Kernel FreeBSD

Dua hari yang lalu untuk kali pertama, kode program saya masuk ke kernel FreeBSD (versi development). Kode ini bisa diakses di:

http://www.freebsd.org/cgi/cvsweb.cgi/src/sys/arm/econa/

Kode tersebut merupakan port FreeBSD ke platform Cavium Econa CNS11XX. Secara sederhana, artinya sekarang FreeBSD bisa berjalan di device di bawah ini (Emprex NSD-100):

NSD_100_1

Saya kenal Linux dulu kali pertama waktu masuk Informatika ITB tahun 1998. Kami sempat mendapatkan pelatihan menggunakan Linux selama seminggu, dan di salah satu sesinya ada sedikit cerita mengenai sejarah Linux. Sejak saat itu saya tertarik dengan sistem operasi. Sebelum kuliah OS, saya sudah menyelesaikan membaca buku Tannenbaum (Operating System: Design and Implementation). Pernah dulu mau berusaha bikin OS sendiri, tapi ya karena saya tidak sejenius Linus Torvalds, akhirnya saya menyerah dan meninggalkan usaha tersebut.

Sepuluh tahun kemudian, pertengahan tahun 2008, saya mulai memprogram kernel lagi. Kali ini porting Kernel Linux 2.4 ke 2.6 untuk sebuah device yang saya beli. Banyak orang tertarik dengan usaha ini (cerita lengkapnya di : http://tinyhack.com/agestar) bahkan Bruce M. Simpson salah satu developer FreeBSD menawari saya device NSD-100 itu gratis (termasuk ongkos kirim dari London). Dan itulah awal mulanya saya tertarik dengan kernel FreeBSD. Karena asik dengan FreeBSD, saya belum meneruskan usaha membersihkan source code port Linux agar bisa dikirim ke main tree kernel Linux.

Dari porting kernel FreeBSD ini saya belajar banyak hal teknis, karena banyak orang dengan senang hati mengajari dan mengoreksi saya. Ketika porting kernel Linux dari 2.4 ke 2.6 saya tidak menulis banyak kode dari nol, sedangkan dalam porting FreeBSD ini saya banyak menulis kode dari nol sehingga lebih mengerti. Pengertian ini akan sangat berguna jika saya meneruskan lagi porting platform Cavium Econa ke Linux 2.6.

Sejak kode tersebut diterima di kernel FreeBSD, saya sudah menerima tawaran dua device gratis lagi untuk diprogram (gratis, termasuk ongkos kirim). Nanti cerita mengenai device-device baru ini akan menyusul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *