Chiang Mai Aman

Sekarang ini di Thailand sedang ada pergolakan politik. Kemarin seorang teman mengsms dan menanyakan bagaimana keadaan kami di Chiang Mai dan apakah kami perlu mengungsi dsb dst. Jawabnya tentu saja tidak perlu. Semua masih aman terkendali. Apalagi kami jauh dari ibukota. Ada untungnya tinggal jauh di utara.

Kerusuhan yang terjadi saat ini mengingatkan saya pada masa reformasi di Indonesia. Waktu itu demonstrasi terasa sampai ke Bandung. Bahkan saya ikut-ikutan melongok ke lapangan Gasibu, sekedar ingin tahu mereka ngapain aja sih disitu.

Tapi kalau menurut beberapa teman yang domilisinya di Bangkok, sejauh ini Bangkok masih terkendali. Memang saat ini Bangkok dinyatakan siaga 1, tapi kerusuhan hanya terjadi di tempat tertentu, bahkan di Bangkok sendiri, hanya beberapa ruas jalan yang tidak aman, sisanya semua berjalan seperti biasa. Berbeda sekali dengan kerusuhan yang tejadi masa reformasi di Indonesia, yang imbasnya terasa sampai ke Bandung. Setidaknya, Thailand sudah pernah mengalami masa kudeta yang dianggap jauh lebih parah dibandingkan saat ini, dan kabarnya militer sudah menyatakan tidak akan ada lagi kudeta.

Ada 2 kubu yang saat ini bentrok, anti pemerintah dan pro pemerintah dan kebiasaan di Thailand adalah memilih kubu dengan warna. Tiap warna punya makna sendiri, jadi untuk amannya ya sudah pasti pilih baju warna putih. Entah kapan ini akan berakhir, tapi semoga saja semua segera berakhir. Walaupun dinyataka Chiang Mai aman, tapi rasanya memang tetap sedikit khawatir. Semoga semua bisa berakhir dengan baik, dan semua kembali seperti sediakala.

Satu tanggapan pada “Chiang Mai Aman”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.