPrivacy”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *