Liburan Songkran 2018

Songkran merupakan tahun baru Thailand, dan merupakan hari yang sangat dirayakan di Thailand, seperti Lebaran di Indonesia atau Natal di negara mayoritas Kristen.  Libur utama Songkran sendiri hanya 3 hari, tapi seperti Natal/Lebaran, biasanya kantor akan libur sekitar seminggu.

Selama 11 tahun di sini, kami lebih sering pulang ketika Songkran, karena selain libur panjang, polusi udara di Chiang Mai biasanya sedang buruk. Polusi ini dikarenakan pembakaran ladang dari Thailand (sedikit, kurang dari 200 titik api) dan dari negara sekitar (banyak, ribuan titik api). Tapi sesekali kami tinggal di Chiang Mai. Dan tahun ini kami tinggal di Chiang Mai.

Menurut cerita dari penduduk Chiang Mai, dulu perayaan utama Songkran hanyalah memercik air sebagai simbol pensucian dan menghapus nasib sial, tapi sekarang dirayakan dengan festival saling siram air (dengan ember dan pistol air). Sebagai anak kecil, Jonathan sangat menyukai perang air ini, dan tahun lalu dia kecewa karena harus pulang ke Indonesia di masa Songkran.

Sebagian orang merayakan dengan naik kendaraan yang terbuka (bak terbuka, angkot/red car, bahkan motor) dan menyiram orang di jalanan, sebagian lagi (seperti kami) datang ke tempat tertentu (old city) yang menjadi pusat perang air. Tahun ini kami berangkat agak awal (sebelum jam makan siang, biasanya sesudah), sehingga belum terlalu ramai, tapi sudah cukup membuat kami basah kuyup. Hanya Jonathan dan Saya yang bermain air, Risna dan Joshua bermain di taman.

Sayangnya setelah hari perang air, Joshua demam walaupun tidak ikut basah, jadi hari berikutnya kami tinggal di rumah. Jadi hari itu bisa dipakai untuk ngoprek di rumah. Saya sudah lama penasaran dengan “talking pen” yang dimiliki Jonathan dan Joshua, jadi saya bongkar. Pen ini bisa disentuhkan ke buku tertentu dan akan membacakan teksnya. Ini bagus untuk belajar bahasa Thai.

Kapasitas pen ini 8GB dan bisa dipakai juga sebagai MP3 player. Sayangnya free space-nya cuma 1 GB dari total  8 GB. Saya pikir ketika dibongkar saya akan menemukan eMMC chip kapasitas 8 GB, ternyata isinya adalah micro SD 8 GB.

Tentu saya penasaran, jadi dicoba tukar dengan yang 16 GB (dan menyalin isi 8GB ke SD card yang baru). Ternyata bisa berjalan normal.

Selain bermain air, liburan kali ini diisi dengan jalan-jalan ke Royal Flora, Makro, dan Mall (di kondisi udara yang buruk, mall lebih baik).

Waktu liburan ini saya sempat mengerjakan satu soal challenge dari SecuriTeam_SSD

Saya pikir saya tidak akan menang karena hadiahnya cuma untuk peringkat 1 sampai 3 sementara saya mengirimkan tanggal 14 April (hari Sabtu 2 hari setelah diumumkan).  Saya tetap iseng mengerjakan karena ini cuma satu soal dan sudah lama tidak ikut CTF, minimal jika tidak menang bisa membuat writeup (sudah banyak yang nanya: Pak/Mas/Om kok udah lama nggak nulis writeup). Saya hanya mendapat jawaban singkat bahwa kiriman sudah diterima dan akan segera dicek.

Sepertinya SecuriTeam_SSD libur di akhir pekan, karena pemenang baru diumumkan 16 April. Puji Tuhan ternyata saya menang peringkat pertama, yang berarti akan mendapatkan tiket pesawat, hotel, dan tiket konferensi Bevx di Hong Kong bulan September depan. Beberapa jam kemudian pemenang kedua diumumkan, dan 2 hari kemudian pemenang terakhir diumumkan.

Meskipun semua pemenang sudah diumumkan, bagi yang masih ingin mencoba, bisa mendownload challengenya dari URL ini:

https://www.beyondsecurity.com/bevxcon/bevx-challenge-10

Writeup sudah saya tulis dan akan saya publish setelah diijinkan oleh panitia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *