15 Tahun ngeblog bareng

Hari ini tepat 15 tahun kami ngeblog bareng. Cerita mengenai awal ngeblog bareng ini sudah dituliskan waktu saya posting mengenai 10 tahun ngeblog bareng (kami ngeblog setelah beberapa bulan pacaran). Kenapa kami masih ngeblog di sini sementara orang lain memakai sosmed (berganti-ganti sosmed) dan kenapa ngeblognya campur-campur antara cerita teknis, cerita kehidupan dan hal random lainnya sudah pernah juga dituliskan di posting 14 tahun blogging bareng.

Sekitar setahun terakhir ini kami tambah rajin ngeblog. Risna mulai memaksakan diri lebih banyak ngeblog dengan mengikuti writing challenge dan saya berusaha menambahkan banyak konten baik teknis maupun non teknis.

Jumlah posting blog sampai saat ini

Menulis teknis yang akurat dan enak dibaca itu sulit dan butuh waktu jadi itu sebabnya cerita teknisnya tidak selalu ada. Saya tahu banyak yang suka membaca blog ini dan minta topik tertentu tapi tidak bisa saya tuliskan dengan singkat karena prerequisite ilmunya banyak.

Saya berikan contoh topik yang sering diminta orang: bypassing SSL Pinning. Secara praktis ada beberapa tool yang memungkinkan kita membypass SSL pinning dan tekniknya jalan pada 90% aplikasi yang ada. Masalahnya adalah pada 10% aplikasi lain yang tidak bisa dibypass itu bagaimana? biasanya orang bertanya karena aplikasi yang ingin dicoba tidak bisa dibypass SSL pinningnya dengan berbagai tool yang sudah ada.

Topik bypassing SSL pinning ini meliputi banyak hal: mengenai bagaimana kerjanya SSL? apa itu SSL certificate? apa isinya? Apa itu public key? lalu biasanya public key ini harus dihash, apa itu hashing? setelah dihash informasinya biasanya disimpan dalam encoding base64.

Tanpa dasar semacam itu sulit sekali membuat artikel singkat bypass SSL Pinning yang bisa membypass berbagai aplikasi. Saya sudah mulai membahas banyak topik dasar di blog ini walau tidak disharing ke sosmed, sekarang semuanya dimasukkan kategori: basic security.

Tapi hidup ini nggak cuma soal teknis, jadi saya akan menulis lebih banyak hal lagi yang belum saya tuliskan. Ada banyak minat sesaat saya yang sering tidak saya tulis padahal bisa jadi kenangan. Saya dulu sempat suka dangdut (misalnya ada posting Jadilah Bintang), suka Anime dan Manga (dulu saya sempat melukis Sailor Moon dengan cat minyak di pelajaran seni rupa, dan salah satu keisengan adalah membuat program kuis Sailor Moon), pernah suka campur sari (belum pernah saya tulis), dan masih banyak lagi.

Sekarang ini juga saya jadi sering membaca berbagai topik random karena berbagai pertanyaan dari Jonathan yang sering ke mana-mana (misalnya: “If nothing made out of matter can not exceed the speed of light, can we use anti-matter instead?“, “How many rovers are there on Mars?”). Kadang bingung bagaimana menuliskan topik random seperti ini. Kadang ketertarikan Jonathan juga tidak bertahan terlalu lama karena memang kadang hal-hal yang dia pikirkan masih jauh dari kemampuannya saat ini.

Berbagai keisengan Jonathan ini rencananya juga akan saya tuliskan. Kadang ini masih berhubungan dengan teknis juga. Misalnya sekarang Jonathan sedang berusaha membuat kalkulator di minecraft. Dia sudah melihat beberapa video untuk berbagai pendekatannya (misalnya ada pendekatan sangat sederhana dengan semacam lookup table, dan pendekatan dengan konversi ke biner dulu).

Saya senang sampai sekarang masih bisa ngeblog bareng Risna. Semoga kami bisa tetap ngeblog bareng terus menuliskan kisah hidup kami sampai tua nanti.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.