Aksesori elektronik kecil

Sudah lama saya tidak menuliskan tentang oprekan elektronik. Salah satu alasannya adalah karena tahun ini saya berusaha mengurangi pembelian berbagai benda dari AliExpress. Tahun lalu saya membeli terlalu banyak benda yang akhirnya kurang sempat dioprek.

Capture HDMI kualitas rendah

Ketika mengerjakan salah satu proyek Raspberry Pi, saya perlu berada di depan komputer karena menyangkut akses GPU untuk menampilkan video secara langsung dari kamera ke layar (pernah saya tuliskan di sini). Ada beberapa alternatif cara menangkap output HDMI, tapi harganya masih relatif mahal. Alternatif saat ini: PCI  card USB 3 capture card, dan device independen. Dari berbagai review yang saling bertentangan saya masih ragu harus membeli hardware yang mana, sedangkan harga hardwarenya tidak murah (puluhan hingga ratusan USD).

Dalam kasus kali ini, saya tidak benar-benar butuh capture kualitas tinggi, saya hanya ingin memastikan bahwa di layar tampil sesuatu yang seperti harapan saya. Jadi saya mengambil pendekatan paling murah: saya membeli HDMI2AV (kurang dari 7 USD). Signal HDMI diubah menjadi AV (dan resolusinya diresize), lalu saya tangkap signal AV ini dengan USB capture card yang sudah saya miliki (dulu harganya 4.5 USD).

LCD 1602 Acrylic case

Sudah beberapa kali mencetak case dengan printer 3D, tapi hasilnya kurang memuaskan. Saya melihat ada case Acrylic murah untuk LCD 16 karakter x 2 baris  jadi saya coba beli.  Harga benda ini bervariasi dari satu toko ke yang lain, antara 0.99 USD-2 USD.

Tampilannya cukup cantik, mudah disusun dan cukup stabil (tidak mudah jatuh). Case ini juga cukup bagus karena dirancang untuk LCD 1602 yang diberi kontroller I2C (ada lubang di samping untuk 4 kabel Vcc/Gnd/SDA/SCL). Kita juga bisa meletakkan Wemos D1 di belakangnya jika ingin membuat display  dari internet (misalnya nilai mata uang atau bitcoin).

Konektor PSU

Sebenarnya dari dulu sudah ada banyak tutorial untuk mengubah PSU menjadi bench power supply, tapi biasanya langkahnya merepotkan, perlu memotong kabel, membuat konektor khusus dst.

Belum lama ini saya menemukan bahwa ada board konektor PSU yang relatif murah (5 USD). Board ini sangat mudah dipakai, hanya perlu colok langsung, dan sudah ada switch on/off-nya. Selain bisa digunakan untuk bench power supply, kita bisa menggunakan board ini untuk mengetes apakah sebuah PSU masih bagus atau tidak.

Demikian tulisan singkat saat ini. Semoga lain kali tulisan oprekannya lebih menarik.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.