Warna apa yang kamu lihat?

Mungkin sudah pernah menemukan posting mengenai gambar yang sama tapi diperdebatkan memiliki warna yang berbeda. Nah biasanya saya hanya bisa melihat kombinasi warna yang itu-itu saja dan tidak pernah berubah. Dan biasanya saya dan Joe juga melihat warna yang sama juga, jadi sering gak percaya kalau foto itu bisa terlihat berbeda warnanya. Tapi beberapa hari ini, saya bisa melihat kombinasi warna berbeda lalu malamnya kembali lagi ke warna yang kemarinnya saya lihat.

Sepatu di bawah ini ada yang bilang berwarna abu-abu dengan garis dan tali hijau muda, tapi sebagian orang juga melihatnya berwarna merah jambu dengan garis dan tali putih. Sebelum saya melihat perubahan warnanya, saya tidak percaya gambar yang sama bisa dilihat warna yang berbeda, tapi bahkan saat saya menuliskan postingan ini, sepatu ini berubah warna di mata saya.

Memang benar kalau kita cenderung tidak percaya kalau tidak membuktikan sendiri. Nah setelah mengalami sendiri, saya jadi ikut bertanya-tanya kenapa kira-kira warna sepatu ini bisa terlihat berbeda.

Gambar berikutnya yang juga pernah viral di internet gambar sendal dan dress berikut ini, warna apa yang kamu lihat?

Saya selalu melihat warna yang sama yaitu putih dan keemasan, sedangkan Joe dan beberapa teman yang saya tanyakan melihat warna yang berbeda, yang ternyata kalau dari hasil browsing dinyatakan warna asli sendal dan dress tersebut adalah biru dan biru tua.

warna asli sendal

Ada beberapa posting dari foto-foto ini menyatakan kalau perbedaan warna yang dilihat terkait dengan dominan otak kiri dan otak kanan, tapi ada juga yang menyatakan kalau perbedaan warna yang kita lihat ini karena faktor asumsi awal dan cahaya yang masuk ke mata dan mengakibatkan kita melihat warna yang berbeda.

Karena penasaran, saya mencari tahu di internet apakah sudah ada yang menuliskan alasan kenapa kita bisa melihat warna yang berbeda. Ada 2 artikel yang saya temukan. Artikel ini mengenai perbedaan warna sepatu, dan mengacu ke artikel yang lebih lengkap membahas mengenai warna dress dan sendal di sini.

Artikel-artikel tersebut membahas super lengkap mengenai kenapa warnanya bisa berbeda dengan kesimpulan masalah adanya asumsi awal yang mempengaruhi kita dan faktor pencahayaan akan menentukan warna apa yang kita lihat. Tapi mau dilihat berkali-kali dan diasumsikan dari awal sekalipun, saya gak pernah bisa melihat warna dress dan sendalnya jadi biru dan biru tua. Saya tetap melihat warnanya putih dan keemasan. Joe juga gak pernah bisa melihat sepatu jadi berwarna pink dan putih.

Tapi terlepas dari alasan ilmiahnya, sebenarnya seru juga melihat-lihat ada perbedaan warna dari foto yang sama. Hal ini mengingatkan kembali kalau hal yang sama bisa berbeda diproses dan dimengerti oleh kita masing-masing. Masalah seperti ini bukan masalah siapa yang benar dan siapa yang salah, tapi ya harus terima memang ada perbedaan prosesing di otak masing-masing kita hehehehe.

Ayo sekarnag masing-masing coba lihat lagi gambar-gambarnya dengan dan tanpa asumsi. Kira-kira bisa melihat warna-warna yang dilihat orang lain juga, atau cuma bisa melihat 1 warna saja. Coba juga tanyakan ke teman-teman yang lain. Kalau ada yang pernah menemukan penjelasan yang lebih sederhana dan bisa menemukan cara membuat kita melihat tiap kemungkinan warna dari gambar-gambar tersebut bagi-bagi infonya ya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.