Loy Kratong 2022 dan Gerhana Bulan Total

loy kratong 2022

Setiap tahun di bulan November, ada perayaan Loy Kratong di Thailand. Tahun ini perayaan Loy Kratong jatuh pada tanggal 8 – 10 November 2022. Bertepatan pada saat Loy Kratong, terjadi gerhana bulan total yang bisa dilihat dari Chiang Mai.

Kratong yang dihanyutkan di sungai

Kalau tahun 2021 kami memilih di rumah saja karena kasus Covid-19 sedang naik lagi, tahun ini kami sudah melihat persiapan yang dilakukan sedikit lebih meriah daripada tahun-tahun sebelumnya. Walaupun ada banyak perayaan di pusat kota, kami tetap memilih melihat di dekat rumah saja.

Gerhana Bulan Total 2022

Kami berangkat untuk meramaikan Loy Kratong sekitar jam 7 malam. Sengaja agak awal, supaya belum terlalu ramai, tapi juga tidak terlalu sepi. Di jalan kami bisa melihat beberapa rumah memasang lilin di teras rumahnya. Biasanya Loy Kratong itu dirayakan ketika sedang bulan purnama, akan tetapi kali ini, selain bulan purnama, terjadi gerhana bulan total juga. Ketika kami keluar rumah, kami bisa melihat kalau bulan sedang tertutup sebagian.

Bulannya sedang tertutup sebagian

Foto di atas adalah hasil tangkapan kamera ponsel Joe. Di foto sambil lewat saja. Kalau ingin melihat gerhana bulannya, Sirindhorn Astonomical Park yang merupakan bagian dari NARIT dan berlokasi di Chiang Mai terbuka untuk umum. Tapi kami memutuskan tidak pergi ke sana. Selain jauh, rasanya sekarang ini udara mulai dingin. Keluar di malam hari berlama-lama bukan ide yang bagus.

Foto Gerhana Bulan Total 8 November 2022 (kredit: Narit.or.th)

Walaupun tidak pergi dan melihat langsung ke NARIT, kita bisa melihat pergerakan gerhana bulan di atas kota Chiang Mai yang diabadikan oleh NARIT.

Loy Kratong Setelah Thailand Terbuka

Tahun ini perayaan Loy Kratong mulai terasa meriah kembali. Kalau mengikuti berita, ada parade di berbagai tempat di seluruh Thailand termasuk di Chiang Mai. Di dekat rumah, kami juga bisa melihat kalau tukang jualan bunga maupun makanan dan minuman cukup banyak. Tapi hebatnya, jalanan dekat rumah tidak sampai ditutup.

Lokasi menghanyutkan kratong di sungai Ping

Sungai Ping dekat rumah yang meluap di awal Oktober 2022 lalu, kali ini ramai dikunjungi orang yang ingin menghanyutkan bunga Kratong. Berbagai kratong yang dihias dari bahan makanan dan bunga dijual dengan variasi harga dari 40 baht sampai 100 baht. Selain bunga, ada juga yang menjual ikan untuk dilepaskan ke sungai Ping.

Kami ikut melarung bunga sekedar meramaikan dan mengenalkan ke anak-anak tentang kegiatan Loy Kratong di Thailand. Acara Loy Kratong ini dirayakan cukup meriah setiap tahunnya, tapi bukan hari libur dan bukan juga acara keagamaan.

Loy Kratong ini bertepatan dengan perayaan Yi Peng juga. Selain menghanyutkan bunga, beberapa orang biasanya menerbangkan lentera kertas. Tapi sepertinya di lokasi kami tidak diperbolehkan menerbangkan lentera, karena ada banyak kabel listrik dan berbahaya. Beberapa tahun terakhir, penerbangan khom loy hanya diijinkan di beberapa lokasi saja. Tentunya hal ini supaya tidak terlalu banyak penerbangan yang harus dibatalkan. Penerbangan Khom Loy ini cukup mengganggu jadwal penerbangan.

Satu hal yang juga terasa di masa perayaan begini adalah, banyak yang bermain kembang api. Selama beberapa hari, kami bisa mendengar suara petasan dan getaran kembang api yang diluncurkan oleh tetangga. Untungnya, anak-anak sudah tidak terganggu lagi dengan suara kembang api. Mereka malah tertarik dan ingin melihatnya.

Anak-anak sekarang ini sudah cukup besar, sudah tertarik melihat keramaian dan aneka cara orang merayakan sesuatu termasuk kembang api. Tapi walau begitu, mereka belum pernah meminta untuk dibelikan kembang api. Kami juga bukan orang yang suka bermain dengan kembang api. Saat ini lebih baik melihat apa yang dinyalakan orang lain saja, hehehe.

Melihat Thailand mulai kembali normal, rasanya hati ini cukup senang. Semoga saja keadaan semakin membaik lagi untuk tahun-tahun mendatang.

Penulis: Risna

https://googleaja.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.