Pertanyaan tentang Kejujuran

Saya ingin bertanya, kalau Anda mengetahui ada teman Anda yang selama ini cukup Anda percaya ternyata tidak jujur untuk satu hal pada Anda, kira-kira apa yang Anda lakukan? Apakah Anda akan bertanya dengan baik-baik (berkomunikasi secara langsung ke orang tersebut) atau membiarkan saja hal itu seolah-olah tidak terjadi apa-apa?

Saya pribadi sangat tidak suka dengan orang yang tidak jujur. Dari beberapa pengalaman punya teman yang ketahuan tidak jujur pada saya, seleksi alam terjadi dan kami tidak berteman baik lagi. Seleksi alam yang saya maksudkan adalah, entah itu kami kehilangan kontak sama sekali atau dia sengaja menghilang dari kehidupan banyak orang. Beberapa kali kasus tidak jujur yang saya temui, biasanya saya tanyakan langsung kepada orangnya. Beberapa orang mengakui ketidakjujurannya, tapi ada juga yang tidak mau malu karena tidak jujur lalu menutup-nutupi kebohongannya dengan kebohongan lain, yang ketika saya tau dia tambah parah bohongnya membuat saya tambah ‘marah’, dan akhirnya biasanya dia akan menghilang dari saya, karena mungkin malunya udah berlipat ganda dan tetap merasa dia tidak salah dengan ketidakjujurannya pada saya.

Ada yang bilang bohong dengan tidak mengatakan semuanya secara keseluruhan itu beda. Tapi dalam kasus yang saya maksud adalah orang tersebut benar-benar menyatakan hal yang tidak sebenarnya. Misalnya dia mengaku kalau dia orangnya jujur, padahal pada saat yang sama dia tengah berbohong soal kejujurannya (loh ini mah sulit dibuktikan). Oke contoh nyata begini (ingat ini hanya contoh): seseorang mengaku sudah lulus tapi ga mau ikutan wisuda, saya menyalaminya waktu itu mengucapkan selamat, lalu belakangan saya tahu dari lebih dari 1 orang kalau orang itu belum lulus, yang benar adalah dia hampir DO dan dipersilahkan untuk lanjut di univ lain. Sekian lama setiap berinteraksi dengan orang tersebut, saya pura-pura tidak tahu, lalu pernah sekali saya konfirm (sayangnya karena orag tersebut jauh saya hanya bisa tanya via e-mail) dan e-mail saya tidak pernah dijawab sampai sekarang. Yang kadang-kadang membuat saya kesal adalah: orang tersebut mengaku-ngaku dia lulusan dari univ ternama (yg hampir menDO nya) di profilnya yang ada di situs pertemanan.

Saya tidak suka orang yang tidak jujur. Umumnya saya tidak akan tahan terus menerus dibohongi. Untuk orang-orang yang sudah tidak ada komunikasi dengan saya lagi, saya anggap mereka sudah memilih untuk tetap hidup dalam kebohongan itu. Sekarang ini ada lagi seorang yang saya dapati tidak jujur, saya bingung sebeneranya apa alasan orang tersebut tidak jujur. Dan saya sedang kehabisan ide bagaimana cara menanyakan baik-baik soal ketidakjujuran ini.

Orang-orang tidak jujur yang pernah saya temui dalam hidup ini kadang-kadang membuat saya mengambil kesimpulan yang terlalu general terhadap semua orang. Semoga saya tidak kehilangan kepercayaan kepada humanity.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.