Carmen Sandiego

Carmen Sandiego adalah nama seri video game edukasi yang mengajarkan Geografi. Game pertamanya sudah lama: sejak 1985 (Where in the World Is Carmen Sandiego?) dan ada beberapa versi lagi setelah itu. Baru-baru ini kami menyelesaikan menonton serialnya di Netflix dan Jonathan cukup suka.

Berbeda dengan cerita gamenya di mana Carmen Sandiego adalah penjahat yang harus dikejar, di TV ini diceritakan dirinya sebagai orang baik. Ternyata pencurian yang dilakukan Carmen Sandiego adalah dari orang jahat, dan dikembalikan ke yang berhak (atau dikembalikan ke Museum). Wajahnyapun digambarkan sebagai gadis muda yang manis, bukan wanita yang agak menyeramkan seperti di gamenya.

Pelajaran Geografinya menurut saya kurang banyak, tapi lumayan memberi summary singkat tentang sebuah negara. Bahkan di salah satu misinya dia pergi ke Indonesia. Dijelaskan bahwa makanan pokok orang Indonesia adalah nasi dan wayang adalah salah satu seni budaya Indonesia. Lokasi lain yang dikunjungi Carmen di season 1 ini: Perancis, Ekuador, Belanda, Australia, India dan Amerika.

Ceritanya banyak aksinya dan cukup seru. Ada jalinan cerita dari episode pertama sampai terakhir, ceritanya juga cukup menarik untuk saya tonton, tidak terlalu kekanakan. Saat ini hanya ada 9 Episode di Season 1. Menurut yang saya baca di Internet, setidaknya akan ada 11 episode lagi, entah itu akan diteruskan di season 1 atau di season 2 belum jelas.

Singkatnya: film ini bagus, recommended buat anak usia 7 tahun ke atas. Pelajaran geografinya cukup baik, tapi sebaiknya diberi suplemen informasi tambahan. Jonathan juga kadang saya tanya ulang mengenai fakta-fakta di film tersebut supaya ingat informasinya dan bukan hanya aksi dan cerita filmnya.

2 thoughts on “Carmen Sandiego”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.