Bandung Malaysia

Sekarang ini penerbangan Air Asia dari Kuala Lumpur ke Bandung tersedia 3 kali sehari. Agak bertanya-tanya mengingat Bandung bukanlah kota besar. Ternyata, orang Malaysia gemar berbelanja ke Bandung. Dengan duit yang tidak seberapa mereka merasa tiba-tiba kaya begitu sampai di Bandung demikian yang di sebutkan oleh orang-orang Malaysia di forum internet.

Teringat beberapa tahun yang lalu, waktu itu saya masih tinggal di Bandung. Dalam perjalanan menuju Airport Cengkareng saya bertemu dengan seorang ibu dan 2 anak asal Malaysia. Masa itu penerbangan ke Bandung belum seperti sekarang darI KL. Waktu saya bertanya apa yang dia suka dari Bandung, dia jawab: oh saya senang berbelanja ke Bandung, setahun saya bisa 3 kali datang ke Bandung untuk belanja. Di Bandung baju-baju bisa di beli murah dan saya jual dengan lumayan harganya di Malaysia. Saya rasa ibu itu bisa-bisa pergi pagi pulang petang kalau sekarang dapat tiket murah Air Asia.

Fakta bahwa orang Malaysia gemar belanja ke Bandung membuat saya bertanya-tanya kenapa orang Indonesia sepertinya selalu ingin belanja ke Malaysia, Singapore atau bahkan ke Bangkok?. Mata uang Indonesia nilai tukarnya lebih rendah dari mata uang negara tetangga. Kalau warga negara tetangga datang ke Indonesia mereka bisa merasa tiba-tiba kaya, artinya kalau rupiah di bawa belanja ke negara tetangga semua akan terasa mahal. Semakin tidak ada alasan untuk shopping ke negara lain selain Indonesia.

Ah jadi kangen Bandung. Seandainya saja ada penerbangan Chiang Mai – Bandung atau bahkan Chiang Mai – Jakarta sekalipun, pasti rasanya menyenangkan sekali bisa pulang ke Bandung dengan mudah. Kapan ya bisa ke Bandung lagi….

6 thoughts on “Bandung Malaysia”

  1. sebenernya kalo dibilang belanjaan di bandung lebih murah daripada di malaysia gak bener juga. Contoh nih, waktu balik ke Bdg gw beli baju buat bokap di FO harganya 100rb sekian. Baju yang sama persis gw beli waktu ke Penang ‘cuma’ 20RM aja (60rb). Di KL kalo lg sale di dept store2 harga juga murmer banget. Kemeja2 branded cowok bisa dapet di bawah 100rb. Apalagi kalo ke warehouse sale. Nah, orang2 Indo itu kalo ke KL belanjanya ya yang begitu. Barang2 branded lah, Vincci lah, karena emang lebih murah. Kalo dari KL ke Bandung, carinya mukena bordir, baju bordir, kebaya, kerudung, dst, emang di Bandung jauh lebih murah. Sama baju anak, as di KL ni baju anak mahal banget. Gitu kira2 ceritanya Bu. Jadi sebenernya kalo mau untung, dateng ke Indo bawa barang2 branded, pulang ke KL bawa bordiran 😛

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.