Reverse Engineering Aplikasi iOS

Sudah lama saya menuliskan tentang reverse engineering Android tapi sampai saat ini belum menuliskan untuk iOS. Tulisan ini akan memperkenalkan cara reverse engineering aplikasi iOS dengan berbagai pendekatan. Tujuan utamanya di sini adalah untuk pentesting. Reversing untuk tujuan lain (misalnya Tweak development) sebagian akan sama, tapi masih butuh usaha dan tool ekstra dan hanya akan saya bahas sekilas.

Mesin macOS dan XCode

Memiliki mesin macOS akan sangat membantu dalam reverse engineering. Mesin ini bisa fisik asli dari Apple (Macbook, MacMini atau yang lain), mesin tidak resmi (Hackintosh), atau bahkan Virtual Machine. Pengunaan utamanya adalah untuk menjalankan Xcode terbaru dan iTunes.

Sebenarnya ini tidak 100% wajib, karena kebanyakan tool bisa berjalan di OS Lain. Misalnya di Linux saya memakai libimobiledevice untuk menginstall IPA, membaca log dari device, dsb. Tapi biasanya jika ada iOS baru, berbagai tool di luar OS X akan berhenti bekerja sampai beberapa hari atau bulan, menunggu developernya memahami apa yang diubah Apple dan bagaimana memperbaikinya.

Device iOS dan Simulator

Di dunia Android, kita bisa menjalankan hampir semua APK Android di Emulator kecuali beberapa yang butuh akses hardware tertentu. Emulator Android mengemulasikan keseluruhan hardware dan bisa menjalankan APK meskipun APK tersebut memakai kode biner ARM/ARM64.

Tapi saat ini tidak ada emulator iOS yang bisa diakses umum dengan mudah. Hanya ada satu perusahaan bernama Correlium yang menyediakan emulator dan inipun saat ini clientnya masih sangat dibatasi. Masih lebih mudah dan murah membeli iPhone bekas daripada mendapatkan akses ke Correlium.

Apple hanya menyediakan simulator untuk x86, artinya kita harus mengcompile khusus source code kita supaya jalan di simulator yang disediakan. Jika kita mendownload IPA dari App Store, binarynya pasti ARM/ARM64/ARM64e dan tidak akan jalan di simulator.

Jadi jika kita ingin melakukan analisis dinamik, maka kita perlu hardware iOS tergantung aplikasinya mungkin akan butuh iPhone atau iPad. Beberpa aplikasi bisa juga berjalan di iPod Touch (tapi aplikasi banking yang butuh verifikasi SMS sering kali tidak mau jalan di iPod Touch).

Ketika membeli hardware iPhone/iPad bekas, harap diperhatikan versi iOS yang masih didukung dan kira-kira masih akan didukung atau tidak dalam waktu dekat ini. Contoh: saya membeli iPhone 5S baru sekitar 5 tahun yang lalu dan hardware ini masih bisa dipakai sampai sekarang (mendukung iOS 12), tapi kemungkinan besar tidak akan disupport lagi akhir tahun ini (kemungkinan tidak akan mendukung iOS 13). Update setelah WWDC: iPhone 5S tidak termasuk dalam device yang bisa memakai iOS 13, minimum adalah iPhone 6S.

Ketika tulisan ini dibuat (Mei 2019), jika ingin membeli iPhone, hardware minimal yang saya sarankan adalah iPhone 7 Plus. Alasannya:

  • Versi baru ponsel ini masih dijual oleh Apple
  • Harga second hand benda ini mulai reasonable
  • Prosessornya A10, sama seperti yang dipakai iPod Touch generasi 7 yang baru saja diluncurkan
  • versi 7 Plus memiliki RAM 3 GB (versi 7 saja tanpa plus, hanya 2 GB) jadi kemungkinan akan bisa dipakai untuk beberapa iOS mendatang

Jika dana terbatas belilah iPhone 6S yang bisa dipakai setidaknya setahun lagi. Jika ingin lebih jauh lagi, menurut saya iPhone XR merupakan pilihan yang baik:

  • Harganya cukup jauh di bawah iPhone XS
  • Sudah memakai A12, bisa belajar Pointer Authentication

Tapi tentu saja jika ada dananya, silakan saja beli iPhone terbaru dan termahal.

File IPA

Jika di Android kita memakai file APK untuk instalasinya, maka di iOS kita memakai format IPA. Seperti APK, format IPA ini sebenarnya juga hanya file berformat zip yang di dalamnya berisi resource (gambar, suara, dsb) dan program. Tapi tentu saja walau sama-sama file ZIP, keduanya tidak kompatibel karena isinya benar-benar berbeda.

Khusus untuk format PNG, Apple memakai optimasi khusus sehingga perlu dikonversi kembali. Di OS X ini bisa dilakukan dengan pngcrush. Perlu dicatat pngcrush di OS lain tidak memiliki opsi yang sama, jadi gunakan tool lain untuk mengembalikan PNG agar bisa dilihat. Ini hanya contoh kecil mengapa memiliki hardware macOS plus XCode bisa memudahkan proses RE.

Tanda tangan digital dan Enkripsi

Setiap aplikasi yang berjalan di iOS harus ditandatangani secara digital. Selain itu setiap aplikasi dari App Store dienkrip (memakai DRM Fair Play) dan hanya bisa dipakai di account tertentu. Artinya saya tidak bisa mendownload file IPA dari app store dengan account saya dan langsung ditransfer ke iPhone orang lain.

Jika ingin disebarkan ke orang lain, sebuah program perlu didekrip. Proses dekripsi butuh iPhone/iPad yang sudah dijailbreak. Saat ini belum ada yang berhasil mengekstrasi key dari account, jadi sebuah hardware wajib dimiliki. Program yang dienkrip tidak bisa direverse engineer. Bisa saja dipaksa dibuka di disassembler, tapi instruksinya tidak masuk akal.

Dalam proses pentesting kadang client meminta kita testing dari app store dan kadang dari developer. Proses enkripsi ini dilakukan oleh Apple di server apple, jadi aplikasi yang belum diupload ke App Store masih dalam kondisi tidak terenkripsi. Jika kita dibolehkan meminta dari developer, maka akan lebih mudah melakukan reversing tanpa perlu hardware untuk mendekrip.

Jailbreak

Saat ini jailbreak sangat penting untuk security researcher iOS. Tidak semua versi iOS bisa dijailbreak dan pada semua versi iOS beberapa tahun terakhir kita tidak bisa dengan mudah downgrade ke versi sebelumnya. Satu-satunya cara untuk pindah ke sebuah versi tertentu adalah jika kita punya yang namanya SHSH blob untuk versi tersebut yang spesifik untuk device kita. Di ponsel dengan CPU A12, proses ini lebih kompleks lagi.

Jadi jika kita membeli ponsel dengan software terbaru dan belum ada jailbreaknya, tidak ada yang bisa kita lakukan selain menunggu sampai ada yang menjailbreak. Selagi menunggu, kita bisa menyimpan blob SHSH untuk versi berikutnya. Jadi misalnya kita ada di versi 12.3 (belum ada jailbreak) dan sudah ada versi 13 (belum ada jailbreak juga), kita bisa menyimpan blob untuk versi 13. Nanti misalnya ada jailbreak untuk versi 13 kita bisa upgrade ke versi tersebut.

Biasanya ketika ada jailbreak untuk versi tertentu (misalnya 13), dan Apple sudah merilis vesi lebih baru (misalnya 13.1) maka “signing window” akan ditutup, artinya kita tidak bisa lagi upgrade ke versi 13 tapi harus langsung ke 13.1. SHSH blob hanya bisa dipakai di device yang sudah dijailbreak karena perlu akses root untuk set nonce.

Update November 2019: Dengan exploit checkm8 (misalnya https://checkra.in/), kita bisa menjailbreak semua device iOS yang tidak memakai SOC A12 ke atas. Artinya semua iPhone sampai iPhone X bisa dijailbreak.

Ini berbeda dengan sebagian device Android yang mengijinkan unlocked bootloader. Pada device Android dengan unlocked bootloader, kita bisa me-root ponsel kita dengan sangat mudah. Di Android APK dari playstore juga tidak dienkripsi (hanya ditandatangi digital) jadi rooting juga tidak wajib dilakukan.

Perlu diperhatikan: banyak website menyesatkan yang menyatakan bisa jailbreak iOS terbaru. Informasi terkini dan valid mengenai berbagai device dan versi iOS yang bisa dijailbreak serta tool untuk jailbreaknya bisa dilihat di:

https://www.reddit.com/r/jailbreak/wiki/escapeplan/guides/jailbreakcharts

Setelah jailbreak, tool yang bisa digunakan untuk mendekrip aplikasi adalah Clutch (iOS versi lama), bfinject (iOS 11/12) dan CrackerXI (iOS 12).

Developer Account

Untuk device yang tidak dijailbreak, semua aplikasi yang diinstall harus ditandangani digital. Dulunya kita perlu memiliki developer account (99 USD/tahun) untuk bisa menjalankan aplikasi apapun di device kita. Ini termasuk juga aplikasi/IPA yang sudah didekrip tetap perlu ditandatangani agar berjalan di device kita.

