Merekam kehidupan: 17 tahun ngeblog bareng

Kadang rasanya hidup ini cepat sekali berlalu. Sepertinya belum lama saya menyuapi Joshua makan nasi telur dadar di Night Safari waktu Joshua masih di stroller . Momen ini saya ingat, karena Joshua dulu sedang sulit sekali makan apapun, hanya setelah jalan-jalan di night safari, dia mau makan nasi dengan telur, dan itu kami ulangi berkali-kali.

Tahun 2017

Hari ini sangat cerah, setelah polusi parah cukup lama, ada hujan besar kemarin, dan sementara ini udara sangat bagus. Jadi hari ini saya memutuskan pulang kerja lebih cepat untuk pergi ke Night Safari bareng-bareng. Kami selalu tetap memilih menu yang sama di Night Safari: nasi telur dan muu ping. Sekarang Joshua sudah besar, bisa makan sendiri.

Tahun 2021

Bukan cuma hal kecil ini saja, kadang saya mikir: sudah ngapain aja sih selama belasan tahun di Thailand? Atau ngapain aja sih saya dulu sebelum ke sini? Saya bisa melihat ratusan ribu foto yang sudah saya kumpulkan, tapi saya sering lupa dengan cerita di balik foto-foto tersebut.

Foto-foto di Google Photos

Dengan membaca ulang isi posting lama kami berdua, saya bisa ingat banyak hal. Saya bisa merenungkan berbagai perubahan di dalam hidup kami berdua. Saya bisa melihat bahwa ada banyak sekali yang sudah terjadi dalam hidup ini, dan itu membuat saya bersyukur untuk semua hal yang sudah terjadi di dalam hidup kami.

Tidak semua tulisan adalah kisah kehidupan, banyak juga tulisan teknis. Dari tulisan teknis yang saya tuliskan, saya juga jadi ingat berbagai hal yang pernah saya pelajari. Saya sendiri sering menjadikan tulisan saya sendiri sebagai referensi kalau sudah lupa suatu topik tertentu.

Seperti bisa dilihat di link di blog ini, saya juga punya blog yang lain yang khusus cerita teknis (tinyhack.com dan cintaprogramming.com). Tapi mengerjakan sesuatu sendiri kadang kurang semangat, jadi blog ini yang masih konsisten diisi sampai sekarang.

Saat ini AI sudah semakin canggih mengekstrapolasi informasi dari gambar (misalnya menganimasikan wajah dari sebuah foto), dari teks (ekstraksi informasi, bahkan membuat gambar dari deskripsi). Mungkin saja suatu saat di masa depan isi blog ini dan semua gambarnya bisa dijadikan pengalaman virtual 3D.

Saya tidak tahu apakah isi blog ini masih bisa dipertahankan setelah kami tiada, puluhan atau ratusan tahun lagi. Tapi untuk saat ini, menulis blog ini terasa sangat berguna untuk kami berdua. Semoga kami masih bisa terus ngeblog bareng sampai tua nanti.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.