Gara-gara K-drama

Saya jadi iseng belajar bahasa Korea hehehe, dan saya yakin banyak penonton k-drama yang akhirnya penasaran dan mempelajari huruf Korea dan atau transliterasinya.

Pengalaman dari belajar bahasa Thailand, saya gak mau belajar pake transliterasi saja, karena akhirnya nantinya malah bingung. Awalnya beberapa bulan lalu saya belajar pake Memrise tanpa membaca atau berusaha menghapalkan apa saja huruf-huruf yang ada di bahasa Korea.

Hasilnya? ya kadang-kadang emang masih tebak-tebak doang dan kalau tiap hari dilatih, bisalah ingat cukup banyak. Tapi setelah sekian lama gak latihan, semuanya terbang hilang lagi hehehe.

Sejak Joe rajin ikutin kursus di Coursera, saya akhirnya iseng ikutan juga ambil kursus gratisan bahasa Korea. Hasilnya lumayan, baru seminggu belajar saya sudah bisa ingat semua konsonan dan vokalnya. Terus apakah saya sudah bisa baca dengan lancar? tentu tidak hahaha, tetep aja butuh latihan dan konsentrasi tinggi.

Coursera masih di minggu ke – 4

Dari 5 Minggu jadwal belajar, dalam waktu 8 hari saya sudah menyelesaikan materi untuk 3 minggu, dan sekarang masuk minggu ke-4. Tapi saya sedang kesulitan mengingat angka dalam bahasa Korea, sepertinya butuh ngajakin Joshua buat belajar bahasa Korea biar dia yang review saya tinggal dengerin hehehe.

Setelah mengenal huruf Korea, saya kembali lagi memakai aplikasi Memrise yang lama saya tinggalkan. Dan sejak 12 hari yang lalu, saya masih tetap ingat untuk mengerjakan paling tidak sampai ada day streak nya tercapai.

Memrise sudah 12 hari tidak pernah lupa latihan

Sebenarnya tadinya saya pikir dengan aplikasi Memrise saja saya akan bisa belajar secara natural, tapi ternyata belajar dengan materi yang lebih terstuktur seperti yang ada di Coursera justru sangat membantu untuk awalan sebelum terjun bebas pakai Memrise.

Metode belajar dengan Memrise

Saya cukup suka dengan Memrise, karena kita bukan cuma belajar kata-kata saja, tapi langsung phrase dan bahkan kalimat. Selain itu cara belajarnya gak monoton, setiap sekian kata/frasa kita berganti menu apakah itu melatih mendengar, review klasik, melatih pronounciation kita dan juga ada video mendengarkan orang lokal Korea berbicara. Belajarnya juga gak perlu lama-lama, kita bisa atur target kita setiap harinya mau belajar berapa kata.

Walaupun belum selesai belajarnya, tapi dari sedikit yang sudah dipelajari, saya bisa merasakan belajar bahasa Korea ini lebih mudah dimengerti karena saya sudah bisa bahasa Thai. Ada beberapa bunyi pengucapan dalam bahasa Korea yang tidak bisa dituliskan dalam bahasa Indonesia, tapi saya bisa menemukan padanannya dalam bahasa Thai.

Kalau kamu jadi belajar apa gara-gara nonton k-drama? atau kalau belajar bahasa Korea, pakai app atau sumber dari mana? karena belajar Korea ini cuma iseng doang, semoga saya bisa selesaikan Courseranya. Sekarang ini lagi mentok dan butuh konsentrasi tinggi buat mengerjakan quiz berikutnya hehehhe.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.