Kabar aneka peralatan elektronik lama

Posting ini sekedar untuk catatan mengenai status berbagai elektronik lama yang pernah dituliskan di sini. Beberapa yang diingat saja yang akan dituliskan. Beberapa benda elektronik yang sudah dibeli masih dipakai dan beberapa hanya disimpan saja.

Hal pertama adalah mengenai keyboard. Posting ini dituliskan menggunakan keyboard mekanis yang sudah dituliskan tahun 2013. Keyboard yang menurut saya cukup mahal ini sudah terpakai lebih dari 5 tahun. Rasanya masih cukup enak dipakai untuk mengetik, hanya saja kadang error dan harus cabut colok lagi baru terdeteksi lagi.

Tahun 2015 saya pernah beli tablet Windows harga murah, walaupun jarang dipakai tapi benda ini masih berfungsi dan masih bisa diupdate terus Windows 10-nya. Batere benda ini masih tahan beberapa jam. Saya termasuk kagum dengan ini karena saya pikir hanya akan tahan 1-2 tahun saja.

Sejak tidak membuat lagi aplikasi untuk anak-anak, saya tidak lagi memakai Tablet Xp-Pen yang saya beli tahun 2012. Benda ini masih berfungsi dengan baik, dan masih ada di sekitar meja saya. Hanya saja sampai saat ini belum ada niat lagi untuk memakainya. Sementara wireless router Asus RTN16 yang saya beli sekarang sudah tidak terpakai karena digantikan dengan Mini PC router.

Mini PC router yang dibeli tahun 2017 masih dipakai dan masih sesuai harapan. Benda ini masih relatif baru (belum 2 tahun). Setelah cerita terakhir router ini saya tambahi SSD 120 GB, dan sekalian jadi proxy server. Keyboard mekanis ekstra yang saya tuliskan di posting tersebut juga masih ada dan dipakai, walaupun ada 1 keycapnya yang hilang.

Sementara itu Pinebook yang dibeli tahun 2017 sudah jarang dipakai. Terakhir kali chargernya tidak mau jalan, dan harus cabut batere (harus dibongkar) baru mau jalan lagi. Walau demikian pinebook ini pernah membantu menyelesaikan pentesting sebuah aplikasi yang butuh layar lebar sementara tidak jalan di emulatir. Pinebooknya saya install Android dan layar besarnya cukup berguna.

Printer 3D yang dibeli tahun 2015 sekarang sudah jarang dipakai. Beberapa kali saya mencetak benda sederhana, tapi tetap kurang sabar dari mulai mencari model sampai menunggu printnya selesai. Saya merasa kegunaan terbesar dari benda ini adalah mengajari saya berbagai macam teori mengenai 3D printing.

Renungan hari ini: sebagian besar benda relatif mahal yang saya beli ternyata masih terpakai dan berguna, sebagian lagi memberi pelajaran berharga. Sepertinya yang banyak kurang terpakai justru benda-benda elektronik kecil yang sering saya beli karena iseng hanya beberapa USD saja.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.