Setahun Main Pikmin Bloom

pikmin bloom

Kemarin diingatkan lagi sama Facebook, kalau kami sudah setahun mulai jalan kaki keliling komplek rumah sambil main Pikmin Bloom. Kalau sebelumnya main Pokemon Go, setelah main Pikmin Bloom, saya hampir tidak pernah lagi membuka Pokemon Go. Rasanya main Pikmin Bloom lebih sederhana. Tinggal buka aplikasinya, dan jalan kaki saja.

Pikmin Bloom yang merupakan game yang intinya adalah berjalan kaki, pertama release di akhir Oktober 2021 di wilayah Asia Tenggara dan mulai mendunia sejak awal November 2021. Bisa dibilang, kami main Pikmin Bloom sejak awal game ini diumumkan.

Ada beberapa cerita selama setahun jalan kaki sambil bermain Pikmin Bloom ini. Saya tuliskan di sini supaya tidak lupa, seperti halnya saya pernah tuliskan tentang sebulan jalan kaki sambil main Pikmin Bloom.

Manfaat Main Pikmin Bloom

Manfaat utama dari main Pikmin Bloom ini jelas buat saya jadi lebih rajin jalan kaki. Ketika kami mudik ke Indonesia, kebiasaan ini agak berkurang, karena faktor kesehatan. Tetapi, setelah kami kembali ke Chiang Mai, kami kembali lagi melanjutkan kebiasaan jalan kaki sambil main Pikmin Bloom tentunya.

Kalau diingat-ingat lagi, memang di awal agak terasa berat untuk bangun dan langsung jalan sebelum sarapan. Setelah jadi kebiasaan, anak-anak juga jam tidur dan jam bangunnya jadi lebih teratur.

Jumlah langkah per hari masih belum 10.000 langkah, tetapi karena setiap pagi sudah dimulai dengan jalan keliling komplek, paling tidak rata-rata harian 5000 – 8000 langkah ya ada. Ini sudah kemajuan, mengingat dulunya kalau tidak jalan pagi, dan tidak kemana-mana, jumlah langkah bahkan tidak sampai 3000.

Semakin Banyak Tantangan

Di masa awal, tidak ada banyak target bermain Pikmin Bloom. Jadi memang target naik level nya cuma jalan kaki atau mengumpulkan pasukan pikmin untuk menanam bunga atau dikirim ekspedisi. Lalu sekali sebulan akan ada Community Day, yang menargetkan kita berjalan 10.000 langkah untuk mendapatkan reward. Ada beberapa bulan yang kami berhasil mendapatkan reward, tapi ada juga saat di hari Community Day, kami tidak bisa jalan kaki lebih banyak.

Sekarang ini selain Community Day, ada semakin banyak tantangan yang dikaitkan dengan even tertentu. Misalnya saja ketika Haloween kemarin ada even yang memberikan pikmin dengan kekuatan ekstra untuk melawan Mushroom. Lalu sekarang ada even merayakan anniversary Pikmin Bloom.

Makin tinggi level, tantangan jalan kakinya sih tidak berat, lebih berat tantangan menanam bunga. Tapi menanam bunganya juga sambil jalan kaki sih. Masalahnya, terkadang walaupun ingat menyalakan aplikasi Pikmin Bloom nya, sering lupa untuk mengaktifkan menyalakan bunga.

Badge Terkumpul Selama Setahun

Ini dia badge terkumpul selama setahun. Di paling atas, ada tertulis 1,392 K Steps, artinya selama setahun (dan saat ingat menyalakan aplikasinya) saya sudah berjalan sebanyak itu. Tapi sebenarnya, ada banyak langkah yang tidak dideteksi oleh Pikmin Bloom karena entah kenapa, aplikasi ini tidak mendeteksi jumlah langkah yang ada di jam Mi Band saya.

Kalau dilihat dari badge yang ada, pengembang game ini cukup pintar membuat jalan kaki jadi terasa lebih menantang. Dengan adanya target-target dan batas waktu yang diberikan, mau tidak mau ada hari-hari tertentu kami berjalan lebih banyak dibandingkan hari biasanya. Masih ada beberapa badge yang belum tercapai, tapi buat saya sih badge-badge ini bukan tujuan utama.

Walaupun tidak ada pengurangan berat badan signifikan setelah jalan tiap hari, tapi saya merasa lebih bugar dengan rutin jalan kaki setiap pagi. Mudah-mudahan saja game ini bisa bertahan dan tetap fun untuk dimainkan.

Penulis: Risna

https://googleaja.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.