Tapi sekarang sudah ada kelonggaran: kita bisa menandatangani gratis tapi hanya berlaku 7 hari. Artinya setelah 7 hari, aplikasi tersebut tidak bisa berjalan, kita harus menandatangani (sign) dan menginstall lagi tiap 7 hari. Maksimum dalam satu waktu kita bisa menginstall 3 aplikasi dengan account gratis ini dan tidak bisa diakali dengan memakai beberapa Apple ID. Jika device tidak dijailbreak, proses reinstall ini butuh waktu dan butuh komputer. Saat ini cara termudah instalasi tanpa developer account dan tanpa jailbreak adalah dengan Cydia Impactor.

Untuk proyek jangka pendek dan untuk testing, account gratis ini sudah cukup. Tapi jika kita perlu sering melakukan ini, developer account akan sangat membantu. Tanpa developer account, beberapa hal cukup mengesalkan, misalnya:

  • Cydia Impactor sering tidak jalan di iOS terbaru (harus menunggu rilis terbaru),
  • Kita perlu membuat password iCloud spesifik untuk Cydia Impactor (dan kadang password ini expire, harus diset ulang)
  • Cydia impactor ini tidak mengingat password (harus ketik ulang atau copy paste)
  • Jika instalasi gagal, harus memasukkan ulang password
  • Jika ada banyak pekerjaan pentest, batas jumlah aplikasi akan terlampaui

Jika ponsel sudah dijailbreak, kita bisa memakai Reprovision yang berjalan di ponsel dan otomatis menandatangani ulang aplikasi tiap 7 hari. Tapi tentunya batasan jumlah aplikasi tetap berlaku.

Karena hasil dari testing iOS ini sudah jauh lebih besar dari harga developer account per tahun, saya memilih memakai developer account. Selain itu accountnya bisa saya pakai untuk development.

Membuat Aplikasi iOS

Mengenal cara sebuah aplikasi dibuat akan sangat membantu dalam proses reverse engineering. Khusus untuk pentesting, kadang developer meminta saran pada kita bagaimana memperbaiki sesuatu. Terkadang memberikan link saja sudah cukup, tapi di kasus tertentu sebuah solusi tidak bisa dipakai dan kita akan dipandang sebagai pentester yang baik jika kita bisa memberi saran perbaikannya.

Aplikasi iOS dulunya hanya ditulis dengan Objective C tapi sekarang Apple juga mendukung bahasa Swift. Objective-C masih merupakan bahasa utama yang dipakai di seluruh sistem operasi, sama seperti Java di Android. Seluruh API utama masih menggunakan Objective C.

Sebuah aplikasi iOS akan dikompilasi menjadi format MachO. Format ini berbeda dengan ELF (Linux) dan PE (Windows) sehingga tool yang dipakaipun berbeda. Program bawaan XCode adalah otool yang bisa dipakai untuk men-dump file MachO (seperti objdump di Linux). Selain itu ada jtool yang fungsinya lebih banyak.

Saya sangat menyarankan reverser iOS memahami minimal C dan Objective C. Jika memahami Swift akan lebih baik lagi karena aplikasi modern sekarang ditulis menggunakan Swift. Cobalah membuat aplikasi Objective-C sederhana, lalu reverse engineer aplikasinya.

Sekarang ada banyak teknologi yang bisa dipakai untuk mengembangkan aplikasi iOS misalnya:

  • Cordova dan teknologi lain berbasis HTML
  • Unity (berbasis C#)
  • RubyMotion (Ruby)

Saya akan mengasumsikan aplikasi yang akan direverse engineer menggunakan Objective C atau Swift. Jika menggunakan bahasa lain, maka pelajarilah teknologi tersebut (di luar scope artikel ini). Ketika belajar Objective-C jangan lupa belajar teknik tingkat lanjut seperti Method Swizzling yang bisa dipakai untuk runtime patching sebuah method/class Objective C.

Assembly ARM64

iPhone versi awal memakai Thumb/ARM32, tapi saat ini semua device iOS terbaru memakai instruction set ARM64 jadi jika Anda belum pernah belajar ARM 32 bit bisa langsung skip ke ARM64. Secara teori jika kita memakai decompiler kita tidak perlu memahami level assembly, tapi kenyataanya:

  • Decompiler sering salah atau tidak lengkap hasil dekompilasinya
  • Beberapa aplikasi menggunakan proteksi yang menyulitkan decompiler
  • Untuk patching, kita tetap perlu paham assembly

Jadi saran saya: pelajarilah dasar assembly ARM64. Semakin dalam eksplorasi yang dilakukan, pengetahuan ARM64 yang dibutuhkan juga semakin banyak.

Untuk memulai belajar ARM, saya menyarankan website https://azeria-labs.com/. Websitenya sangat lengkap dan berfokus pada ARM secara umum (tidak spesifik ke teknologi untuk iOS).

Contoh dekompilasi dengan Ghidra

Langkah-langkah reverse engineering

Secara umum langkah-langkah reverse engineering Aplikasi iOS adalah sebagai berikut:

  • Dapatkan versi aplikasi yang tidak terenkripsi (langkah wajib). Bisa dari developernya atau dari dekrip aplikasinya
  • Opsional: gunakan class-dump untuk mendapatkan gambaran aplikasi
  • Bongkar aplikasinya dengan disassembler/decompiler
  • Opsional: lakukan dynamic reverse engineering dengan Frida atau Cycript
  • Opsional: lakukan patching aplikasi jika ada jailbreak detection

Langkah pertama sudah jelas, dan langkah-langkah berikutnya pada dasarnya adalah memakai berbagai tool.

Class-dump

Tool class-dump dapat digunakan untuk menghasilkan header objective-c dari binary Mach-O. Berbagai decompiler seperti Hopper, IDA Pro dan juga Ghidra bisa mengekstrak informasi ini secara otomatis, tapi class dump ini masih berguna karena:

  • Prosesnya cepat
  • Setelah mendapatkan header kita bisa dengan cepat melihat-lihat nama fungsi yang ada

Disassembler/Decompiler

Baik jtool maupun otool bisa mendisassemble file MachO, tapi untuk file yang berukuran besar proses membaca assembly memakan waktu lama. Biasanya sama memakai gabungan decompiler dan disassembler untuk memahami sebuah program.

Ghidra tools gratis dari NSA

Dulu satu-satunya decompiler untuk iOS adalah IDA Pro yang harganya mahal. Sekarang ini ada opsi gratis: Ghidra (pernah saya bahas di sini) dan ada opsi yang harganya relatif murah: Hopper. Kualitas dekompilasi Ghidra lebih bagus dan bisa berjalan cross platform, sementara tampilan Hopper lebih menarik.

Frida dan Cycript

Seringkali reversing statik sulit dilakukan dan modifikasi dinamik lebih cepat untuk memahami sebuah aplikasi. Ada dua tool yang berguna untuk ini: Frida dan Cycript. Untuk saat ini saya lebih menyarankan Frida karena masih dipelihara terus.

Frida bisa dijalankan di ponsel yang sudah dijailbreak (bisa meng-hook semua aplikasi) atau pada satu aplikasi di ponsel yang tidak dijailbreak. Untuk yang sudah dijailbreak, langkahnya lebih sederhana. Untuk yang belum dijailbreak:

  • Ekstrak IPA-nya (harus sudah didekrip)
  • Edit binarynya agar meload Frida (misalnya dengan insert_dylib)
  • Masukkan shared library Frida ke dalam aplikasi

Aplikasi kemudian perlu dijalankan dalam mode debug, karena tanpa ini beberapa fungsionalitas Frida tidak akan berjalan. Setelah frida berjalan, kita bisa menulis skrip dalam javascript untuk menginspeksi atau mengubah jalannya program.

Binary Patching

Jika jailbreak detection dilakukan di satu method terpisah (misalnya: isJailBroken) maka ini biasanya bisa diintercept oleh Frida dan tinggal diganti agar mengembalikan falses (“return 0”). Tapi kadang deteksi jailbreak dilakukan sambil melakukan hal lain. Kelemahan frida adalah: kita hanya bisa menambah/mengubah sesuatu di awal/akhir fungsi, jadi dalam kasus tertentu kita masih butuh melakukan patching.

Tidak ada yang istimewa dalam patching file MachO. Asalkan kita bisa mengerti ARM64, kita bisa mempatch opcode seperti biasa dengan hex editor.

Tweaks

Jika kita memakai iOS yang dijailbreak, maka kita bisa menginstall Tweaks. Tweaks ini pada dasarnya adalah shared library (dylib) yang akan diinjeksikan oleh daemon jailbreak ke proses target. Ada tweak tertentu yang bisa membantu proses reverse engineering/pentesting, misalnya ssl-kill-switch 2 untuk mendisable SSL Pinning.

Kita juga bisa membuat sendiri Tweaks untuk iOS dengan menggunakan Xcode, tapi biasanya tweaks dibuat menggunakan Theos. Kelebihan Theos dibandingkan Xcode adalah tersedianya SDK dengan private headers, yang berisi interface fungsi-fungsi yang tidak publik.

Penutup

Artikel ini masih merupakan perkenalan dan baru menyentuh hal-hal dasar reversing aplikasi iOS. Seperti bisa dilihat bahwa untuk terjun ke reversing iOS secara nyaman dibutuhkan uang yang lumayan (untuk membeli hardware macOS dan iPhone) atau waktu yang cukup banyak (setup Hackintosh).

Beberapa aplikasi dan game terkenal memakai berbagai teknik yang membuat reverse engineering iOS menjadi cukup sulit. Karena tingkat kesulitannya. para hacker game iOS bisa mendapatkan uang cukup banyak dari hacking berbagai game dan aplikasi iOS (contohnya developer ini).

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.